Tips & Trik

6 Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Windows 10 Serta Cara Mengatasinya

29
×

6 Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Windows 10 Serta Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini

Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Windows 10 yang Perlu Diketahui

Pengguna laptop dengan tipe Windows 10 pasti pernah mengalami tiba-tiba touchpad laptop tidak berfungsi Windows 10. Tentunya hal tersebut akan membuat aktivitas di laptop menjadi terganggu. Semua itu, pasti ada penyebabnya dan tentunya ada cara untuk mengatasinya. Ikuti penjelasan lengkapnya: 

1. Adanya Serangan Virus

Penyebab yang pertama yaitu bisa karena virus yang masuk ke dalam laptop tersebut. Virus yang masuk bisa membuat sistem pada laptop tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Bisa juga menyerang pada bagian touchpad ini, sehingga komponen tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan sebuah antivirus. Terdapat berbagai antivirus yang dapat dimanfaatkan. Tinggal di sesuaikan saja dengan yang paling cocok dengan laptop tersebut. Penggunaan aplikasi ini, akan membuat virus enggan untuk kembali ke laptop tersebut.

2. Sistem Operasi Yang Baru

Touchpad laptop tidak berfungsi Windows 10 bisa juga disebabkan adanya sistem operasi yang baru. Biasanya hal tersebut dikarenakan laptop tersebut baru dilakukan install ulang. Jadi, sistem operasi juga akan tergantikan dengan yang baru. Hal tersebut, juga akan berpengaruh terhadap kinerja touchpad.

Solusinya yaitu pengguna harus melakukan register baru terhadap sistem touchpad tersebut. Bisa juga dengan melakukan install ulang kembali. Cara tersebut bisa digunakan jika sistem operasinya rusak setelah dilakukan install ulang yang pertama. Jadi, pengguna bisa menggunakan dua metode tersebut.

3. Driver Touchpad Belum Diperbarui

Untuk penyebab yang selanjutnya yaitu bisa karena driver touchpad pada laptop tersebut belum diperbarui. Driver yang jarang diperbarui, akan membuat sistem kerjanya juga berpengaruh. Jadi, pastikan untuk selalu rajin memperbarui driver pada touchpad laptop.

Biasanya cara untuk memperbaikinya sangat mudah. Pengguna tinggal masuk ke dalam menu pengaturan di touchpad tersebut, lalu tinggal klik fitur “Update Driver”. Tetapi, biasanya akan selalu muncul notifikasi bila driver tersebut jarang diperbarui.

4. Touchpad Belum Aktif

Ternyata hal sederhana ini juga bisa terjadi, apalagi bagi yang tidak pernah mengecek keadaan laptopnya. Banyak yang belum mengaktifkan sistem touchpad pada laptopnya, jadi sistem tersebut tidak bisa berfungsi. Jadi, pastikan bahwa sistem tersebut sudah diaktifkan sebelumnya.

Cara untuk mengaktifkannya juga sangat mudah. Pengguna tinggal pergi ke menu pengaturan touchpad. Setelah itu pastikan tombol bulat sudah bergeser ke arah kanan atau bisa juga sudah berwarna biru. Apabila sudah, maka touchpad sudah aktif dan dapat digunakan kembali.

5. Penggunaan Mouse

Banyak juga pengguna Windows 10 yang lebih memilih menggunakan mouse dibandingkan touchpad. Karena, memang lebih mudah digunakan dan juga tidak licin. Namun, hal tersebut bisa membuat touchpad menjadi tidak berfungsi lagi dengan baik.

Sebaiknya, jangan selalu menempelkan mouse ke dalam laptop. Gunakan hanya saat sedang dibutuhkan saja. Karena, jika terus menempel pada laptop akan membuat sistem touchpad menjadi tidak bisa bekerja dengan optimal. Jadi, pengguna juga harus memperhatikan hal sederhana ini.

6. Lakukan Servis Touchpad

Apabila metode di atas sudah dilakukan namun touchpad masih belum berfungsi, maka cara paling ampuh yaitu dengan melakukan servis. Pengguna bisa servis bagian tersebut ke orang yang lebih professional. Jangan lakukan sendiri di rumah, karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Itulah berbagai cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi Windows 10 dengan gampang. Pengguna bisa menggunakan salah satu metode yang paling sesuai. Namun, pastikan untuk melihat keadaan dari laptop tersebut juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *