FilmUmum

Menarik Coba atasi Kebosanan dengan Nonton Film Jailangkung 1

30
×

Menarik Coba atasi Kebosanan dengan Nonton Film Jailangkung 1

Sebarkan artikel ini
Nonton Film Jailangkung 1

Penggemar film horror wajib Nonton Film Jailangkung 1 mengapa? Karena film horor Indonesia ini sukses luar biasa pada saat dirilis. Totalnya mencapai 2,5 juta penonton, menduduki peringkat ke-5 dalam daftar film terlaris  tahun 2017. Dua sutradara ternama José Poernomo dan Rizal Mantovani berkolaborasi dalam film ini, naskahnya ditulis oleh Baskoro Adi Wuryanto.

Bintang cilik Jefri Nichol dan Amanda Rawles  menjadi pemeran utamanya. Ada juga nama-nama yang akrab di telinga penonton bioskop. Sebut saja dia Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, Wulan Guritno dan Egi Fedly.

Sekilas Jika Kamu Nonton Film Jailangkung 1

Cerita Seorang gadis mencoba mengungkap misteri di balik kejadian tragis ayahnya dengan bantuan boneka hantu  Jailangkung.

  • Tanggal rilis: 25 Juni 2017
  • Periode: 87 menit
  • Pengelola: Jose Poernomo, Rizal Mantovani
  • Produsen: Sukhdev Singh, Jahat V. Olindo
  • Penulis naskah: Baskoro Adi Wuryanto
  • Pembuatan: Skenario, cuplikan warisan
  • Pemain: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, Wulan Guritno, Gabriella Quinlyn, Augie Fantinus, Butet Kertarajasa, Egi Fedly, Donnie Hoedijanto, Fuad Idris, Willem Bevers.

Sinopsis/Layar film Nonton Film Jailangkung 1

Seorang penyihir dibakar hidup-hidup oleh masyarakat. Dia dituduh menggendong anak yang sudah meninggal. Sebelum kematiannya, wanita itu mengutuk penduduknya. Terutama pemimpin mereka, Mangoenharto (diperankan  Egi Fedly).

Ia memastikan suatu saat akan kembali ke jalur Mangoenharto. Kapten Wardana (diperankan oleh Augie Fantinus) menemukan Ferdi (diperankan oleh Lukman Sardi) tidak sadarkan diri  di rumahnya di Pulau Alaskramat.

Seminggu berlalu dan Ferdi masih belum sadarkan diri. Dokter Jaka (diperankan  Donnie Hoedijanto) yang merawatnya sangat bingung karena  kondisi Ferdi sangat baik.  Saat bertemu dengan Bella (Amanda Rawles) dan Angel (diperankan  Hannah Al Rasyid), Wardana bercerita bahwa  selama enam tahun terakhir ia rutin mengantar Ferdi naik pesawat ke Pulau Alaska.

Saat saya Nonton Film Jailangkung 1Pada hari Minggu keempat setiap bulan. Ia bahkan memberi mereka berdua sekotak milik Ferdi. Di dalam kotak  tersebut terdapat foto dan kunci villa. Angel dan Bella bertanya pada Wardana apakah dia melihat  sesuatu yang aneh.

Sinopsis/Layar film Nonton Film Jailangkung 1

Ekspresi Wardana langsung berubah. Meski begitu, dia tak mau menjawabnya dengan alasan menjaga kerahasiaan kliennya. Di kampus, Bella bertemu Rama (diperankan oleh Jefri Nichol), seorang mahasiswa yang mempelajari metafisika.

Dari Rama, Bella belajar ilmu Rogo Sukmo. Khusus ilmu pemanggilan arwah orang mati melalui  boneka Jailangkung. Bella kemudian membawa Rama ke rumah sakit tempat Ferdi dirawat. Ada malaikat di sana.  Melihat kondisi Ferdi, Rama menduga arwah Ferdi sedang dirasuki dan dikuasai roh lain. Artinya, lengket. Untuk benar-benar mengetahui apa yang terjadi pada Ferdi, Bella dan Rama memutuskan untuk pergi ke Pulau Alaska.

Meski tidak mempercayai teori Rama, Angel akhirnya bergabung dengan mereka. Ia pun mengajak adiknya, Tasya (diperankan  Gabriella Quinlyn). Berkat jasa Kapten Wardana, Bella dan teman-temannya sampai di pulau Alaska. Setibanya di sana, Wardana memberinya telepon seluler darurat karena di kawasan itu tidak ada sinyal sama sekali.

Sinopsis/Layar film Nonton Film Jailangkung 1

Sore harinya mereka sampai di rumah Ferdi. Bangunannya indah meski interiornya terlihat terabaikan. Angel bahkan lebih terkejut lagi saat mengetahui mengapa ayah mereka  tidak pernah memberitahunya tentang rumah besar itu.

Di ruang utama, mereka menemukan foto mendiang ibu mereka, Sarah (diperankan  Wulan Guritno). Ada pula silsilah keluarga mereka, yaitu keluarga Djojonegoro. Terungkap bahwa Ferdi merupakan keturunan  Mangoenharto.

Saat Tasya tertidur, Angel dan Bella berlarian mencari petunjuk. Di sebuah ruangan besar, Bella dan Rama menemukan boneka jelangkung. Ada juga potret besar Sarah  di dinding dan buku mantra. Rama mulai percaya kalau ayah Bella sedang bermain jailangkung.  Di ruang tamu, Angel menemukan sebuah kotak berisi beberapa kaset video. Dia segera menelepon Bella.

Setelah memasukkan boneka jelangkung ke dalam kotak, Bella dan Rama turun menemui Angel. Mereka kemudian menyiarkan setiap rekaman video yang ada. Selain berisi dokumen tentang keluarga, ternyata ada juga dokumen tentang ritual pemanggilan jiwa Sarah yang dilakukan  Ferdi.

Setelah berkali-kali mencoba, Ferdi akhirnya berhasil memanggil arwah istrinya. Dia curhat dan sering curhat padanya. Sementara itu, Sarah meminta  Ferdi berhenti meneleponnya karena ada juga anak yang meninggal.

Review Pengalaman saya dan Beberapa sumber Saat Nonton Film Jailangkung 1

Rekaman video terbaru memperlihatkan Ferdi nekat melakukan ritual jailangkung meski sudah di larang  Sarah. Atas peringatan Sarah, anak yang meninggal itulah yang datang. Dan karena ritualnya belum selesai, makanya matianak itu  masih menempel di tubuh Ferdi. Dipandu Rama, mereka berusaha melakukan ritual untuk mengembalikan Jailangkung.

Sayangnya Matianak menjadi gila dan membuat Tasya mengalami hal yang sama seperti ayahnya. Mereka  bergegas meninggalkan Pulau Alaskamat.

Rama bertanya kepada Tuan dan Nyonya Prawiro (Butet Kertarajasa) tentang kematian anak tersebut. Prawiro mengatakan matianak adalah makhluk halus yang di besarkan manusia seperti anaknya sendiri. Dia menambahkan bahwa dia mengetahui beberapa kematian anak. Khususnya tentang Gunung Mati, Angkerbatu dan Pulau Alaska.

Kisah awalnya sebenarnya terjadi di Pulau Alaskamat. Meski dukun tersebut di bakar, menurut Prawiro, anak yang meninggal tersebut masih hidup dan dapat di lahirkan kembali. Angel mengalami mimpi buruk dan tiba-tiba terbangun saat hamil.

Mengingat keberadaan mobil di Pulau Alaska, hal itu mungkin masih masuk akal. Mungkin Ferdi benar-benar berhenti di situ. Pasalnya, pulau ini tidak berpenghuni.  Yang aneh adalah ada listrik di sana. Dari foto vila yang di tampilkan pertama kali di atas, nampaknya tidak ada pembangkit listrik tenaga surya yang di pasang di atapnya.

Apakah genset bisa di gunakan? Yang aneh adalah Bella dan Rama sampai di rumah lebih awal dari ambulan. Padahal mereka di beritahu terjebak kemacetan besar. Apalagi keduanya akhirnya sampai di mansion, namun kondisi jas hujan yang mereka kenakan tidak terlalu basah. Bertentangan dengan deskripsi, di luar villa hujan turun sangat deras.

Review Pengalaman saya dan Beberapa sumber Saat Nonton Film Jailangkung 1

Belum lagi Ferdi yang tersesat mungkin harus tinggal di mansion. Secara pribadi, saya tidak punya masalah dengan akting para pemeran utamanya. Terakhir, selain  aktris cilik, kita melihat bermain-main dengan ekspresi wajah yang seringkali tidak sesuai dengan situasi. Rizal Mantovani  saat itu sepertinya belum mampu membangkitkan potensi yang di miliki sang bocah.

Berbeda dengan kesuksesan yang di raihnya di Kuntilanak setahun kemudian. Bagaimana dengan unsur horornya? Pokoknya, lumayan. Di tambah lagi penampakannya di dalam hutan yang tidak terlihat jelas. Itu adalah anak yang mati atau jiwa penasaran seorang penyihir yang terbakar.Kekhawatiran yang jelas  adalah efek suara selama jumpscare.

Itulah penilaian dan pengalaman saya saat Nonton Film Jailangkung 1, sebagai orang awam, pandangan saya setuju dengan pandangan jutaan orang yang  menontonnya. Tidak sempurna tapi tetap menarik. Penyakit ini seperti kebanyakan film Indonesia bergenre sama. Tergesa-gesa atau kesulitan dalam menetapkan solusi akhir yang tepat. 5/10. Menonton tidak menyesal, tidak menonton tidak menyesal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *