Tips & Trik

Cara Registrasi Kartu Smartfren Yang Tidak Ada Jaringan, Ini Yang Bisa Dilakukan

×

Cara Registrasi Kartu Smartfren Yang Tidak Ada Jaringan, Ini Yang Bisa Dilakukan

Sebarkan artikel ini
cara registrasi kartu smartfren yang tidak ada jaringan

Bagi pengguna provider Smartfren jangan panik dulu kalau tidak ada jaringan. Kemungkinan memang kartu tersebut belum diregistrasi. Oleh karena itu ketahuilah cara registrasi kartu smartfren yang tidak ada jaringan.

Ketika hendak mengaktifkan kartu Smartfren, registrasi menjadi langkah yang wajib dilakukan. Namun, dalam beberapa situasi, proses ini dapat menghadapi kendala, seperti ketiadaan jaringan yang dapat menghambat proses registrasi.

Ketidaktersediaan jaringan saat hendak menggunakan kartu Smartfren bisa terjadi oleh beberapa penyebab, antara lain lokasi yang minim sinyal dan kondisi cuaca yang tidak mendukung. Namun dari semua faktor tersebut sebaiknya cek dulu apakah kartu sudah diregistrasi atau belum.

Jika kartu belum diregistrasi tentu belum bisa digunakan dan secara otomatis tidak ada jaringan. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat mencoba beberapa alternatif cara registrasi yang bisa dilakukan secara mandiri. Pengguna bisa ikuti cara registrasi kartu smartfren yang tidak ada jaringan berikut ini:

1. Melalui SMS

Untuk mendaftarkan kartu Smartfren baru melalui SMS, persiapkan dua dokumen identitas, yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk) pengguna dan KK (Kartu Keluarga). Langkah-langkah pendaftaran melalui SMS cukup sederhana.

  • Tulis format SMS dengan mengetikkan REG spasi nomor NIK diikuti dengan tanda pagar dan nomor KK diikuti pula dengan tanda pagar.
  • Kirim format SMS tersebut ke nomor 4444. Pastikan untuk memeriksa kembali nomor KK dan NIK, karena kesalahan dalam hal ini dapat mengakibatkan kegagalan registrasi.
  • Jika registrasi melalui SMS tidak berhasil karena masalah jaringan, teruslah mencoba secara berkala hingga registrasi berhasil.

2. Registrasi Online Melalui E-Registration di Situs Resmi Smartfren

Selain melalui SMS, pengguna juga bisa melakukan pendaftaran kartu Smartfren secara online di situs resmi Smartfren. Berikut adalah rincian langkah-langkahnya yang bisa diikuti:

  • Kunjungi laman resmi di https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php.
  • Akan tertampil kolom untuk memasukkan nomor Smartfren, isi kolom tersebut dengan nomor kartu Smartfren yang digunakan.
  • Lengkapi kolom dengan 16 digit nomor NIK sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau unggah gambar e-KTP.
  • Pilih opsi verifikasi yang diinginkan, seperti PUK (tersedia di bagian belakang kartu), kode aktivasi (ditemukan pada stiker kotak perangkat), atau melalui SMS dengan mengirimkan kode yang ditentukan.
  • Isi rincian verifikasi untuk nomor Smartfren pengguna.
  • Masukkan 16 digit nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Sertakan alamat surel (email) pengguna.
  • Tuliskan nomor telepon cadangan yang dapat dihubungi.
  • Selesaikan proses dengan memasukkan kode captcha yang ditampilkan.
  • Tekan tombol Lanjut.
  • Ikuti instruksi berikutnya dan bersabarlah hingga menerima konfirmasi bahwa pendaftaran kartu Smartfren berhasil.

3. Registrasi Melalui Aplikasi MySmartfren (mySF)

Aplikasi MySmartfren menyediakan berbagai informasi dan layanan Smartfren, termasuk fitur registrasi. Aplikasi ini bisa didapat di App Store dan juga Play Store. Untuk langkah registrasi melalui apps bisa ikuti panduan berikut:

  • Buka MySmartfren App.
  • Pilih menu registrasi.
  • Isilah informasi pribadi sesuai yang diminta.
  • Setelah selesai, kartu Smartfren pengguna akan berhasil terdaftar.

4. Pendaftaran Melalui Galeri Smartfren

Cara registrasi kartu Smartfren yang tidak ada jaringan juga dapat dilakukan melalui mitra atau galeri Smartfren terdekat. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketahui lokasi galeri Smartfren yang ada di sekitar lokasi tempat tinggal pengguna.
  • Jika sudah sampai disana, langsung menuju bagian customer service.
  • Sampaikan tujuan kunjungan yaitu untuk meregistrasi kartu Smartfren karena belum ada jaringan.
  • Customer Service akan melakukan proses registrasi dan pengguna hanya tinggal tunggu proses itu saja sampai selesai.

5. Menghubungi Call Center

Jika tidak mungkin melakukan registrasi secara mandiri karena masalah jaringan, alternatifnya adalah menghubungi call center Smartfren. Tim dari Smartfren akan membantu dalam proses pendaftaran.

Siapkan dokumen identitas diri seperti KK dan NIK. Tim operator akan memberikan panduan registrasi, ikuti hingga registrasi berhasil.

Itulah tadi cara registrasi kartu Smartfren yang tidak ada jaringan. Jadi pengguna provider Smartfren bisa lakukan cara-cara diatas jika memang kartunya tidak ada jaringan karena belum registrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *