Umum

Apa Itu Insight Instagram dan Kegunaannya

272
×

Apa Itu Insight Instagram dan Kegunaannya

Sebarkan artikel ini

Apa Itu Insight Instagram

Apa Itu Insight Instagram dan Kegunaannya

Instagram diketahui sebagai salah satu media sosial yang digandrungi dengan beragam perkembangan fitur dari waktu ke waktu. Mungkin tidak semua orang paham dengan fitur yang ada, termasuk apa itu Insight Instagram dan manfaatnya bagi pengguna.

Sebenarnya fitur ini memang tidak diperuntukkan bagi semua pengguna dan lebih ditujukan untuk pelaku bisnis online. Berikut ini akan dijelaskan selengkapnya tentang apa itu Insight dan kegunaannya dalam mendukung kelangsungan bisnis online di Instagram.

Apa itu Insight Instagram

Setiap akun Instagram Business akan dilengkapi dengan fitur Insight yang tersedia di menu profil. Hanya saja untuk bisa mengaksesnya perlu langkah mengaktifkan sebagai Instagram Business terlebih dahulu dengan mengisi email, nomor ponsel, dan bidang usaha.

Keberadaan fitur Insight sebenarnya ditujukan untuk memberi informasi yang berkaitan followers dari suatu akun bisnis. Pebisnis bisa terbantu dalam mengenali siapa atau dari mana saja asal followers, serta kapan waktu followers cenderung aktif di Instagram.

Fitur ini akan menyediakan hasil evaluasi selama rentang waktu tertentu dan menyajikan data yang cukup detail. Insight terbagi menjadi beberapa tab menu dengan fungsi informasi yang berbeda yang diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal, sebagai berikut:

  • Interaction. Menampilkan jumlah interaksi yang terjadi selama seminggu dan menunjukkan hari apa saja yang tinggi engagement. Dengan demikian akan diketahui waktu yang tepat untuk melakukan promosi. 
  • Audience. Pada tab ini, data yang tersaji adalah berapa banyak followers baru dan yang unfollows. Dilengkapi dengan persentase top location dari followers, mulai dari negara sampai dengan kota-kota yang disebutkan sebagai detail. 
  • Content. Setiap konten yang telah diunggah akan dihitung jumlah interaksi yang diperoleh, baik post maupun story. Akan ada akumulasi jumlah likes, comments, shares, saves, dan story replies selama periode tertentu.
  • Discovery. Terdapat matriks untuk kebutuhan pemasaran, yang meliputi reach dan impression. Fungsinya untuk membandingkan pengunjung dan total impresi (seberapa banyak post dilihat orang).

Kegunaan Insight Instagram

Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu Insight Instagram, sebaiknya simak juga kelebihan dari fitur ini supaya bisa menggunakan dengan tepat. Tidak hanya untuk mengetahui informasi followers tetapi juga tentang upaya untuk mencapai tujuan bisnis online.

Berikut ini adalah sebagian manfaat yang dapat dirasakan oleh pelaku bisnis online yang menjalankan fitur Insight dalam mengenali pasar, di antaranya: 

  • Mengenal Audiens. Seperti yang disebutkan tadi bahwa Insight dapat memfasilitasi dalam mendapat informasi tentang audiens, baik followers atau bukan. Dengan Insight bisa tahu latar belakang orang-orang yang memberikan like atau sekadar melihat konten yang dibagikan selama ini.
  • Mengetahui Respons dan Interaksi. Dari beragam post, reels, dan story yang telah dibagikan, pebisnis bisa melihat respons yang diberikan audiens. Seperti apa tanggapan terhadap konten, apakah bisa menarik minat untuk merespon di komentar atau membagikannya ke teman lain.
  • Mengetahui Kebutuhan Audiens. Dengan mengenal audiens dari Insight, seseorang dapat mengetahui yang dibutuhkan oleh audiens dari apa yang disukai. Misalnya ketika membagikan berbagai konten bisa dilihat mana yang menarik minat banyak audiens maka kemungkinan itu adalah yang dibutuhkan.
  • Menentukan Strategi Tepat. Setelah mengenal dan mengetahui kebutuhan audiens, selanjutnya bisa digunakan sebagai dasar menentukan strategi pemasaran. Kelak bisa membagikan jenis-jenis konten yang sekiranya disukai oleh audiens berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh dan mempertimbangkan waktu posting yang tepat.   

Itulah penjelasan tentang apa itu Insight Instagram, beserta manfaat dan cara mengakses fitur tersebut di akun bisnis. Kelak dengan memanfaatkan fitur ini, pebisnis online bisa terbantu untuk meningkatkan engagement dan omzet bisnis online secara mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *