Trending

Qualcomm Hadirkan Chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 Dan Headset VR Quest Pro

6
×

Qualcomm Hadirkan Chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 Dan Headset VR Quest Pro

Sebarkan artikel ini
Chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1

Belum lama ini, Qualcomm telah meluncurkan chipset terbarunya yang diberi nama Snapdragon XR Plus Gen 1 dan bersamaan dengan hadirnya Headset Virtual Reality (VR) Quest Pro yang diluncurkan Meta.

Keunggulan dalam chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 memberikan proses gambar dengan larensi yang kurang dari 10 miilidetik yang mampu memaksimalkan konten Mixed Reality.

Bahkan, dengan rilisnya chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 dapat mengakomodasicideo 360 derajat yang berkualitas 8K dengan frame 60 fps.

Qualcomm menyampaikan bahwa chipset ini dilengkapi dengan teknologi pelacak kepala, tangan, dan pengendari perangkat atau yang sering disebut controller, rekonstruksi 3D, pemetaan ruang otomatis dan juga dilengkapi kerapatan piksel yang cukup tinggi.

Chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 merupakan pengembangan dari kesuksesan Qualcomm yang sukses meluncurkan XR Gen 1   pada tahun 2019 silam. Menurutnya, Snapdragon XR2 Plus Gen 1 memiliki perkembangan kinerja mencapai 30 persen serta memaksimalkan daya sampai 50 persen.

Qualcomm mengklaim bahwa beberapa vendor akan menghadirkan perangkat baru yang menggunakan chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 pada penutup tahun ini.

Jadi, selain pada Quest Pro keluaran Meta, Snapdragon XR2 Plus Gen 1 juga akan rilis pada perangkat lainnya dalam waktu dekat.

“Beberapa OEM telah berkomitmen untuk menghadirkan perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1 yang akan diresmikan akhir tahun 2022,” kata Qualcomm, dilansir situs resmi Qualcomm, Jumat (14/10/2022).

Controller Quest Pro Gunakan Snapdragon 662

Meski perangkat inti Quest Pro ini memakai chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1, pengendali perangkat atau controller-nya menggunakan chip Snapdragon 662. Chipset ini untuk membatu sejumlah tugas seperti gerakan pengguna atau bahkan melacak posisi.

Perusahaan semikonduktor ini juga mengklaim bahwa dengan dukungan chipset tersebut memberikan latensi yang cukup rendah ke headset. Untuk itu, komunikasi antara ontroller dengan headset VR Meta dapat berjalan dengan cepat.

Bukan hanya itu, Meta Quest Pro juga telah menggunakan RAM sebesar 12Gb, penyimpanan internall 236, hingga terdapat 10 sensor yang beresolusi tinggi. Terdapat lima sensor yang  berada didalam headset dan sisanya berada di luar perangkat untuk memberikan pengalaman yang lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *