Umum

Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive dan Fakta Menariknya

×

Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive dan Fakta Menariknya

Sebarkan artikel ini
perbedaan flashdisk dan flashdrive

Flashdisk dan flashdrive adalah perangkat penyimpanan portable yang sering digunakan oleh pengguna untuk menyimpan data dengan ukuran yang kompak. Banyak orang sering kebingungan terkait dengan apa perbedaan flashdisk dan flashdrive.

Kedua perangkat ini digunakan sebagai media penyimpanan untuk data berukuran kecil. Meskipun flash drive adalah perangkat penyimpanan yang umum digunakan, terdapat perbedaan signifikan antara flashdisk dan flash drive, yang terkait dengan cara kerja keduanya.

Mengenal Apa Itu FlashDisk

Flashdisk adalah sebuah perangkat penyimpanan portabel berukuran kecil yang menggunakan sejenis kartu memori untuk menyimpan data. Istilah “Flashdisk” sering merujuk pada jenis penyimpanan yang dapat dilepas yang umumnya digunakan dalam kamera digital dan perangkat seluler lainnya.

Flashdisk biasanya memiliki ukuran yang lebih jauh kecil dan lebih ringan daripada hard drive tradisional, sehingga membuatnya nyaman untuk dibawa ke mana-mana. Sebagai contoh, sebuah flashdisk berukuran 2GB dapat menampung hingga 120 foto atau 10 jam video.

Mengenal FlashDrive

Istilah “flash drive” lebih sering digunakan oleh orang di luar negeri. Itu sebabnya banyak artikel di Google yang ditampilkan dalam bahasa asing. Flash drive merupakan satu dari banyaknya jenis perangkat penyimpanan portable yang menggunakan memori flash untuk menyimpan data.

Flash drive dapat langsung terhubung ke komputer atau perangkat seluler, atau dapat digunakan sebagai drive eksternal. Umumnya lebih kecil dan lebih terjangkau daripada hard drive tradisional, sehingga banyak orang memilihnya untuk menyimpan musik, foto, dan video.

Flash drive tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan kapasitas mulai dari 4GB hingga 64GB. Sebagian besar menggunakan koneksi USB 2.0 atau USB 3.0 untuk mentransfer data, namun beberapa model juga dilengkapi dengan port untuk kartu SD dan konektor lainnya.

Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive

Perbedaan antara flash disk dan flash drive sebenarnya hanya terletak pada istilah yang digunakan. Di Indonesia, orang biasanya menggunakan istilah “flashdisk,” sementara di luar negeri, alat yang sama disebut “flash drive.” Beberapa perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:

1. Media Penyimpanan

Untuk flashdisk menggunakan disk untuk menyimpan data. Sedangkan flash drive menggunakan memori Flash.

2. Kapasitas dan Kinerja

Flashdisk dapat menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan kinerja yang lebih cepat daripada flash drive. Sedangkan flash drive biasanya memiliki kapasitas yang lebih kecil dan kinerja yang lebih lambat daripada flashdisk.

3. Portabilitas dan Kompatibilitas

Flashdisk umumnya lebih portable dan kompatibel dengan berbagai perangkat. Sedangkan flash drive biasanya lebih besar dan mungkin tidak selalu kompatibel dengan komputer yang lebih tua.

4. Ukuran dan Kecepatan

Flashdisk cenderung lebih kecil dan lebih cepat daripada hard drive tradisional, cocok untuk menyimpan data kecil. Sedangkan flash drive biasanya lebih besar dan lebih lambat, namun cocok untuk menyimpan jumlah data yang besar.

Fakta Menarik Mengenai Flashdisk dan Flashdrive

Untuk lebih memahami perangkat ini, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang perkembangannya. Berikut diantaranya:

1. Pemakaian Kata Disk dan Drive

Istilah “disk” lebih sering digunakan untuk media dengan cakram yang memiliki lapisan magnetik, seperti hardisk atau perangkat lain dengan penyimpanan data serupa. Hardisk, misalnya, memiliki piringan bundar yang terbuat dari plastik atau logam dan dilapisi bahan magnetik.

Bahan ini menghasilkan magnet yang digunakan untuk membaca dan menulis data. Sementara itu, “drive” lebih merujuk kepada perangkat penyimpanan secara umum. Beberapa orang menganggap drive sebagai ruang penyimpanan, seperti pada optical disc yang memiliki CD/DVD Drive.

2. Tidak Ada Disk dalam Flashdisk

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, disk adalah piringan bundar yang dilapisi dengan zat magnetik untuk menyimpan data komputer. Namun, dalam flashdisk, tidak ada penggunaan teknologi disk seperti itu.

Flashdisk menggunakan komponen chip memori flash dan osilator kristal. Karena itu, istilah “flashdrive” lebih umum digunakan di luar negeri karena tidak ada komponen disk dalamnya. Teknologi ini dikembangkan oleh Profesor Fujio Masuoka saat bekerja di Toshiba.

Itulah uraian mengenai perbedaan flashdisk dan flashdrive yang ternyata jarang diketahui. Dalam uraian ini juga telah diberikan terkait dengan fakta menarik antar keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *