Umum

5 Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan Dengan Cepat

×

5 Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan Dengan Cepat

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Kartu XL Tidak Ada Jaringan Yang Perlu Diketahui

cara mengatasi kartu xl tidak ada jaringan

Pengguna provider XL mungkin akan kebingungan apabila mengalami jaringan yang mendadak hilang tanpa alasan. Entah sedang digunakan untuk hal penting atau sekedar scroll sosial media. Pastinya langsung mencari cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan dengan segera.

Pasalnya internet sudah menjadi lifestyle yang tidak bisa terpisahkan. Mulai dari anak kecil, dewasa, hingga tua semuanya memerlukan internet. Mungkin terdengar berlebihan, tapi rasanya hampa tanpa berselancar online. 

Itulah yang dirasakan kebanyakan orang zaman sekarang. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan mudah? Berikut opsi pilihan yang dapat pengguna lakukan:

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Tidak hanya berfungsi untuk jaringan provider XL saja, cara ini cukup ampuh diterapkan pada semua layanan internet seluler di Indonesia. Mungkin pengguna pernah mendengar tips ini selain dari cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan karena memang bisa berguna.

Sebenarnya langkah mengaktifkan mode pesawat dilakukan supaya ponsel merefresh jaringan yang digunakan. Saat mode tersebut diaktifkan, perangkat akan mencarikan sinyal lain yang lebih kuat.

Untuk langkahnya cukup mudah yaitu menyalakan mode airplane, lalu diamkan beberapa menit sebelum dinonaktifkan. Ulangi beberapa kali sampai berhasil setidaknya 3 kali. Jika belum sebaiknya ikuti langkah selanjutnya.

2. Mencari Jaringan Secara Manual

Tips kedua yakni mencari sinyal secara manual. Umumnya jaringan memang akan otomatis terhubung setiap kali pengguna memasukkan kartu SIM dan mengaktifkannya. 

Hanya saja, tidak menutup kemungkinan bila terjadi gagal sambungan.Oleh karena itu, pengguna bisa mencoba mencarinya secara manual. Begini langkahnya:

  • Buka pengaturan perangkat.
  • Kemudian temukan menu ‘Jaringan Seluler’ karena setiap ponsel berbeda letaknya.
  • Jika sudah ketemu, klik ‘Operator jaringan’, lalu ubah tab ke jaringan yang akan dicari.
  • Setelahnya mulai dengan menekan ‘Cari jaringan’ dan tunggu hingga proses pencarian selesai.

3. Ubah Mode Jaringan

Saat pengguna memilih mode 3G pada jaringan XL, maka jaringan lain tidak akan terhubung dengan baik. Apalagi sekarang jaringan tersebut sudah ditiadakan oleh hampir semua penyedia layanan seluler Indonesia.

Maka dari itu, untuk mengatasinya pengguna bisa mengubah mode jaringan ke 4G atau LTE. Namun jika tetap tidak muncul kemungkinan jaringan 4G masih belum terjangkau lokasi pengguna. Jika begitu berarti harus mengganti kartu SIM lain yang tersedia.

4. Melepas Kartu SIM

Entah disebabkan kartu SIM kotor atau slot yang longgar, pengguna bisa mencoba mengecek dengan cara melepasnya. Silahkan bersihkan tembaga dengan kain lembut tanpa menggunakan air hingga bersih. Begitu juga dengan slot kartu.

Supaya lebih bersih, gantikan air dengan minyak kayu putih. Kemudian pasang kembali. Setelah terpasang sempurna, tunggu beberapa saat sampai jaringan XL muncul di layar LCD.

5. Hubungi Customer Service

Apabila sudah banyak cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan yang dilakukan, tetapi tak satupun membuahkan hasil sebaiknya hubungi pihak layanan. Mungkin saja memang sedang terjadi gangguan, jaringan 3G yang sudah dinonaktifkan, atau justru registrasi pengguna gagal.

Karena kartu SIM yang belum berhasil terdaftar tidak akan bisa digunakan. Apalagi muncul jaringan. Kembali lagi, jika penyebabnya bukan hal tersebut silahkan tanyakan ke CS untuk memastikan atau melihat informasi di sosial media milik XL Axiata.

Sebenarnya banyak lagi cara mengatasi kartu XL tidak ada jaringan seperti melakukan restart ulang, memperbarui APN, mengisi ulang kuota, dan lainnya. untuk hal sepele pengguna perlu memperhatikan masalahnya supaya mendapatkan solusi cepat. Namun jika karena teknis, cobalah beberapa langkah di atas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id