Umum

5 Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi Secara Mandiri

×

5 Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi Secara Mandiri

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki speaker hp xiaomi

Bagi para pengguna hp xiaomi jika ada masalah pada speaker sebaiknya jangan buru-buru dibawa ke konter atau jasa service. Hal itu dikarenakan ada cara memperbaiki speaker hp xiaomi yang bisa coba dilakukan sendiri terlebih dahulu.

Gangguan pada speaker merupakan masalah umum yang dapat dialami oleh pengguna perangkat elektronik, termasuk para pengguna Xiaomi. Kehilangan fungsi speaker pada ponsel pintar dapat menjadi kendala yang mengganggu, terutama ketika hendak melakukan panggilan atau menerima notifikasi.

Oleh karena itu, mengetahui cara memperbaiki speaker hp Xiaomi menjadi informasi yang sangat berguna. Bayangkan situasi ketika perlu menggunakan telepon atau mendapatkan pemberitahuan penting, namun speaker ponsel xiaomi mengalami masalah.

Gangguan tersebut dapat menghambat berbagai aktivitas, dan jika dibiarkan tanpa penanganan, dapat berpotensi menimbulkan masalah lebih serius di kemudian hari.

Bagi mereka yang mengalami masalah serupa, ada beberapa cara yang dapat diambil sendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Mengalihkan Fungsi dari Speaker Utama ke Speaker Kedua

Speaker utama memiliki peran penting dalam mendengarkan musik dan menggunakan loudspeaker saat menelepon. Sementara itu, speaker kedua yang terletak di bagian atas bertugas untuk menerima panggilan telepon.

Jika menghadapi masalah dengan speaker utama, solusi yang direkomendasikan adalah mengubah fungsi ke speaker kedua. Langkah-langkahnya dapat diikuti sebagai berikut:

  • Langkah pertama, instal aplikasi bernama Soundabout dari Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, navigasikan ke halaman utama, dan aktifkan Soundabout service dengan menekan On with status.
  • Selanjutnya, pilih opsi Media audio dan ubah pengaturan Speaker menjadi Earpiece.
  • Uji speaker dengan memutar musik untuk memastikan perubahan berhasil.

2. Restart Perangkat

Sebelum beralih ke solusi yang lebih kompleks, langkah pertama yang dapat diambil adalah me-restart perangkat. Walaupun terdengar sederhana, me-restart perangkat dapat menyelesaikan masalah pada speaker.

Dengan me-restart perangkat, aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah akan berhenti, dan kesalahan kecil pada perangkat lunak akan teratasi.

3. Lakukan Pembersihan Speaker dengan Jarum

Seringkali, masalah pada speaker disebabkan oleh kotoran yang menempel. Debu dan kotoran lainnya dapat menghambat kinerja speaker. Untuk membersihkannya dapat menggunakan jarum dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka casing ponsel.
  • Gesekkan ujung jarum yang tumpul di dekat speaker dengan gerakan searah perlahan untuk menciptakan medan magnet.
  • Bersihkan kotoran dalam speaker menggunakan ujung jarum hingga bersih.

4. Lakukan Pemeriksaan Hardware

Jika masalah pada speaker Xiaomi terkait dengan perangkat keras, pengguna dapat melakukan tes hardware. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan dan temukan opsi About phone yang berisi informasi perangkat.
  • Cari opsi Kernel version dan ketuk lima kali. Kemudian akan langsung tertampil halaman uji hardware.
  • Pilih opsi Speaker dan pilih Female voice, kemudian tekan Retest.
  • Dengarkan apakah suara speaker hp Xiaomi yang digunakan sudah normal setelah melakukan uji tersebut.

5. Periksa Pengaturan Volume

Ada kemungkinan speaker hp tersebut tidak rusak tetapi hanya suaranya ter-mute atau pada keadaan pengaturan volumenya sangat kecil. Kadang-kadang, pengguna secara tidak sengaja mengurangi volume perangkat mereka, sehingga suara dari ponsel tidak terdengar.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat memeriksa pengaturan audio dengan menekan tombol volume yang berada di bagian atas atau masuk ke menu pengaturan ponsel.

Nah demikianlah penjelasan cara memperbaiki speaker hp xiaomi yang bisa coba dilakukan dulu sebelum membawanya ke tempat service atau ke konter.

Jika cara-cara tersebut sudah dicoba dan belum menemui hasil, maka barulah mempertimbangkan untuk membawanya ke jasa service atau konter hp terdekat yang memiliki reputasi service bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *