Trending

Sony Luncurkan PlayStation 5 dengan Versi Chip Baru

14
×

Sony Luncurkan PlayStation 5 dengan Versi Chip Baru

Sebarkan artikel ini

Sony Luncurkan PlayStation 5 dengan Versi Chip Baru

Sony Luncurkan PlayStation 5 dengan Versi Chip Baru

Sony akan membuat kejutan dalam waktu dekat ini. Kabarnya pabrikan game ini akan segera merilis PlayStation 5 dengan menyematkan chip baru CFI-1202. Model baru ini dinilai berbobot lebih ringan dibandingkan versi yang rilis tahun 2020 lalu yang dengan model CFI-1000.

Menurut info mesin PS5 chip baru CFI-1202 ini akan mengusung teknologi terbaru 6 nanometer yang akan dikerjakan oleh TSMC sebagai mitra Sony. Chip ini akan diberikan kode Oberon Plus sebagai salah satu teknologi terbaru yang akan diperkenalkan ke semua pecinta game dimana pun berada.

Karena memakai teknologi dari sebelumnya 7 nm ke versi 6 nm, sudah pasti chip yang digunakan nanti ukurannya 15% lebih kecil dibandingkan dengan versi PS5 sebelumnya. Jangan salah, meski berukuran lebih kecil, Sony menerangkan jika jumlah transistor yang dipakai akan meningkat 18,8% dari sebelumnya.

Pemakaian chip berukuran kecil ini bukan tanpa alasan. Pihak Sony ingin mengurangi daya pemakaian PS5 sehingga penggunaannya akan semakin hemat daya. Tidak hanya itu saja, PS5 versi baru ini juga akan semakin minim panas sehingga performanya akan tetap prima jika digunakan lama.

Sampai saat ini pihak Sony belum menegaskan mengenai harga yang akan dipatok dalam konsol baru mereka. Namun dalam perubahan versi baru ini, sudah pasti performa dan kinerja konso terbaru nanti akan lebih mumpuni dari versi sebelumnya.

Bobot Ringan dan Elegan

PlayStation 5 CFI-1202 standart edition memiliki bobot yang lebih ringan 13% dari versi sebelumnya. Jika ditimbang dari ukurannya, bobot PS5 keluar terbaru nanti hanya 600 gram atau 3,9 kg saja. Sedangkan di PS5 versi sebelumnya berbobot 4,5 kg.

Untuk PS5 tipe CFI-1202B, hanya memiliki bobot 500 gram atau 3,4 kg.  Hal ini tentu memiliki selisih yang cukup banyak dari versi sebelumnya yang berbobot 3,9 kg.

Untuk memperbarui tipe terbaru PS5 tersebut, dikabarkan pihak Sony telah menurunkan beberapa komponen untuk mengurangi bobotnya. Jika dibandingkan dari versi sebelumnya, pada komponen pipa pendinginnya nanti, ukurannya akan turun 16% dari versi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *