Tips & Trik

Mudah Sekali! Begini Cara Cek IMEI di Android dan iPhone

×

Mudah Sekali! Begini Cara Cek IMEI di Android dan iPhone

Sebarkan artikel ini

Cara Cek IMEI di Android dan iPhone Ikuti Langkah Ini

Cara Cek IMEI di Android dan iPhone Ikuti Langkah Ini
Cara Cek IMEI di Android dan iPhone Ikuti Langkah Ini

Ada 3 cara cek IMEI yang bisa kamu lakukan dengan praktis dan mudah. IMEI adalah nomor yang dipakai agar bisa mengidentifikasi sebuah smartphone. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment. Tidak hanya untuk identitas smartphone, namun nomor khusus ini juga bisa melacak hp yang hilang.

Kamu bisa melihat garansi ponsel atau bahkan meretas ponsel yang dicuri. Akan tetapi untuk bisa meretasnya, kamu memerlukan bantuan dari pihak ketiga, yakni penyedia provider supaya kartu kamu bisa langsung diblokir.

Sejak tahun 2020, pemerintah sudah memblokir IMEI yang dinilai ilegal. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya peredaran ponsel ilegal. Kemudian, IMEI yang sudah terblokir tidak bisa digunakan berkomunikasi, selanjutnya jaringan internet langsung mati sehingga banyak fitur yang tak bisa digunakan.

Cara Cek IMEI di Android dan iPhone Ikuti Langkah Ini

Umumnya ponsel ilegal dijual dengan harga yang jauh lebih miring daripada harga normal. Ponsel ini masuk di Indonesia lewat jalur tak resmi. Lalu, untuk bisa tahu IMEI kamu terdaftar atau belum, bisa langsung cek IMEI melalui ponsel sendiri. Simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengetahui Nomor IMEI Android

  • Buka menu ‘Pengaturan’ di ponsel.
  • Klik ‘Tentang Ponsel’.
  • Buka ‘Status atau Umum’.
  • Klik ‘Tentang Perangkat’.
  • Selesai.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Hampir setiap tipe dan merk ponsel Android bisa dilihat nomor Imei melalui cara seperti ini.

Cara Mengetahui Nomor IMEI iPhone

  • Buka menu ‘Pengaturan’.
  • Klik ‘Umum’ > ‘About’.
  • Klik ‘IMEI’.
  • Selesai.

Itulah tadi cara cek IMEI di iPhone. Selain menggunakan cara ini, kamu bisa juga melihat IMEI dengan menekan tombol fial *#06#. Maka secara otomatis IMEI iPhone kamu akan langsung muncul.

IMEI juga bisa dilihat di kardus ponsel di sisi belakang. Tapi, apabila kamu membeli ponsel bekas, kamu harus teliti melihat IMEI, apakah nomornya sama dengan nomor yang tertera di ponsel.

Cek IMEI Melalui Kemenprin

Setelah tahu nomor IMEI smartphone, kini kamu bisa melihat legalitas ponsel tersebut. Hp yang legal atau resmi berarti nomor IMEI-nya sudah terdaftar.

Jika ingin melihat nomor IMEI ponsel sudah terdaftar atau belum, kamu bisa masuk ke situs Kemenprin. Simak langkah berikut ini.

  • Buka situs https://imei.kemenperin.go.id/.
  • Input 15 nomor IMEI kamu di kotak yang ada.
  • Kalau sudah terdaftar, akan ada tulisan “IMEI terdaftar pada database Kemenprin”. Artinya ponsel yang kamu miliki sudah legal.
  • Kalau belum terdaftar, bakal muncul tulisan “IMEI tidak terdaftar pada database Kemenprin”. Artinya bahwa ponsel kamu masih ilegal.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara cek IMEI di ponsel Android dan iPhone yang bisa kamu lakukan. Supaya lebih aman, sebaiknya kamu membeli ponsel di toko resmi. Dengan demikian, ponsel tersebut akan terjamin kelegalannya dan kamu tidak harus merasa cemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *