Tips & Trik

Cara Mengembalikan Video YouTube Yang Terhapus Paling Mudah!

×

Cara Mengembalikan Video YouTube Yang Terhapus Paling Mudah!

Sebarkan artikel ini

cara mengembalikan video youtube yang terhapus Tanpa Ribet

cara mengembalikan video youtube yang terhapus

Para konten kreator YouTube pasti akan panik jika video yang sudah di upload tiba-tiba terhapus karena suatu hal. Jika mengalami hal serupa maka jangan langsung panik karena ada cara mengembalikan video YouTube yang terhapus. Namun sebelum itu pemilik akun perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Video YouTube Terhapus

Bagi konten kreator YouTube apabila ada video yang terhapus merupakan hal yang cukup merepotkan. Apalagi melihat proses pengeditan yang tak mudah. Terhapus nya video di YouTube sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:

  • Dihapus oleh pihak YouTube karena melanggar ketentuan layanan dan tidak mematuhi standar komunitas yang telah ditetapkan oleh pihak YouTube.
  • Pengguna menghapus akun Google yang mana akun tersebut juga digunakan untuk akun YouTube, sehingga semua video YouTube juga ikut terhapus.
  • Saluran YouTube diretas oleh Hacker.
  • Pengguna tidak sengaja menghapus video YouTube sendiri saat sedang mengedit atau mengupload video.

Cara Mengembalikan Video YouTube Yang Terhapus

Setelah memastikan apa penyebab video terhapus, selanjutnya barulah pengguna bisa melakukan tindakan lebih lanjut untuk memulihkan video. Cara mengembalikan video YouTube yang terhapus sendiri dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Bantuan Dari Tim Dukungan YouTube

Jika penyebab terhapus nya video YouTube dikarenakan video yang pengguna upload dianggap sebagai sebuah konten yang melanggar ketentuan komunitas. Namun pengguna yakin bahwa video yang di upload sama sekali tidak melanggar, maka pengguna bisa meminta bantuan tim dukungan YouTube dengan langkah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan masuk ke akun YouTube pengguna, lalu masuk ke halaman profil.
  • Selanjutnya pada halaman profil paling bawah silahkan klik opsi “Tolong”.
  • Setelah itu silahkan pilih opsi “Hubungi Tim Dukungan Kreator” atau klik tautan yang tersedia.
  • Maka pengguna akan dipandu oleh tim dukungan kreator untuk mengatasi video yang terhapus.
  • Namun perlu diketahui bahwa ada ketentuan khusus agar pengguna bisa meminta bantuan dari tim dukungan kreator. Adapun ketentuannya sebagai berikut:
  • Pengguna setidaknya telah memiliki 10.000 penayangan atau sedang mengikuti program mitra YouTube.
  • Pengguna harus memiliki ID video yang dihapus. Untuk menemukannya akan lebih mudah jika pengguna pernah membagikan tautan video. Atau bisa mencarinya di internet archive dengan menempelkan URL akun YouTube pengguna, ID akan ditemukan jika laman video YouTube telah diarsipkan.
  • Pengguna harus segera menghubungi tim dukungan kreator YouTube jika mengalami hal demikian untuk menghindari pengulangan jam tonton video.

2. Gunakan Internet Archive

Cara mengembalikan video YouTube yang terhapus selanjutnya yaitu dengan menggunakan Internet Archive. Silahkan perhatikan cara penggunaan Internet Archive berikut ini untuk mengembalikan video yang terhapus:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu silahkan buka saluran YouTube pengguna dan ambillah beberapa informasi yang relevan dengan video YouTube yang terhapus, kemudian copy alamat URL video YouTube yang terhapus.
  • Selanjutnya silahkan buka situs https://web.archive.org/ lalu paste alamat URL yang telah di copy ke kolom pencarian yang telah disediakan, lalu klik “Browser History”.
  • Jika sudah menemukan video YouTube yang terhapus silahkan langsung unduh video terlebih dahulu agar bisa dipulihkan.
  • Selanjutnya silahkan pulihkan video YouTube yang terhapus.

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara mengembalikan video YouTube yang terhapus. Meskipun ada cara untuk memulihkan nya, alangkah lebih baik jika pengguna lebih berhati-hati. 

Jadi video maupun akun YouTube tidak bermasalah apalagi terhapus. Karena cara mengatasinya cukup merepotkan, dan bahkan ada yang sampai tidak bisa dikembalikan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Respon (1)

  1. Hai gogle mohon dibantu saya ingin vidio pada youtube saya yg terhapus ingin dikembalikan lg,saya mohon dengan sangat atas bantuannya untuk bisa membantu mengembalikan vidio youtube saya yg terhapus.terimakasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id