Tips & Trik

Berikut 5 Penyebab TikTok Tidak FYP yang Perlu Diketahui!

6
×

Berikut 5 Penyebab TikTok Tidak FYP yang Perlu Diketahui!

Sebarkan artikel ini

Apa Penyebab TikTok Tidak FYP? Ini Jawabannya

Sebagai aplikasi berbasis video, terdapat istilah FYP atau For You Page di TikTok untuk menandai algoritma aplikasi ini melalui munculnya konten video pada pengguna lain. Karenanya konten kreator perlu mengetahui penyebab TikTok tidak FYP agar dapat meraih audiens yang diinginkan.

Konten kreator di TikTok terkenal akan mudahnya algoritma untuk viral atau terkenal secara masif di kalangan penggunanya. Sebuah konten yang susah untuk FYP dapat disebabkan oleh berbagai hal. Adapun penyebabnya antara lain adalah:

1. Tidak Menerapkan Algoritma TikTok

Hal terpenting dari suksesnya konten kreator untuk FYP adalah memahami algoritma yang berlaku di TikTok. Pasalnya, algoritma dalam aplikasi tersebut dapat berganti-ganti baik dalam hitungan jam maupun hitungan hari. Oleh karena itu, penting untuk mengenali algoritma konten yang tengah hangat.

Pada dasarnya, algoritma dalam TikTok mengacu pada hashtag dan pilihan lagu yang digunakan sebagai latar video. Ini menjadi penentu utama apakah konten TikTok dapat FYP atau tidak. Sementara itu, pengguna juga perlu memperhatikan kualitas dan interaksi yang terjadi pada video.

2. Kurang Menggunakan Hashtag yang Trending

Seperti yang sudah disinggung di atas, hashtag menjadi tolok ukur dalam viralnya konten TikTok. Jadi, perlu diketahui bahwa penggunaan hashtag dalam video penting agar konten dapat meraih audiens sebanyak-banyaknya. Peran hashtag adalah dapat membantu pengguna menemukan kata kunci pada konten.

Kunci lain dari penggunaan hashtag adalah riset terlebih dahulu sebelum membuat konten. Contohnya, konten kreator dapat mencari tahu mengenai tren atau challenge yang viral di TikTok sebelum akhirnya mengunggah video dengan hashtag #TikTokChallenge. Tentu saja, ini akan meningkatkan engagement konten.

3. Kurang Mengikuti Tren yang Berlangsung

Penyebab TikTok tidak FYP  berikutnya adalah karena konten kreator tidak update terhadap tren. Ikut dengan tren dapat membantu konten kreator untuk mudah dikenal oleh pengguna lain. Terlebih apabila tren yang berlaku benar-benar sedang banyak dicari masyarakat.

Mengikuti tren juga dapat membuat konten kreator populer dengan instan karena pada umumnya pengguna TikTok menyukai hal-hal yang viral. Bahkan, khusus pada konten yang mengandung sensasi yang mampu menarik pengguna. 

4. Konten Masih Main-stream

Perlu diketahui bahwa ciri khas dari tiap konten kreator dapat menjadi pemicu agar akun dapat dikenal dengan mudah. Maka dari itu, penting untuk memiliki personal branding yang identik dengan konten-konten yang khas dan berbeda dari yang lain.

Isi konten pun juga tidak boleh mainstream, memiliki tagline tertentu dan memiliki gaya yang berbeda. Ini akan memudahkan pengguna lain untuk membedakan branding dari satu akun ke akun lain yang ada di TikTok.

5. Konten Tidak Menarik

Sebenarnya, alasan paling umum mengapa TikTok tidak FYP dengan mudah adalah terdapat banyak akun yang lebih menarik dari segi konten. Terlebih apabila kompetitor memiliki konten yang rajin membuat penasaran pengguna lain.

Trik paling umum untuk menarik pengguna TikTok adalah menggunakan tampilan audio-visual yang menyita perhatian di detik-detik awal. Hal ini akan memacu rasa penasaran pengguna untuk menonton video hingga habis sehingga ke depannya, akun TikTok akan mudah FYP secara masif .

Itulah 5 penyebab TikTok tidak FYP yang patut diketahui oleh pengguna dan konten kreator TikTok. Sejatinya, konten kreator yang mampu menciptakan branding sekaligus konten yang berbeda dari pengguna lain adalah poin plus untuk dapat terus FYP dan dikenal oleh publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *