Tips & Trik

Kenali 5 Penyebab Tidak Bisa Memutar Video Youtube Di Android

5
×

Kenali 5 Penyebab Tidak Bisa Memutar Video Youtube Di Android

Sebarkan artikel ini

Tidak Bisa Memutar Video Youtube Di Android? Ini Penyebabnya

Permasalahan yang kerap terjadi saat menggunakan Youtube yakni tidak bisa memutar video Youtube di Android. Jangan panik, karena hal ini bisa saja terjadi karena bug pada aplikasi tersebut dan akan kembali normal beberapa waktu kemudian. Selanjutnya apabila masalah tersebut sudah berlangsung lama maka perlu dikenali dahulu penyebabnya.

Mengenali terlebih dahulu penyebabnya akan mempermudah dalam menemukan cara untuk mengatasi permasalahannya. Selain itu juga akan mempermudah langkah selanjutnya yang akan dilakukan. Simak uraian berikut ini untuk penjelasan lebih lanjutnya:

1. Plugin Flash Ternyata Tidak Terinstall

Plugin flash ini berkaitan dengan bawaan sebuah aplikasi yang terpasang. Akibatnya apabila plugin ini tidak terpasang maka aplikasi yang bersangkutan juga tidak bisa untuk dijalankan dan digunakan. Untuk mengatasinya pastikan plugin telah terinstall dengan baik.

Langkah yang dilakukan yakni dengan cara membuka browser pada HP tersebut untuk mengetahui prosesnya. Apabila tidak ada perubahan bisa jadi plugin belum terinstal di dalam HP tersebut. Selain itu bisa juga kualitas sistem operasi HP belum memadai.

2. Aplikasi Youtube Yang Belum Diupdate

Aplikasi Youtube yang belum di update dapat menyebabkan video didalamnya tidak bisa diputar. Hal tersebut memang ada pengaruhnya, karena aplikasi Youtube perlu dilakukan pengupdatean didalamnya. Solusi yang dapat dilakukan yakni dengan upgrade aplikasi pada Play Store.

Setelah itu lakukan restart pada HP yang digunakan dan tunggu sampai proses pengaktifan kembali. Kemudian coba jalankan kembali aplikasi Youtube untuk mencoba apakah ada perubahan atau tidak. Apabila proses berhasil maka video akan bisa ditonton seperti sedia kala.

3. Koneksi Internet Tidak Berjalan

Penyebab tidak bisa memutar video Youtube di Android bisa terjadi karena koneksi yang tidak lancar. Penggunaan data maupun wifi yang lemot akan mempengaruhi kualitas video di Youtube. Apabila mengalami video yang tidak bisa dibuka maka coba pastikan koneksi yang digunakan.

Apabila koneksi tidak lancar maka bisa menyebabkan video tidak bisa dibuka. Hal tersebut dikarenakan aplikasi Youtube ini memerlukan koneksi internet yang memadai dalam penggunaannya. Hal tersebut tentunya butuh koneksi internet yang lancar.

4. Data Cache Aplikasi Menumpuk

Cache ini bisa menyebabkan video Youtube tidak bisa diputar, karena akan menghambat proses penggunaan aplikasi tersebut. Akibatnya aplikasi Youtube tidak bisa memutar video di dalamnya. Pada dasarnya setiap aplikasi memang akan menghasilkan cache saat proses penggunaan aplikasi tersebut.

Namun apabila porsi cache tersebut terus menumpuk dan semakin hari semakin bertambah maka akan menghambat tentunya. Hal tersebut tentunya cache tersebut harus dibersihkan agar tidak menyebabkan aplikasi terhambat. Selanjutnya Youtube akan bisa kembali memutar video.

5. Video Yang Di Buka Berstatus Private

Bagi video yang statusnya private maka akan tidak bisa dibuka oleh siapapun selain pengunggah video tersebut. Maka dari itu, pastikan video yang akan dibuka tersebut buka termasuk video private. Sehingga untuk mengatasinya maka bisa meminta akses pada pengunggah video tersebut untuk menonton.

Video private memang harus dapat izin dahulu untuk menonton. Selain itu biasanya dikhususkan bagi pengguna premium atau berlangganan. Bagi pengguna Youtube umum maka tidak bisa mengakses video yang diprivate ini.

Demikian uraian terkait dengan penyebab tidak bisa memutar video Youtube di Android yang biasanya terjadi. Beberapa penyebab ini bisa saja tidak sama, tergantung permasalahan dasarnya. Selain itu dengan mengetahui penyebabnya akan mudah dicari solusi apa yang akan dilakukan untuk mengatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *