Tips & Trik

Ini 3 Penyebab Volume HP Naik Turun Sendiri Dan Cara Mengatasinya!

35
×

Ini 3 Penyebab Volume HP Naik Turun Sendiri Dan Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini

Penyebab Volume HP Naik Turun Sendiri Serta Cara Memmperbaikinya

Akan menjadi menyebalkan memang rasanya jika salah satu fitur pendukung ponsel tiba-tiba saja menjadi bermasalah saat digunakan termasuk tombol volume. Banyak pengguna yang mencari tahu penyebab volume hp naik turun sendiri karena memang permasalahan ini menjadi yang paling umum terjadi.  

Biasanya pengguna ponsel di berbagai kalangan sekarang ini memang sangat membutuhkan tombol volume yang mudah diatur untuk pemutaran media. Pengguna perlu mengetahui apa penyebab dari volume hp yang naik turun sendiri dan bagaimana cara mengatasi permasalahan yang satu ini. 

Penyebab Volume Naik Turun Sendiri

Memang terdapat beberapa penyebab dari permasalahan yang sering dirasakan pengguna ponsel karena sistem volume yang error. Sementara kehadiran tombol volume ini nyatanya sangat dibutuhkan untuk beberapa kebutuhan yang berhubungan dengan media. 

1. Tombol Volume Tersumbat

Kebersihan ponsel memang harus selalu diperhatikan terutama dari partikel kecil yang sekiranya dapat menjadi penyumbat beberapa rongga kecil ponsel. Sumbatan yang terdapat dan terjadi pada ponsel tentu saja dapat menjadi pengaruh sendiri dalam kinerja ponsel. 

Termasuk dalam kinerja volume yang bisa terganggu karena tersumbat debu atau partikel lainnya karena rongga pada tombol tersebut sangat kecil. Sehingga sering melakukan pembersihan pada ponsel secara keseluruhan dapat dilakukan untuk mencegah menurunnya kinerja ponsel karena adanya sumbatan. 

2. Ponsel Mengalami Benturan

Perangkat yang terbentur sudah pasti mempengaruhi kinerja dari jalannya operasi ponsel, termasuk dengan rusaknya kontrol volume tanpa dimainkan. Sehingga penyebab volume hp naik turun sendiri juga dapat disebabkan karena ponsel yang sudah hampir rusak.

Kerusakan internal lainnya juga bisa saja terjadi karena adanya benturan yang terlalu keras atau ponsel yang sering terjatuh. Pengguna dapat lebih memperhatikan kondisi hp dan menjaganya agar tidak selalu mengalami benturan yang dapat merusak bagian inti lainnya. 

3. Terlalu Keras Menekan Tombol Volume

Terkadang memang tidak sadar rasanya ketika pengguna menekan tombol volume yang umumnya berada di sisi samping ponsel. Terlalu keras dalam menekan tombol ini juga menjadi salah satu penyebabnya karena tombol yang menjadi tidak rata. 

Karena kondisi tombol yang tidak rata inilah menjadikan volume hp naik turun sendiri dan hilang kendali. Sehingga pengguna dapat  lebih cermat bagaimana menekan tombol volume agar tidak mudah rusak yaitu dengan tidak terlalu menekannya dengan keras.

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri

Selain adanya penyebab yang sudah dijelaskan, maka terdapat juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Terdapat beberapa cara yang memungkinkan pengguna untuk membenarkannya sendiri tanpa perlu ke tukang service seperti yang akan dijelaskan berikut ini. 

  • Restart Ponsel. Lakukan cara ini jika dirasa tombol volume ponsel menjadi naik turun sendiri karena sistem operasi dari dalam yang bermasalah. Pengguna dapat merestart ponsel untuk beberapa didiamkan beberapa saat sebelum akhirnya dinyalakan kembali. 
  • Reset Ponsel Ke Pengaturan Awal. Dengan mereset ponsel menjadi seperti awal pembelian juga akan mempermudah hp jika tombol volume sudah hilang kendali. Cadangkan beberapa file yang dianggap penting pada perangkat lain sebelum melakukan cara yang satu ini.  
  • Install Aplikasi Kontrol Volume. Bantuan dari aplikasi pihak ketiga juga dianggap cukup membantu mengatasi volume hp naik turun sendiri yang belum berhasil ditangani. Pengguna dapat mengunduhnya pada laman google play store dan mengaktifkannya untuk mengatasi volume yang bergerak sendiri. 

Demikian pemberitahuan mengenai penyebab volume hp naik turun sendiri dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar bisa ditiru pengguna. Selalu mengecek bagaimana kondisi hp juga rasanya sangat diperlukan mengingat perangkat ini paling dibutuhkan untuk kepentingan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *