Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di Hp

×

5 Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di Hp

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi memori tidak terbaca

Cara mengatasi memori tidak terbaca bisa dilakukan sebagai penanganan pertama sebelum memutuskan untuk beli baru. Meskipun harganya tidak terlalu mahal, namun tentu lebih baik jika melakukan penanganan terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru. Apalagi jika di dalamnya banyak terdapat data-data yang sifatnya penting.

Untuk menangani masalah di mana memori handphone tidak terbaca, diperlukan cara yang tepat. Penting untuk mengidentifikasi sumber masalahnya terlebih dahulu agar perbaikan dapat dilakukan dengan efektif. Jangan langsung mengambil keputusan untuk mengganti memori jika mengalami masalah ini.

Memori pada handphone memiliki peran yang sangat vital dalam menjalankan berbagai fungsi. Gangguan pada memori ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja dan efisiensi handphone secara keseluruhan. Oleh karena itu, jika menghadapi situasi di mana memori tidak terbaca, segera cari solusi yang dapat diterapkan dengan mudah dan efisien.

1. Coba Pasang Pada Hp Lain

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba menggunakan smartphone atau handphone lain. Jadi coba pasang kartu memori tersebut pada hp lain. Langkah ini bertujuan untuk memeriksa keadaan memori. Apakah memori pada handphone yang bermasalah ataukah slot memori yang mengalami kerusakan.

Jika kartu memori dapat terdeteksi di handphone lain, hal tersebut mengindikasikan bahwa slot memori pada handphone utama yang mengalami masalah. Namun, jika kartu memori tidak terbaca pada handphone lain juga, maka kemungkinan besar masalah berada pada kartu memori itu sendiri.

2. Restart Hp

Dalam penggunaan hp ada kalanya sistem yang tersemat didalamnya dapat mengalami bug atau gangguan. Hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan akan mengganggu kinerja semua bagian hp termasuk kartu memori. Jadi untuk mengatasinya coba lakukan restart pada hp tersebut. Hal itu akan menyegarkan atau merefresh sistem secara keseluruhan. Otomatis pembacaan kartu memori juga akan disegarkan.

Caranya tentu sangat mudah hanya dengan tinggal menekan agak lama tombol power sampai muncul opsi reboot atau mulai ulang. Tap opsi tersebut dan ponsel otomatis akan mengulang dari awal. Jika sudah sampai pada layar standby coba cek apakah kartu memori sudah terbaca atau belum.

3. Copot Kemudian Bersihkan Badan Kartu Memori

Terkadang, hal sederhana seperti membersihkan kontak emas pada kartu memori dapat membuatnya kembali berfungsi dengan baik. Seringkali, debu dan kotoran dapat mengganggu kontak antara kartu dan slot pembaca.

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kain bersih untuk membersihkan dengan lembut bagian kontak emas pada kartu memori. Pastikan untuk membersihkannya secara hati-hati agar tidak merusak komponen elektronik di dalamnya. Selain itu, karet penghapus putih yang masih bersih juga bisa digunakan untuk membersihkan kontak emas tersebut.

Setelah proses pembersihan selesai, cobalah untuk memasang kartu memori kembali dan lihat apakah perangkat dapat mendeteksinya. Dengan sedikit perawatan ekstra seperti ini, kemungkinan besar kartu memori yang tadinya tidak terbaca dapat pulih kembali.

4. Sambungkan Ke Laptop

Cara mengatasi memori tidak terbaca juga bisa dengan menyambungkannya ke laptop. Jadi biasanya laptop memiliki slot untuk memasukkan kartu memori. Cek apakah kartu memori muncul di komputer. Jika tidak, coba gunakan card reader.

Hubungkan kembali kartu memori yang sudah dimasukkan ke card reader dengan laptop. Ini akan membantu menentukan apakah masalahnya ada pada HP atau pada memori itu sendiri. Jika semua data pada kartu berfungsi dengan baik, masalahnya mungkin ada pada slot kartu memori di HP.

Nah demikianlah itu tadi penjelasan serta uraian panduan cara mengatasi memori tidak terbaca. Jangan buru-buru memutuskan untuk beli baru, karena pengguna dapat melakukan beberapa hal di atas terlebih dahulu.

Nah jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan memang kartu memori tersebut masih saja tetap tidak bisa terbaca, itu artinya pengguna memang harus membeli dan menggantinya dengan yang baru.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id