Tips & Trik

5 Penyebab Hp Lemot Dan Macet Yang Paling Umum

×

5 Penyebab Hp Lemot Dan Macet Yang Paling Umum

Sebarkan artikel ini

Penyebab Hp Lemot Dan Macet yang Harus Diketahui

penyebab hp lemot dan macet

Memiliki ponsel yang lemot atau macet saat digunakan merupakan penyebab kekesalan sendiri untuk beberapa pengguna. Maka dari itu, penyebab Hp lemot dan macet harus diketahui. Setidaknya, agar pengguna bisa mengambil langkah penyelesaian masalah yang tepat.

Secara dasar, ada banyak penyebab Hp menjadi lemot atau macet. Bahkan beberapa penyebab kerusakan utama ada yang memecah menjadi spesifikasi spesifikasi lebih kecil. Namun untuk singkatnya, berikut ini penyebab Hp jadi lemot dan macet: 

1. Penuhnya Cache

Penyebab pertama dari Hp yang bisa lemot dan macet adalah penuhnya cache yang menumpuk pada ponsel. Cache ini ada yang berasal dari aplikasi, ada lagi juga yang berasal dari telepon secara langsung. Biasa terbentuk dari sisa pemakaian aplikasi.

Agar hp terbebas dari kelemotan akibat cache, pengguna harus membersihkan cache tersebut. Gunakan aplikasi penghapus cache atau bisa juga dilakukan melalui pengaturan aplikasi. Setelah semua cache dibersihkan, biasanya Hp akan kembali normal.

2. Aplikasi Berat Digunakan Bersamaan

Kedua, penyebab lain yang bisa membuat ponsel menjadi macet adalah aplikasi yang berat. Faktanya, tidak semua aplikasi memiliki ukuran yang ringan. Ada yang memiliki muatan sampai beberapa ratus MB, dan aplikasi tersebut tidak hanya satu aplikasi saja. 

Apabila aplikasi aplikasi besar dan berat tersebut digunakan secara bersamaan, maka jelas sistem ponsel tidak akan kuat. Hal tersebut akhirnya berdampak pada kecepatan pengoperasian Hp. Lebih baik, fokus gunakan satu aplikasi saja dan tutup aplikasi lainnya dari latar belakang. 

3. Penuhnya Memori Internal

Penyebab Hp lemot dan macet yang ketiga adalah memori internal penuh. Hal ini masih ada sedikit hubungannya dengan poin pertama. Masing-masing Hp memang memiliki memori internal yang bisa penuh suatu saat nanti. Kepenuhan memori ini memiliki efek pada kinerja Hp, salah satunya adalah menjadi lemot. 

Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan tindakan pencegahan. Cobalah untuk menghapus beberapa file besar yang tidak terpakai. Hapus media media unduhan yang sudah selesai digunakan. Lakukan hal yang sama dengan cache dan aplikasi ponsel. Maka, memori Hp bisa sedikit ringan dan akhirnya ponsel tidak lemot lagi.

4. Sistem Tidak Update

Salah satu penyebab umum dari kemacetan Hp saat digunakan adalah sistem Hp itu sendiri. Ketika diproduksi, semua ponsel memiliki sistem yang sebenarnya harus di -update secara berkala. Apabila pengguna Hp tidak melakukan update sistem, maka yang terjadi adalah Hp mengalami bug dan menyebabkan kemacetan.

Solusi untuk penyebab masalah yang satu ini sudah jelas, yakni pengguna harus melakukan update sistem. Update bisa dilakukan melalui pengaturan sistem di Hp. Biasanya setelah semua update selesai dan sistem telah berubah, Hp tidak akan menjadi lemot dengan sendirinya.

5. Virus atau Malware

Serangan virus dan malware merupakan hal terakhir yang bisa memengaruhi kecepatan sistem Hp. Penyebab ini sekaligus menjadi hal yang harus diwaspadai oleh semua pengguna Hp. Virus dan malware menyerang sistem Hp dan menyebabkan Hp menjadi panas, lemot, dan macet.

Untuk itu, benar-benar diperlukan kewaspadaan saat melakukan pencarian di internet. Jangan membuka situs secara asal dan gunakan pelindung khusus anti virus. Apabila virus sudah terlanjur masuk ke sistem, coba hapus virus menggunakan aplikasi anti virus serta lakukan perlindungan setelahnya.

Setelah mengetahui beberapa macam penyebab di atas, manakah kira kira penyebab Hp lemot dan macet yang dialami. Segera selesaikan masalah Hp macet dan lemot tersebut dengan solusinya masing-masing. Kemudian, selalu pastikan pengguna rajin membersihkan cache agar Hp tidak mudah penuh dan lemot.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id