Tips & Trik

Usb Tidak Terbaca di Hp? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

187
×

Usb Tidak Terbaca di Hp? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini

Usb Tidak Terbaca di Hp? Simak Cara Mengatasinya!

Usb tidak terbaca di hp sering menjadi permasalahan sebagian pengguna. USB ( universal serial bus ) merupakan perangkat keras yang memungkinkan dua perangkat untuk saling terhubung. Tidak hanya digunakan pada komputer, usb juga dapat digunakan pada hp.   

Biasanya usb digunakan untuk menghubungkan flashdisk dengan hp. Namun kendati demikian pengguna sering kali mengalami kendala dalam menggunakan usb.

Untuk mengetahui cara mengatasi usb yang tidak terbaca di hp penting untuk mengetahui penyebab terjadinya hal tersebut. Berikut merupakan penyebab usb tidak terbaca di hp.

Penyebab Usb Tidak Terbaca di Hp

Mengetahui penyebab dari usb tidak terbaca di hp sangat penting dilakukan sebab ini akan memandu pengguna untuk menentukan cara mengatasi yang sesuai.

  • Penyebab yang pertama yakni adanya kerusakan pada kabel usb. Kerusakan pada kabel ini dapat berupa adanya bagian dari kabel yang terkelupas ataupun terpelintir.
  • Kedua yakni fitur pada hp yang digunakan ternyata tidak mendukung penggunaan usb, sehingga sangat memungkinkan terjadinya permasalahan tersebut.
  • Ketiga yaitu flashdisk yang digunakan tidak mendukung fitur usb sehingga pada hp pun tidak terbaca. tidak semua flashdisk dapat menggunakan usb.
  • Terakhir yakni adanya bug yang terjadi pada hp pengguna. Bug ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, jadi penting untung memeriksa kondisi hp sebelum memasang usb. 

Cara Mengatasi Usb Tidak Terbaca di Hp

Setelah mengetahui penyebab dari terjadinya permasalahannya maka tentu dapat dilakukan upaya penyelesaiannya atau cara mengatasinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sangatlah mudah, berikut adalah cara yang mungkin dapat diterapkan oleh pengguna.

1. Melakukan Pengecekan pada Kabel Usb

Pengecekan pada kabel ini bertujuan untuk memastikan bahwa kabel usb yang dibeli dalam kondisi layak digunakan.

Pengecekan ini dapat dilakukan berupa pengecekan kondisi fisik dari kabel usb. Misalnya untuk mengetahui ada atau tidaknya partikel dari kabel yang rusak (putus /terpelintir).

Namun akan lebih baik lagi jika sebelum membeli dapat dicoba terlebih dahulu pada hp dan perangkat yang ingin disambungkan.

2. Mulai Ulang Hp (Restart Hp)

Apabila tidak terdapat permasalahan pada kabel usb, mungkin saja permasalahannya terdapat pada hp. Misalnya terjadi bug pada hp.

Untuk mengatasi bug pada hp dapat dilakukan dengan langkah yang sederhana yakni merestart hp yang digunakan, kemudian dicoba disambungkan kembali dengan kabel usb.

3. Upgrade Perangkat Lunak Pada Hp

Cara mengatasi berikutnya yakni dengan melakukan upgrade pada perangkat lunak di hp pengguna. Tujuan dari upgrade perangkat lunak ini agar fitur pada hp dapat menggunakan usb.

Besar kemungkinan bahwa terjadinya kendala berupa usb yang tidak terbaca di hp tersebut adalah karena hp yang digunakan tidak mendukung penggunaan usb, sehingga alangkah baiknya untuk di upgrade terlebih dahulu.

Setelah di upgrade, pengguna dapat mencoba menyambungkan kembali kabel usb pada hp dan perangkat luar yang ingin disambungkan.

4. Ganti Flashdisk Dengan Merk Lain

Apabila usb tetap tidak terbaca  pada hp maka padahal perangkat lunak pada hp telah diperbaharui, maka permasalah bisa saja terjadi pada flashdisk.

Tidak semua jenis flashdisk dapat tersambung dengan usb.  Solusinya adalah dengan mengganti flashdisk yang digunakan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi usb tidak terbaca di hp. Setiap pengguna tentu mengharapkan pengalaman yang menyenangkan dalam menggunakan usb. Maka dari itu penting untuk setiap pengguna agar bijak dan teliti dalam menggunakan usb sehingga memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *