Tips & Trik

7 Penyebab Playstore Tidak Bisa Dibuka Beserta Cara Memperbaikinya

5
×

7 Penyebab Playstore Tidak Bisa Dibuka Beserta Cara Memperbaikinya

Sebarkan artikel ini

Penyebab Playstore Tidak Bisa Dibuka yang Harus Diketahui

Play Store sebagai aplikasi default Google memegang peranan penting bagi setiap perangkat Android. Aplikasi tersebut berfungsi untuk membeli, mengunduh, memperbarui, dan mencopot aplikasi lain. Pengguna perlu mewaspadai apa saja penyebab Playstore tidak bisa dibuka, yang berpotensi mengganggu kinerja perangkat.

Pastikan Play Store berfungsi dengan baik untuk dapat menikmati berbagai hiburan seperti: buku, film & acara tv, musik, serta aplikasi & permainan. Namun jika suatu saat aplikasi tersebut bermasalah, maka jangan panik. Berikut 7 penyebab Playstore tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya:

1. Belum Terhubung dengan Akun Google

Play Store merupakan marketplace digital perusahaan Google. Sehingga dalam penggunaannya yang paling utama, tentu saja pengguna harus memiliki akun Google terlebih dulu, lalu menghubungkannya dengan Play Store. Pada tahap ini biasanya akan dilakukan verifikasi Gmail dan password.

2. Waktu dan Tanggal Belum Sesuai

Perangkat android memiliki sistem kerja yang tersinkronisasi antara satu dengan lainnya. Sehingga salah satu penyebab Playstore tidak bisa dibuka bisa jadi karena ketidaksesuaian waktu dan tanggal di perangkat dengan kondisi sebenarnya. Kondisi tersebut dapat terjadi pada perangkat yang baru dibeli, tiba-tiba mati daya, lepas baterai, atau sedang dilakukan reset ulang.

Untuk melakukan pengecekan, buka menu ‘Pengaturan’, pilih ‘Waktu dan Tanggal’ lalu buat agar menyesuaikan dengan ‘Zona Waktu’ secara otomatis.

3. Aplikasi Play Store Belum atau Sedang Diperbarui

Terkadang penyebab Playstore tidak bisa dibuka yaitu karena aplikasi tersebut belum diperbarui. Segera tekan ‘Play Store Version’ pada menu ‘Setting’ pada Play Store untuk melakukan pembaruan secara otomatis. Jika aplikasi sudah menggunakan versi terbaru maka muncul informasi : ‘Google Play Store sudah diperbarui’.

Play Store juga dapat mengalami pembaruan secara otomatis dari Google, sehingga mengakibatkan aplikasi berhenti sesaat. Jika menemui kendala tersebut, maka lakukan langkah berikut:

  • Masuk menu ‘Setting’, pilih ‘Aplikasi/Notifikasi’, lalu tekan ‘Google Play Store’.
  • Pilih ‘Paksa Berhenti’ atau ‘Copot Pembaruan’.
  • Kembali buka aplikasi Play Store

4. Terjadi Error pada Perangkat yang Digunakan

Ada kalanya setiap perangkat mengalami gangguan teknis. Jika hal ini menjadi salah satu penyebab Playstore tidak bisa dibuka, maka segera Restart perangkat terkait. Setelah berhasil dimulai ulang (Restart), kembali buka aplikasi Play Store.

5. Google Play Service Penuh Cache dan Data

Google Play Service (GPS) tersinkronisasi dengan aplikasi Google lain dalam perangkat. Jika GPS penuh akan cache dan data, maka secara otomatis akan mempengaruhi kinerja aplikasi Play Store juga. Untuk memperbaikinya, lakukan langkah berikut :

  • Masuk menu ‘Setting’, pilih ‘Apps/Apps Management, klik ‘Google Play Service’.
  • Cari ‘Storage’, lalu tekan ‘Clear Cache’, lalu klik ‘Clear Data’.
  • Mulai ulang (restart) perangkat, lalu masuk kembali ke aplikasi Play Store.

6. RAM Sudah Penuh

RAM sebagai memori penyimpanan sementara pada perangkat android memiliki intensitas penggunaan yang tinggi dan suatu saat memorinya pun dapat penuh. Supaya Play Store dapat berjalan lancar, pastikan terdapat cukup ruang pada RAM sebagai berikut :

  • Buka menu ‘Setting’, pilih ‘Manage Apps’, lalu pilih ‘All’.
  • Buka seluruh aplikasi dan lakukan ‘Clear Data’ pada masing-masing aplikasi.
  • Kembali buka aplikasi Play Store.

7. Gangguan pada Akun Google

Ada kemungkinan terjadi gangguan pada akun Google yang terhubung dengan Play Store. Solusinya yaitu dengan menghapus akun awal, kemudian sinkronisasikan ulang dengan akun semula, atau menggantinya dengan akun lain.

Demikian 7 penyebab Playstore tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Jika sewaktu-waktu pengguna menghadapi kendala saat menggunakan perangkat berbasis android, usahakan tetap tenang. Jika belum berhasil juga, pengguna boleh melakukan cara terakhir yaitu dengan factory reset

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *