Tips & Trik

Penyebab Token Listrik Gagal Paling Sering Terjadi

8
×

Penyebab Token Listrik Gagal Paling Sering Terjadi

Sebarkan artikel ini

Penyebab Token Listrik Gagal yang Harus Diketahui

Token listrik gagal sudah terbiasa terjadi sehingga bukan hal yang tabu lagi. Penyebab token listrik gagal pun bermacam-macam sehingga harus dikenali satu per satunya. Supaya tidak salah dalam mendeteksi, berikut beberapa penyebabnya yang mungkin saja terjadi.

1. Server Error dari Pusatnya Langsung

Pada setiap meteran digital PLN, terdapat ID unik beserta dengan nomor meterannya yang terhubung langsung dengan server PLN. Kasus yang sering terjadi yaitu server mengalami error dari pusatnya sehingga pengisian token pun secara otomatis akan mengalami kegagalan.

Cara mengatasi masalah ini yaitu menunggu sampai perbaikannya selesai dilakukan oleh pengguna supaya meteran kembali normal. Apabila sudah mulai normal, silahkan masukkan kembali token listriknya pada meteran yang tersedia.

Pengguna juga tidak boleh salah dalam order ID meter karen setiap pelanggan sudah memiliki ID meer yang unik beserta tokennya yang sudah dibeli. Apabila salah dalam melakukan pembelian dan sudah dimasukkan, maka token pun tidak akan masuk ke bagian ID meternya.

2. Instalasi Listrik Yang Buruk

Pemasangan instalasi listrik yang buruk sangat membahayakan sekali karena mampu menyebabkan korsleting listrik dan kegagalan dalam memasukkan kode token listrik. Biasanya instalasi listrik yang buruk akan menimbulkan beberapa tanda sehingga bisa dikenali dengan baik.

Segera undang petugas PLN yang paling dekat untuk meminta bantuan guna memperbaiki instalasi listrik tersebut. keamanan dalam menggunakan listrik pun perlu dilakukan supaya tidak membahayakan keselamatan penghuni rumah yang tinggal di dalamnya,

Poin keamanan yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan kabel yang sesuai, alat listrik yang sesuai standar SNI, pemasangan grounding yang baik, dan lainnya. Apabila sudah sesuai dengan komponen tersebut, maka dijamin akan aman terkendali.

3. Ada Masalah Pada Meteran Listrik

Penyebab token listrik gagal selanjutnya yaitu dipengaruhi oleh meteran listrik yang bermasalah. Contoh kasusnya adalah meteran terblokir karena salah dalam memasukkan kode token listriknya. Berhati-hatilah dalam memasukkan token tersebut karena 3 kali pengulangan akan terblokir otomatis.

Supaya aman, silahkan masukkan kode tokennya dengan benar. Lihatlah pada kode token yang ada di struk pembelian secara jeli supaya tidak salah angkanya. Segera hubungi pihak PLN yang paling dekat apabila kode tokennya terblokir atau hubungi contact center 123.

4. KwH Over Limit

Ini dia penyebab yang jarang disadari oleh pengguna listrik. KwH memiliki batasan maksimal dalam 1 bulannya sehingga pengisiannya tidak boleh melebihi batas normal. Apabila sudah melebihi, maka token PLN akan mengalami kegagalan ketika dimasukkan.

Peraturan pembatasan KwH ini diterapkan supaya setiap pengguna tidak boros dalam pemakaian listrik untuk 1 bulannya. Untuk itu penting sekali dalam menggunakan listrik sesuai dengan batasan yang telah ditentukan oleh pihak yang berwenang.

5. Meter Prabayar Error

Adanya eror pada bagian meteran listrik prabayar bisa dideteksi dengan mudah dengan cara melihat pada bagian layar meterannya. Apabila terdapat tulisan telapak tangan, blocked, cancel, periksa, dan bahkan layarnya mati maka tandanya listrik mengalami masalah serius.

Segera hubungi pihak PLN dengan memanggil 123 serta menjelaskan kondisi yang ada pada layar tersebut. Apabila tidak segera dilakukan tindakan, maka token listrik tidak akan bisa diisi oleh siapapun karena ada masalah yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

itulah penyebab token listrik gagal yang perlu diwaspadai oleh penggunanya. Pastikan mengetahui terlebih dahulu penyebab tersebut agar bisa melakukan tindak lanjut apabila ada masalah yang serius. Pihak PLN pun siap membantu dengan senang  hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *