Umum

5 Perbedaan Touchscreen dan LCD Berdasarkan Berbagai Aspek

×

5 Perbedaan Touchscreen dan LCD Berdasarkan Berbagai Aspek

Sebarkan artikel ini
perbedaan touchscreen dan lcd

Perbedaan touchscreen dan LCD mungkin seringkali menjadi pertanyaan pada pengguna smartphone atau ponsel pintar. Biasanya orang menganggap keduanya itu adalah hal yang sama. Namun perlu diketahui bahwa pada touchscreen dan LCD ternyata ada hal-hal yang menjadi pembeda antara keduanya.

Perangkat ponsel pintar saat ini umumnya dilengkapi dengan layar sentuh dan panel LCD. Meskipun keduanya tampak serupa, namun terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Agar dapat memahami perbedaannya dengan jelas, artikel ini akan menjelaskan lima perbedaan utamanya secara terperinci. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai daftar dan penjelasannya, silahkan simak uraian berikut.

1. Perbedaan dari Segi Fungsi

Fungsi dari kedua barang ini memiliki perbedaan yang mencolok, seperti yang akan diuraikan pada poin pertama ini. Meskipun keduanya memiliki tampilan yang hampir serupa, namun fungsinya sangat berbeda.

Touchscreen berperan dalam mengolah perintah yang diberikan melalui sentuhan tangan pada layar. Sentuhan tersebut kemudian diproses dan disampaikan ke sistem untuk mendapatkan responnya.

Sementara itu, LCD bertugas menampilkan hasil dari proses perintah yang telah diolah. Dengan kata lain, ketika perintah diproses melalui touchscreen, hasilnya akan ditampilkan melalui panel LCD.

2. Perbedaan dari Segi Kepentingannya Bagi Smartphone

Perbedaan nilai kepentingan antara touchscreen dan LCD dalam konteks ponsel pintar dapat disoroti pada poin kedua ini. Meskipun setiap ponsel pintar umumnya dilengkapi dengan panel LCD, namun tidak semua memiliki touchscreen sebagai komponen tambahan.

Beberapa ponsel pintar memiliki desain di mana kedua benda ini menyatu, sehingga touchscreen dianggap tidak diperlukan karena LCD sudah dapat menampilkan perintah dengan baik.

Oleh karena itu, dari segi nilai pentingnya, LCD memiliki keunggulan yang signifikan untuk ponsel. Terutama dengan adanya tren penggabungan touchscreen dan LCD dalam banyak ponsel canggih saat ini, penggunaan komponen ini menjadi lebih praktis.

3. Perbedaan dari Segi Harganya

Perbedaan touchscreen dan LCD terletak pada segi harganya. Tentu harga antara keduanya juga menjadi pembeda antara keduanya. Secara umum, touchscreen cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan LCD. Namun, biaya bisa meningkat signifikan terutama untuk jenis LCD yang menyatu dengan touchscreen.

4. Perbedaan dari Segi Kerusakan

Perbedaan antara touchscreen dan LCD juga dapat dilihat dari segi kerusakannya. Ketika kedua komponen ini mengalami kerusakan, gejala yang muncul akan berbeda-beda. Berikut adalah ciri-ciri kerusakan pada touchscreen:

  • Layar tidak responsif pada area tertentu atau bahkan keseluruhan.
  • Respons sentuhan layar terasa lambat atau tidak merespons sama sekali.
  • Saat menekan layar di titik A, responnya muncul di titik B, yang sering disebut sebagai layar sentuh kabur.

Di sisi lain, kerusakan pada LCD menunjukkan ciri-ciri yang khas. Pertama, mungkin terlihat garis ungu yang mencolok di layar. Selain itu, ada kemungkinan munculnya bayangan hitam atau shadow yang terlihat di sepanjang layar.

Selanjutnya, layar seringkali mengalami kejadian mati atau hidup secara tiba-tiba tanpa adanya perintah dari pengguna. Terakhir, dapat terlihat titik-titik mati atau dead pixels yang terpampang jelas di permukaan layar.

5. Perbedaan dari Segi Penanganan Kerusakannya

Untuk penanganan kerusakan pada touchscreen dan LCD, sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang ahli dalam bidangnya. Ketika touchscreen mengalami kerusakan, solusinya seringkali cukup dengan mengganti komponen yang rusak.

Namun, dalam kasus kerusakan pada LCD, mungkin perlu dilakukan penggantian touchscreen secara keseluruhan. Terutama jika touchscreen dan LCD terpasang secara menyatu, penggantian akan dilakukan secara bersamaan dan tidak dapat dipisahkan.

Nah itulah tadi penjelasan terkait poin-poin yang menjadi perbedaan touchscreen dan LCD. Jadi bisa disimpulkan bahwa memang kedua benda ini merupakan hal yang berbeda. Meski demikian keduanya saling melengkapi dalam komponen sebuah smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *