Umum

8 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

12
×

8 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Sebarkan artikel ini

Tanaman hias merupakan tumbuhan yang ditujukan sebagai hiasan sebuah lingkungan baik di dalam maupun luar ruangan. Jenis tanaman hias indoor atau dalam ruangan biasanya cocok di simpan di ruang tamu, kamar, ruang kerja dan ruangan lainya.

Tanaman hias indoor juga berfungsi untuk menyaring udara dan menambahkan kadar oksigen dalam ruangan, artinya selain memperindah tanaman juga membuat kita lebih sehat.

Jenis Tanaman Hias Indoor / Dalam Ruangan Terbaik

Dari banyaknya tanaman berikut adalah tanaman hias indoor/dalam ruangan yang saya rekomendasikan.

1. Palem Bambu

Palem bambu cocok sebagai tanaman hias indoor yang memberikan suasana asri dan rasa tropis. Selain sebagai dekorasi mempercantik ruangan palem bambu juga dapat menyerap racun.

Untuk memelihara tanaman hias ini memerlukan cahaya yang cukup juga media tanam yang lembap, maka simpanlah di tempat yang ada jendela.

2. Lili Perdamaian (Peace Lily)

Tanaman hias yang satu ini berasal dari Venezuela dan Kolombia, sangat cocok untuk hiasan dalam ruangan karena bentuknya yang cantik. Selain itu Lili Perdamaian juga mampu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan-mu.

Merawat lili perdamaian juga cukup mudah, hanya memerlukan sedikit pencahayaan matahari. Kamu juga tidak perlu khawatir tanaman ini mati karena lupa menyiramnya.

3. Lili Paris/Spider plant

Rekomendasi tanaman hias indoor selanjutnya adalah Spider Plant atau Tanaman Laba-laba yang berasal dari Afrika Selatan.

Selain menambah estetika Spider Plant juga mampu mengurangi polusi udara, terbukti dari penelitian bahwa tanaman ini bisa menyerap 95% racun udara yang ada di rumah seperti enzena, trikloroetilen, xilena, dan amonia.

4. Sirih Gading

Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias indoor yang populer, mudah ditemukan dan banyak peminatnya. Merawat tanaman yang satu ini pun cukup mudah.

Sirih Gading memerlukan cahaya yang cukup, jadi usahakan ditempatkan pada tempat yang dekat dengan jendela misalnya.

5. Lidah Buaya

Selain sebagai obat kosmetik yang telah digunakan berabad-abad lalu, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan sebagai tanaman hias indoor.

Karena bentuknya yang unik serta perawatan yang cukup mudah membuat lidah buaya cocok sebagai dekorasi, bahkan tanaman ini bisa hidup hanya dengan cahaya matahari tidak langsung.

6. Karet Kebo / Ficus Elastica

Karena berasal dari asia selatan dan tenggara karet kebo dapat dengan mudah ditemukan. Selain cocok sebagai tanaman hias ternyata karet kebo bermanfaat untuk mecegah stroke dan mengurangi nyeri sendi.

7. Dragon Tree (Dracaena Draco)

Jangan salah memilih, karena banyak jenis dari dragon tree. Pilihlah yang memiliki nama latin Dracaena Draco yang bisa mempercantik dan menghisap racun udara dalam ruangan.

Jika dibiarkan tumbuh maka batang pohon akan terlihat sangat kuat dan besar, namun dalam ruangan pilih jenis bonsai.

8. Lidah Mertua

Lidah mertua sangat efektif untuk menyaring udara dari debu maupun polutan, mulai dari zat karbon dioksida hingga formalin yang akan digantikan menjadi oksigen, entah siang atau malam hari.

Dengan tampilan-nya yang memanjang seperti ular, tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk memperindah ruangan.

Akhir Kata

Nah itulah tanaman hias indoor yang cocok untuk memperindah ruangan, jenisnya sendiri sangat banyak bila kita membahas semuanya. Tanaman juga sangat berguna untuk membuat udara dalam ruangan lebih segar juga sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *