Tips & Trik

Penyebab Dan Cara Atasi Suara Keluar Dari Speaker Dan Headset Sekaligus Android Dalam Sekejap

841
×

Penyebab Dan Cara Atasi Suara Keluar Dari Speaker Dan Headset Sekaligus Android Dalam Sekejap

Sebarkan artikel ini

Suara Keluar Dari Speaker Dan Headset Sekaligus Android, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Keadaan yang sangat tidak menyenangkan bila suara keluar dari speaker dan headset sekaligus Android. Pada kondisi yang satu ini, pengguna Android pasti akan merasa sangat tidak nyaman dan merasa terganggu. Oleh karena itu, hal ini haruslah secepatnya menemui titik terang atau solusi.

Sebagian orang mungkin akan menyerah dan membeli headset yang baru. Akan tetapi, membeli headset yang baru bukanlah solusi yang hemat dan cermat untuk masalah ini. Ada beberapa solusi yang bisa dicoba sebagai langkah mengatasinya dengan mudah dan hanya dalam waktu yang singkat tanpa membeli baru.

Penyebab Speaker dan Headset Berfungsi Mengeluarkan Suara Secara Bersamaan

Terdapat banyak hal yang menjadi penyebab suara keluar dari speaker dan headset sekaligus Android. penyebab tersebut bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal atau perangkat yang digunakan. Dalam hal ini berikut adalah penyebab yang mungkin menjadi alasan masalah ini terjadi di Android:

1. Rusaknya Lubang Salah Satu Headset

Headset memiliki dua lubang suara yakni kanan dan kiri. Secara normal, keduanya akan mengeluarkan suara yang sama secara bersamaan pula saat digunakan di Android. Akan tetapi, jika salah satu saluran headset tersebut mengalami kerusakan, maka akan menimbulkan suara keluar melalui speaker.

2. Pengaturan Keluarnya Suara

Selain faktor eksternal yang berasal dari kerusakan headset, penyebab yang juga mungkin adalah salahnya pengaturan keluarnya suara. Saat menggunakan headset pada HP Android, pengguna perlu menyesuaikan setingan pada Android.

Setingan yang dimaksud adalah setingan dari manakah suara akan dikeluarkan. Jika pengguna mengatur suara dapat keluar dari dua sumber, maka terjadilah suara keluar dari speaker dan headset sekaligus Android. Oleh karena itu, aturlah suara hanya bisa keluar melalui headset saat sedang menggunakannya.

Cara Mengatasi Suara Yang Keluar Dari Dua Sumber Sekaligus

Berdasarkan penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya, cara untuk mengatasinya juga haruslah sesuai dengan penyebabnya. Hal ini dilakukan agar pengguna tetap merasa nyaman saat menggunakan headset dan tidak terganggu. Berikut ini adalah cara mengatasinya:

1. Menggunakan Aplikasi Lesser Audio

Aplikasi lesser audio merupakan pihak ketiga yang bisa membantu pengguna untuk mengatasi suara keluar dari speaker dan headset sekaligus Android. Pada aplikasi ini, pengguna bisa mengatur sumber suara manakah yang ingin diaktifkan.

Jika sedang menggunakan headset, maka lebih baik jika sumber suara dialirkan hanya pada headset. Sebaliknya, jika tidak menggunakannya, maka sumber suara bisa dialihkan pada speaker Android. Aplikasi ini juga bisa didapatkan dengan mudah pada playstore secara cuma-cuma.

2. Menggunakan Pengaturan Bawaan Android

Selain menggunakan pihak ketiga dari aplikasi lesser audio, pengguna juga bisa menggunakan pengaturan bawaan dari Android masing-masing. Pengaturan ini memiliki fungsi untuk mengkhususkan sumber keluarnya suara pada Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

3. Menggunakan Aplikasi Volume Control

Aplikasi volume control memiliki fungsi yang sama dengan lesser audio. Berlaku sebagai pihak ketiga pula, control audio bisa membantu pengguna untuk mengatur suara dan sumber keluarnya suara di Android tanpa kesulitan.

Selain itu, penggunaan aplikasi tambahan seperti ini dinilai lebih mudah daripada mengatur secara mandiri menggunakan pengaturan bawaan. Mudah dan tentu saja lebih cepat dan bisa diunduh secara gratis.

Demikian ulasan terkait penyebab dan solusi dari suara keluar dari speaker dan headset sekaligus Android. Masalah apapun yang dialami Android bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. Bagi pemula solusi ini sangat bisa untuk dicoba tanpa dipungut biaya apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *