Tips & Trik

Inilah Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk dan Cara Mengatasinya!

65
×

Inilah Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk dan Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini

3 Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk

Sering terdapat masalah di tengah masyarakat di mana pengguna Telkomsel mengeluh mengenai kuota yang tidak masuk. Kendati telah mengisi berulang kali, tidak ada jaringan internet yang dapat diakses oleh pengguna. Lalu, apa penyebab kuota Telkomsel tidak masuk yang perlu diketahui?

Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk

Salah memasukkan kuota dapat menjadi alasan mengapa kuota tidak masuk di nomor Telkomsel pengguna. Selain penting untuk teliti dalam mengisi paket data yang akan dipilih, pengguna juga harus mengecek secara berkala aplikasi SMS untuk konfirmasi pemberitahuan pengisian kuota yang masuk.

Di samping itu, penting juga bagi pengguna untuk memastikan bahwa lokasi di mana pengguna berada memiliki coverage yang bagus untuk sinyal. Ruangan seperti area tertutup dan stasiun bawah tanah cenderung memiliki sinyal yang jelek karena kurangnya tempat terbuka untuk sinyal.

Terdapat kemungkinan juga bahwa kartu Telkomsel yang digunakan sudah habis masa aktifnya. Ini dapat menjadi salah satu alasan kuota tidak masuk ke dalam nomor pengguna. Pasalnya, pengguna harus selalu mengecek secara berkala untuk melihat status kartu di masa tenggang atau aktif.

Penyebab selanjutnya adalah kendala teknis dari pihak Telkomsel sendiri. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan ada permasalahan dari pusat Telkomsel yang membuat penyedia layanan mengalami hambatan. Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena ini sesegera mungkin akan ditangani oleh pihak Telkomsel.

Terakhir, kesalahan dari layanan *363# dapat menjadi alasan mengapa kuota tidak masuk, tetapi pulsa sebagai pembayaran terus terpotong. Tenang, hal ini dapat diatasi dengan membeli kuota di aplikasi seperti Tokopedia atau Ovo untuk meminimalisasi terpotongnya saldo pulsa.

Ini Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui penyebab kuota Telkomsel tidak masuk, pengguna perlu memahami bagaimana cara untuk mengatasinya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pindah lokasi. Lokasi menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengoperasikan jaringan internet. Tempat yang memiliki sinyal stabil adalah tempat strategis yang tidak tertutup sehingga tidak menghalau sinyal yang masuk. Pengguna harus segera berpindah dari lokasi tertutup tersebut.
  • Uji sinyal melalui Chrome. Aplikasi Chrome dapat dimanfaatkan untuk menguji sinyal yang ditangkap oleh perangkat pengguna. Hanya dengan mengetikkan kata acak di kolom pencarian, Chrome akan memberi tahu kondisi jaringan yang ada. Apabila dilakukan secara berkala, jaringan akan masuk ketika kuota sudah aktif.
  • Registrasi kartu. Terkadang pengguna lupa apakah kartu Telkomsel yang sudah digunakan sudah terdaftar atau belum. Datang langsung ke Grapari terdekat dapat menjadi solusi agar menemukan jawaban mengapa kuota tidak masuk. Proses registrasi akan dibantu oleh pegawai dari Grapari tersebut.
  • Restart Koneksi Internet. Muat ulang jaringan dengan mengaktifkan mode pesawat yang terdapat di perangkat beberapa saat. Lalu, matikan kembali agar jaringan data seluler dapat kembali bekerja. Langkah ini dapat menjadi pemicu agar kuota dapat segera aktif.
  • Gunakan fungsi APN Setting. Cara manual terakhir yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan fungsi pengaturan APN di perangkat. Biasanya APN dapat ditemukan di menu Pengaturan baik perangkat Android maupun iOS. Isi kolom APN dengan kata “Internet” untuk mengaturnya.

Demikian ulasan mengenai penyebab kuota Telkomsel tidak masuk dan cara mudah untuk mengatasinya. Sejatinya, pengguna hanya perlu memastikan bahwa tidak terdapat kesalahan baik dari nomor yang digunakan atau kuota internet yang dibeli. Jika terdapat kendala, pengguna harus segera melapor ke Grapari terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *