Tips & Trik

5 Penyebab Download Tertunda Di Play Store Yang Bersifat Umum

8
×

5 Penyebab Download Tertunda Di Play Store Yang Bersifat Umum

Sebarkan artikel ini

Penyebab Download Tertunda Di Play Store yang Perlu Diketahui

Penyebab download tertunda di play store bisa dari berbagai macam aspek. Namun satu hal yang pasti, tertundanya proses download tersebut menjadi masalah yang mengganggu. Walaupun masalah ini adalah masalah yang sepele dan bisa diperbaiki dengan mudah, tapi tetap mengganggu kenyamanan.

Play store memang menjadi tempat bagi para pengguna smartphone android untuk mengunduh aplikasi yang diperlukan. Baik itu aplikasi yang berupa permainan atau aplikasi untuk membaca berita terkini. Namun masalah tertundanya proses pengunduhan dapat terjadi, dan berikut adalah penyebabnya:

1. Jaringan Internet Kurang Lancar

Jaringan internet yang digunakan kurang lancar karena sesuatu hal adalah salah satu penyebab download tertunda di play store yang umum. Tentunya sudah merupakan hal yang jelas jika koneksi internet yang baik sangat dibutuhkan untuk mendownload aplikasi di play store.

Jika aplikasi yang di download memiliki kapasitas yang besar, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan koneksi internet yang stabil. Jika tidak maka proses download akan tertunda atau bahkan akan gagal. Karenanya koneksi internet yang lancar memegang peranan penting.

Pastikan koneksi internet yang digunakan mumpuni ketika hendak mendownload aplikasi yang tersedia di play store.

2. Storage Penuh

Penyebab selanjutnya terjadi pada sektor memori bukan di sektor koneksi jaringan pengguna. Setiap aplikasi yang dijajakan di play store atau di situs manapun di internet pasti membutuhkan ruang di penyimpanan smartphone. Ruang ini diperlukan agar aplikasi bisa terpasang dengan baik.

Jika ruang penyimpanan telah penuh maka sederhananya tidak ada ruang yang cukup untuk membuat aplikasi yang akan didownload. Sebagai gantinya pengguna akan diminta untuk menghapus beberapa aplikasi yang telah terpasang untuk memberikan ruang bagi aplikasi baru.

Kapasitas smartphone sekarang ini seringkali memberikan memori yang cukup luas bagi penggunanya, namun bukan berarti memori tersebut tidak akan habis. Jadi bijaklah dalam menggunakan ruang penyimpanan di smartphone.

3. Tertumpuknya Cache Di Smartphone

Cache yang menumpuk adalah penyebab download tertunda di play store yang mungkin tidak banyak orang sadar memiliki pengaruh yang besar. Pasalnya jika jumlah cache yang menumpuk cukup besar maka proses download bisa dipastikan akan tertunda atau gagal.

Pada dasarnya cache adalah sebuah file yang bersifat sementara saat mendownload aplikasi di play store. Cache memiliki sifat yang otomatis akan tersimpan dengan sendirinya karenanya melakukan pembersihan cache aplikasi play store secara rutin sangat diperlukan.

Jangan hanya berhenti di cache aplikasi play store saja, namun cache aplikasi yang tidak terpakai juga perlu untuk dibersihkan. Hal ini untuk menjaga performa ponsel agar tetap prima.

4. Play Store Versi Lawas

Versi play store sendiri pastinya berpengaruh pada proses download yang dilakukan pengguna. Penggunaan versi lawas play store berarti menggunakan sistem operasi yang pastinya sudah lama pula, sehingga performanya tidak secepat versi yang terbaru.

Pengguna harus melakukan pengecekan secara rutin perihal update aplikasi play store untuk mendapatkan pengalaman yang optimal. Pengguna bisa melakukan auto update play store dengan melakukan beberapa perubahan pada pengaturan.

5. Masih Dalam Proses Updating Aplikasi Lain

Penyebab download tertunda di play store yang terakhir di list ini adalah proses download berbagai aplikasi yang dijalankan secara bersamaan. Jika pengguna mendownload berbagai aplikasi secara bersamaan maka tidak heran jika aplikasi tertentu prosesnya akan tertunda.

Play store memiliki kapasitas tertentu untuk jumlah aplikasi yang bisa didownload secara bersamaan, dan kapasitasnya terbatas. Oleh karena itu pastikan untuk download aplikasi yang paling penting terlebih dahulu sebelum download aplikasi lainnya.

Itulah 5 penyebab download tertunda di play store yang bersifat umum. Penyebab-penyebab di atas bukanlah masalah yang terlalu berat untuk diperbaiki sendiri oleh pengguna. Namun kesadaran akan penyebab di atas pasti diperlukan untuk mampu memperbaiki masalah tertundanya proses download.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *