GadgetTips & TrikUmum

8 Cara Mengatasi Baterai Hp Lama Terisi Saat Di Cas

48
×

8 Cara Mengatasi Baterai Hp Lama Terisi Saat Di Cas

Sebarkan artikel ini

Cara mengatasi baterai hp lama terisi – Mengisi baterai hp atau daya hp umumnya membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung besaran muatan yang di kirim dan di terima setiap merk hp.

Namun, jika pengisian daya memakan waktu lama, kemungkinan besar ada masalah dengan proses pengisian daya tersebut.

Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna harus mengetahui cara mengatasi baterai lama terisi agar pengisian daya bisa kembali seperti semula.

Umumnya masalah pengisian daya hp dalam waktu lama akan menyebabkan berbagai aktivitas menjadi terkendala. Faktor penyebabnya juga sangat beragam.

Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada kabel atau baterai hp. Untuk mendeteksi masalah ini, maka pengguna harus cara mengatasi baterai lama terisi yang akan di bahas pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengecilkan File Word di HP Mudah, Tanpa Aplikasi

8 Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi dan Faktor Penyebabnya

baterai hp lama terisi 1

Waktu charging HP biasanya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam. Namun jika lebih dari itu, maka Anda harus memeriksa nya.

Hal ini perlu di lakukan agar tidak terjadi masalah yang lebih serius pada hp Anda. Berikut beberapa cara mengatasi baterai hp lama terisi dan faktor-fktor penyebabnya.

1.      Matikan Telepon Saat Mengisi Daya

Cara mengatasi baterai hp lama terisi yang pertama adalah dengan mematikan hp saat mengisi daya. Ini akan mempercepat pengisian baterai karena tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Selain itu, mematikan hp saat sedang mengisi daya juga membuat hp tidak dapat di gunakan. Hasilnya akan menyebabkan daya tidak terpakai dan pengisian daya menjadi yang lebih cepat.

2.      Ganti Kabel Charger atau Adaptor

Salah satu penyebab pengisian lambat adalah kabel atau adaptor iyu sendiri. Kabel atau adaptor umumnya memiliki sumber daya yang berbeda.

Jika daya normal masih rendah dan membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya, maka gunakan kabel dan adaptor baru.

Apalagi jika kabel dan adaptor sudah tidak berfungsi normal, sebaiknya Anda segera menggantinya. Gunakan kabel atau adaptor charger yang sesuai dengan merek smartphone Anda atau gunakan adaptor dari merek terpercaya.

Hal ini penting untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi dan memastikan kabel tersebut awet dan tahan lama. Selain itu, jangan gunakan kabel fast charging pada smartphone yang tidak mendukung fitur ini. Pasalnya, fitur ini akan membuat baterai cepat habis.

3.      Cek Bagian Smartphone atau Charger

Cara mengatasi baterai lama terisi selanjutnya adalah dengan mengecek bagian charger yang lain. Misalnya, port USB atau yang lainnya.

Kemungkinan, pengisian membutuhkan waktu lama karena ada yang menghalangi bagian tersebut. Oleh karena itu, periksalah bagian-bagian ini secara teratur dan bila perlu perbaiki jika Anda merasa ada bagian yang rusak.

4.      Aktifkan Mode Pesawat

Cara lain untuk mengatasi baterai hp yang lama terisi adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Cara ini bisa di terapkan jika pengguna tidak ingin mematikan HP sepenuhnya saat mengisi daya.

Mengaktifkan mode pesawat mencegah pengguna menghubungi pihak lain melalui internet atau bermain sosial media saat melakukan pengisian daya.

Oleh karena itu, cara ini cocok bagi pengguna yang menggunakan HP untuk membuka dokumen atau aplikasi tertentu yang tidak memerlukan koneksi internet.

5.      Matikan Aplikasi Yang Membutuhkan Banyak Daya

Cara lain untuk mengatasi baterai hp yang lama terisi adalah dengan mematikan semua aplikasi yang terlalu banyak menggunakan daya. Caranya adalah dengan membuka ‘settings’ atau ‘pengaturan’.

Masuk ke menu ‘baterai’. Kemudian pilih ‘penggunaan baterai’ dan buka aplikasi. Setelah itu klik ‘paksa berhenti’ pada aplikasi yang memerlukan banyak daya saat di jalankan.

6.      Pembaruan Sistem

Selain kelima cara di atas, ada cara mengatasi baterai lama terisi lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memperbarui sistem operasi.

Sistem operasi yang belum di perbarui sebenarnya tidak mengakomodasi fitur tertentu dan masih banyak yang harus di tambahkan.

Pembaruan sistem ini akan membuat hp Anda lebih aman dan menghindari bug yang membuat pengisian daya menjadi lambat. Jika hp di perbarui, maka pengisian daya akan lebih cepat.

7.      Periksa Kondisi Baterai

Pada dasarnya kondisi baterai juga bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan baterai lama terisi.

Oleh karena itu, cara mengatasi baterai lama terisi yang selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi baterai. Baterai normal akan di isi secara normal sesuai dengan daya pengisi daya dan penerima.

Namun jika baterai tidak normal, pengisian menjadi lebih lambat dan terkadang bisa berhenti seketika.

Jika baterai tidak berfungsi dengan baik, maka akan lebih baik jiak Anda mengganti baterai dengan baterai yang baru.

Bawa smartphone Anda ke service center terdekat untuk mendapatkan layanan terbaik dan baterai Anda akan kembali berfungsi seperti semula.

8.      Dinginkan Hp

Pendinginan ini bisa di lakukan dengan menunggu beberapa saat di suhu ruang sambil melepas casing HP.

Setelah menunggu beberapa saat, dan HP menjadi lebih dingin dari sebelumnya. Kemudian, sambungkan kabel pengisi daya dan isi daya secara normal.

Baca juga: 2 Cara Cek Hp Support MHL Mudah Paling Update

Penyebab Baterai hp Lama Terisi Saat Di Cas

Setelah mengetahui cara mengatasi baterai lama terisi yang telah di bahas di atas, kini saatnya Anda mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Charger yang Lemah

Charger kecil yang di colokkan ke stopkontak dan hp setelah sekian lama akan merusak kinerjanya.

Selain itu, cara penggunaan yang juga kurang tepat, seperti peningkatan kualitas kelistrikan, atau posisi miring yang menyebabkan lapisan logam di kaki charger pecah juga membuat performa charger menurun.

Alat ini memang di rancang untuk bekerja dalam kondisi yang cukup ekstrim seperti yang telah di sebutkan di atas.

Jika Anda sudah menemukan bagian yang rusak pada carer Anda, maka ada baiknya jika Anda mendapatkan charger baru agar proses pengisian baterai hp lebih cepat.

Sumber Listrik Lemah

Apabila Anda menggunakan PC untuk mengisi daya, maka bisa di pastikan proses pengisian akan berjalan dengan lambat.

Meskipun Anda telah menggunakan versi USB 3 (output 0.9A) yang di klaim lebih cepat dan menghasilkan daya lebih tinggi dibandingkan versi USB 2 (output 0.5A).

Maka dari itu jika Anda ingin mendapatkan hasil yang cepat saat melakukan pengisian baterai, maka hindari mengisi daya pada sumber listrik yang lemah seperti halnya PC.

Hp Jadul

Hp yang terbaru memiliki prosesor yang mendukung pengisian baterai lebih cepat, bahkan ada yang memiliki kemampuan fast charging, atau turbo charging. Semua nama fitur fast charging ini berfungsi untuk mempercepat proses pengisian baterai.

Jika Anda merasa hp yang Anda gunakan bermasalah dengan pengisian daya baterai yang lambat, apalagi di bandingkan dengan pengguna lain yang memiliki hp baru, bisa jadi mengganti telepon adalah solusi terbaiknya.

Baterai Hp yang Buruk

Banyak laporan yang mengabarkan bahwa beberapa produsen hp mengirimkan smartphone dengan baterai rusak, kualitas buruk, bahkan ada yang bisa meledak.

Kabar seperti ini pasti akan membuat Anda lebih waspada, apalagi jika hp yang Anda gunakan masih baru dari toko resmi.

Periksa nomor batch atau lot baterai yang memiliki cacat produk dan bandingkan dengan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki baterai yang bermasalah, hubungi toko atau pusat layanan resmi untuk mengganti baterai tersebut.

Aplikasi Berjalan di Background yang Menguras Baterai

Walpaper hp Anda adalah penguras baterai nomor satu, tetapi ada juga beberapa aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dan menguras baterai Anda.

Ini pasti akan menyebabkan hp mengisi daya dengan lambat. Umumnya aplikasi Android seringkali terbuka sendiri atau berjalan di latar belakang meskipun Anda hanya membukanya beberapa saat.

Untuk itu usahakan untuk menggunakan aplikasi tersebut secara selektif, pastikan Anda mengunduhnya langsung dari Playstore. Jika terpaksa menginstalnya dari file APK, pastikan sumber file tersebut sangat terpercaya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi baterai lama terisi yang bisa Anda terapkan saat menjumpai masalah ini di hp Anda.

Pengisian baterai yang terlalu lama juga bisa di sebabkan oleh berbagai faktor yang juga telahh di bahas di atas. Oleh karena itu, faktor-faktor tersebut harus di ketahui agar dapat di perbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *