Tips & Trik

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Facebook Dibatasi Terbaru 2023

×

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Facebook Dibatasi Terbaru 2023

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi akun facebook dibatasi

Cara mengatasi akun Facebook dibatasi kini dapat dilakukan dengan metode terbaru di tahun 2023 ini. Pembatasan yang dilakukan oleh Facebook membuat akun tidak bisa digunakan. Hal tersebut merugikan pengguna sebab aktivitas sosial medianya menjadi terhambat.

Pengguna sebenarnya bisa membuat akun baru, namun hal itu akan merepotkan karena akun harus dikembangkan dari awal lagi. Akan lebih baik untuk pengguna memperbaiki akun yang dibatasi. Untuk pembahasan lebih lanjut, simak paparan berikut ini:

Faktor yang Menyebabkan Akun Facebook Dibatasi

Sebelum menuju bahasan tentang cara mengatasi akun Facebook yang dibatasi, patut diketahui lebih dahulu tentang faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan sebuah akun Facebook menjadi dibatasi. Penasaran dengan list penyebab-penyebabnya? Simak paparan rincinya berikut ini:

1. Membuat Postingan Spam

Facebook memiliki aturan yang melarang penggunanya untuk membuat postingan secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak karena dapat mengganggu pengguna lain, khususnya di dalam grup Facebook. Jika pengguna melanggar, maka konsekuensinya adalah akun Facebook akan dibatasi.

2. Membuat Postingan dengan Konten Sensitif

Facebook telah lama melarang dengan keras atas pembuatan konten-konten sensitif yang mengandung sara serta ujaran kebencian. Hal tersebut tercantum di dalam kebijakan Komunitas Facebook. Jika pengguna berani melanggarnya, maka akun akan dibatasi oleh pihak Facebook.

3. Mengirim Link Spam

Hal lainnya yang menyebabkan akun dibatasi adalah pengguna terlalu sering mengirimkan link dalam jumlah banyak di postingan dan komentar pada akun pribadi ataupun grub. Selain mengganggu pengguna lain, link spam juga mengganggu ekosistem di Facebook.

Cara Terbaru untuk Mengatasi Akun Facebook yang Dibatasi

Setelah memahami faktor-faktor penyebab akun Facebook dibatasi, maka selanjutnya perlu diketahui bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi akun yang baru pertama kali mendapatkan pembatasan, maka biasanya pembatasan hanya akan berlaku selama 24 jam saja.

Bagi akun yang sering terkena pembatasan maka waktu pembatasan bisa sampai 30 hari lamanya. Untuk cara mengatasi akun Facebook dibatasi baik yang sehari ataupun 30 hari, pengguna bisa menggunakan fitur banding pada Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  • Instal dan buka aplikasi Facebook di perangkat smartphone atau PC.
  • Login ke akun Facebook milik pengguna yang telah dibatasi baik selama 24 jam ataupun 30 hari.
  • Hapus seluruh postingan baik berupa tulisan, foto, maupun video berikut juga dengan komentar-komentar yang telah melanggar aturan dan ketentuan Komunitas Facebook.
  • Selanjutnya, klik menu “Log Aktivitas” untuk melihat seluruh postingan serta komentar-komentar yang telah melanggar aturan dan ketentuan dalam Komunitas Facebook.
  • Pergi ke menu “Pengaturan” lalu klik opsi “Laporkan Masalah” untuk membuat file pengajuan banding terhadap pembatasan akun Facebook.
  • Pilihlah kategori masalah sesuai dengan masalah yang tengah dialami oleh akun pengguna.
  • Tuliskan penjelasan terkait masalah yang dialami serta lampirkan screenshot tampilan aktivitas akun sebagai bukti bahwa pengguna telah melakukan perbaikan.
  • Jika semua data sudah terisi dengan benar, maka tekan tombol “Kirim”.
  • Selesai. Tunggu respon dari pihak Facebook.

Perlu diketahui bahwa langkah-langkah memulihkan akun Facebook yang dibatasi melalui pengajuan banding di atas akan membutuhkan waktu paling sebentar satu hari dan paling lama hingga beberapa hari. Pihak Facebook akan mengirimkan respon melalui email pengguna.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi akun Facebook dibatasi yang bisa dipraktikkan. Untuk menghindari pembatasan akun di kemudian hari, pengguna sebaiknya memahami dengan baik dan benar aturan dan kebijakan yang ada di Komunitas Facebook.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *