Umum

Menarik! 5 Cara Membuat Absensi Online Berbasis Android Melalui Aplikasi di Web

×

Menarik! 5 Cara Membuat Absensi Online Berbasis Android Melalui Aplikasi di Web

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat Absensi Online Berbasis Android Dengan Mudah

cara membuat absensi online berbasis android

Di zaman modern ini, absensi online sudah banyak digunakan di hampir semua kalangan. Untuk membuat absensi online itu sendiri memang bukan hal mudah. Perlu pengetahuan khusus mengenai cara membuat absensi online berbasis Android. Lebih efektif lagi jika dilakukan oleh ahlinya yaitu bidang IT.

Sebetulnya, membuat absensi online berbasis Android memerlukan waktu yang cukup lama. Selain perihal waktu, peralatan seperti server pun cukup membebani. Maka, akan jauh lebih efisien jika membeli sistem yang sudah banyak tersebar di internet. Berikut ini adalah 6 cara membuat absensi online berbasis Android melalui aplikasi di web:

1. Mengunduh Time Clock by Homebase

Jika mengulas balik ke zaman dahulu, absensi dilakukan melalui buku dan cukup memanggil nama sesuai yang terdaftar dalam kelompok. Cara ini diterapkan di lembaga pendidikan anak-anak seperti PAUD bahkan sampai SMA.

Seiring berkembangnya teknologi, absensi mulai beralih secara online. Termasuk aplikasi ini, sudah banyak digunakan terutama di kalangan pekerja kantoran. Absensi berbasis online ini terbilang praktis karena tidak perlu ribet membawa buku absensi.

Aplikasi absensi Time Clock by Homebase dapat digunakan secara gratis alias tidak perlu melakukan pembayaran. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur, di antaranya pengontrolan absensi, pengaturan gaji atau upah, perekrutan dan lain sebagainya. Time Clock by Homebase memberi kemudahan petugas absen.

2. Mendownload Clockify – Time Tracker

Cara membuat absensi online berbasis Android yang kedua adalah dengan mendownload aplikasi Clockify. Aplikasi ini lebih menonjolkan manfaat lain selain untuk absensi online, yaitu melacak jam kerja.

Clockify memberi bantuan kepada penggunanya untuk dapat membagi waktu dalam mengerjakan sesuatu. Tentunya, menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dengan ini, efektivitas jam kerja pun akan semakin teratur.

3. Memanfaatkan Aplikasi When I Work Employee Scheduling

Aplikasi yang ketiga ini dapat digunakan di berbagai macam bisnis termasuk usaha mikro. Namun, ada batasan jumlah pegawai yang terdaftar yaitu maksimal 75 orang. Apabila pengguna aplikasi ini memerlukan kuota lebih, maka akan berlaku biaya tambahan.

Platform atau aplikasi When I Work Employee Scheduling ini memiliki fitur unggulan perihal pengelolaan jam lembur karyawannya. Berlaku pula sebuah pengaturan terhadap shifting secara otomatis. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melakukan monitoring jadwal.

Secara lebih rinci, fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini adalah pengelolaan sistem shifting, attendance monitoring, perpesanan grup serta penjadwalan karyawan. Tak heran banyak orang yang menggunakan ini sebab dalam satu aplikasi menyediakan banyak keunggulan. Menarik bukan?

4. Menggunakan Aplikasi Attendance Manager

Attendance Manager atau ada yang menyebutnya Attendance Management, sebuah aplikasi yang menyuguhkan fitur-fitur menarik yang terbilang unggul. Aplikasi ini dapat merekap semua data laporan absensi karyawan dengan otomatis. Menariknya lagi, Attendance Manager tempat yang pas untuk pengelolaan shift secara langsung.

5. Melalui Aplikasi Online ‘Hadirr’

Aplikasi ‘Hadirr’ memiliki manfaat lain selain untuk pencatatan kehadiran. Aplikasi ini dapat membantu proses berjalannya operasional sebuah perusahaan. Seorang HRD dapat merasakan manfaatnya jika menggunakan platform ‘Hadirr’ ini.

Sistem kerja ‘Hadirr’ adalah menggunakan face recognition atau pengenalan wajah. Karyawan cukup selfie di depan kamera, lalu proses scanning segera berlangsung.

Demikian informasi mengenai cara membuat absensi online berbasis Android melalui aplikasi di web. Dengan semakin berkembangnya teknologi, orang-orang yang berbakat dalam bidang ini tidak segan untuk selalu menciptakan sesuatu yang baru.

Tanpa menutup mata, tidak dapat dipungkiri di tengah kesibukan pekerjaan kantor, para karyawan mayoritas memilih jalan yang praktis. Termasuk melakukan absensi secara online.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id