Umum

Simak Cara Mengaktifkan NFC Serta Kegunaan Untuk Keseharian

4
×

Simak Cara Mengaktifkan NFC Serta Kegunaan Untuk Keseharian

Sebarkan artikel ini

Cara Mengaktifkan NFC Untuk Keperluan Sehari hari

Cara mengaktifkan NFC sangatlah mudah, NFC adalah Near Field Communication, yang fungsinya menghubungkan perangkat dengan mendekatkan keduanya. Dengan NFC mempermudah kegiatan pembayaran dan dapat pula mengirim data antar ponsel. Sudah banyak ponsel yang mendukung fitur NFC ini.

Cara Mengaktifkan Fitur NFC

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi susah-susah bertransfer data, bertransaksi, dan mengecek saldo e-Money. Untuk dapat menggunakan fitur NFC ini pastikan dulu bahwa ponsel mendukung fitur tersebut, dan perlu diaktifkan terlebih dahulu. Simak cara mengaktifkan NFC berikut:

1. Mengaktifkan Melalui Pengaturan Ponsel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa hanya beberapa ponsel yang mendukung fitur NFC. Adapun langkah pertama yang dapat dilakukan antara lain:

  • Masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih menu pengaturan lainnya.
  • Pada pengaturan lainnya akan terlihat menu ‘NFC’ apabila ponsel mendukung fitur NFC.
  • Pada beberapa ponsel, menu NFC ini berada di pengaturan jaringan atau networks.
  • Setelah memilih menu tersebut, pilih menu ‘berbagi dan hubungkan’.
  • Geser posisi pada ‘On’ untuk dapat mengaktifkan NFC.

2. Mengaktifkan Melalui Shortcut

Cara lain untuk mengaktifkan NFC adalah dengan membuka menu Shortcut. Menu Shortcut berada di atas, ini sama persis ketika hendak menyalakan paket data atau Bluetooth. Untuk mengaktifkannya, berikut ini langkahnya :

  • Usap layar ke bawah, kemudian cari ikon NFC.
  • Klik ikon NFC tersebut, maka dengan mudah NFC bisa digunakan.

Kegunaan NFC Pada Ponsel yang Tidak Banyak Diketahui Orang!

Sebagian orang hanya mengetahui kegunaan NFC hanyalah untuk mengisi saldo e-Money dan mengecek saldo e-toll saja. Padahal, NFC memiliki banyak kegunaan yang penting untuk diketahui oleh penggunanya. Nyatanya, bila mengetahui kegunaan NFC ini dapat dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu, sangat disayangkan sekali karena pengguna NFC tidak banyak mengetahui kegunaan NFC. Sehingga pengguna tidak dapat menggunakan fitur NFC dengan maksimal, karena hanya mengetahui kegunaan yang itu-itu saja. Berikut akan dijelaskan kegunaan fitur NFC:

1. Menggunakan Fitur NFC Tag Untuk Menyambungkan Pada Aplikasi

NFC memungkin seseorang untuk mengatur fungsi yang berbeda, pengguna dapat menambahkan tag pada suatu hal. Fitur ini mempermudah dan mempersingkat waktu. Karena dengan menggunakan fitur NFC tag, pengguna cukup men-tap sesuatu yang telah dipasangi NFC tag dapat langsung terhubung.

2. Dapat Memberitahukan Lokasi

Dengan NFC sangat memungkinkan bagi semua orang, termasuk penggunanya sendiri untuk memberitahu lokasi yang sedang ditempati. Pengguna dapat melakukan check in dengan menggunakan fitur NFC. Fitur tersebut biasanya menggunakan sistem LBS (Location Based Service).

Seperti misal, saat berkunjung di suatu restoran, pengguna dapat memindai tag informasi peta lokasi restoran tersebut. Asalkan tempat itu telah melakukan NFC tag.

3. Melakukan Payment dengan NFC

Salah kegunaan lain dari NFC yang jarang diketahui, yakni melakukan pembayaran dengan NFC Payment. NFC Payment ini dapat melakukan proses transaksi dengan mudah hanya dengan tap pada ponsel untuk bertransaksi. Ini sangat memudahkan seseorang yang tidak selalu membawa uang tunai.

NFC Payment dapat digunakan untuk pembayaran toll, pembayaran di supermarket dan minimarket yang dapat melayani pembayaran dengan NFC Payment. Jadi tidak repot lagi membawa dompet kemana-mana.

Demikian pembahasan mengenai cara mengaktifkan NFC di ponsel serta kegunaannya yang dapat menjadi referensi untuk menggunakan fitur NFC. Mungkin untuk beberapa ponsel terdapat cara yang berbeda untuk mengaktifkan NFC. Semua tergantung pada tampilan dan tipe operasi ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *