Tips & Trik

Kenapa Youtube Lemot? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

×

Kenapa Youtube Lemot? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
kenapa youtube lemot

YouTube merupakan salah satu platform streaming yang populer di kalangan pengguna internet, dimana banyak orang mengakses konten video melalui platform ini. Namun, penggunaan yang berlebihan dari aplikasi ini dapat menimbulkan sejumlah masalah yang sering dialami. Lantas kenapa youtube lemot?

Terkadang, sebagian pengguna tidak memperhatikan potensi masalah yang mungkin timbul akibat penggunaan berlebihan, seperti penyimpanan penuh, bug, cache yang berlebihan, atau masalah teknis lainnya. Dampak dari penggunaan yang tidak terkendali ini bisa sangat bervariasi, mulai dari performa yang menurun hingga munculnya masalah-masalah teknis yang mengganggu.

1. Penumpukan Cache Histori

Buffering pada YouTube yang terjadi meskipun sinyal kuat mungkin disebabkan oleh akumulasi cache dan riwayat browsing yang menumpuk.

Selain mengakibatkan proses pemuatan video yang lambat, penimbunan cache juga membebani kinerja aplikasi YouTube, meningkatkan risiko crash atau keluarnya aplikasi secara tiba-tiba.

Dengan adanya cache yang menumpuk, aplikasi YouTube dapat menjadi lambat dan tidak responsif saat digunakan. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi YouTube.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: masuk ke pengaturan perangkat Anda, pilih menu aplikasi, temukan dan pilih YouTube, masuk ke opsi penyimpanan, dan terakhir, klik tombol untuk menghapus cache.

2. Memori Penuh

Ketika memori internal smartphone mencapai kapasitas penuh, dapat menimbulkan kendala pada pengalaman pengguna dalam mengakses konten di YouTube. Situasi ini bisa mengakibatkan buffering yang berkepanjangan atau pemutaran video yang terhenti secara tiba-tiba.

Langkah selanjutnya yang dapat diambil untuk mengatasi kenapa youtube lemot adalah dengan membersihkan memori agar kinerja aplikasi menjadi optimal.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, pengguna disarankan untuk menghapus dokumen ataupun file yang sudah tidak diperlukan lagi, seperti foto, video, musik, atau dokumen-dokumen lainnya. Selain itu, melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai juga akan membantu membebaskan ruang penyimpanan.

Selain itu, disarankan juga untuk menghapus unduhan atau video yang telah diunduh dari YouTube guna memperbesar kapasitas penyimpanan yang tersedia.

3. Aplikasi Belum Update

Penggunaan versi lama aplikasi dapat mengakibatkan penurunan kinerja yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa fakta terkait dengan pembaruan yang dirilis oleh pengembang tidak hanya bertujuan untuk menyajikan fitur-fitur baru, tetapi juga untuk memperbaiki kelemahan dan meningkatkan performa aplikasi itu sendiri.

Setelah mengidentifikasi sumber masalah, terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami dengan aplikasi Youtube yang lambat. Salah satu solusi terakhir yang dapat dicoba oleh pengguna adalah dengan melakukan pembaruan pada aplikasi Youtube.

Secara umum, setelah pembaruan dilakukan, masalah kinerja biasanya dapat teratasi, dan pengguna dapat kembali menggunakan aplikasi dengan lancar.

4. Kuota Internet Habis

Saat kuota internet menipis atau sinyal tidak stabil, pengalaman menonton video di YouTube dapat terganggu. Proses buffering memanjang dan pemutaran video terhenti-henti, mengakibatkan ketidaknyamanan bagi pengguna smartphone.

Untuk menghadapi situasi ini, solusi yang disarankan adalah mengisi ulang kuota internet. Mengalokasikan kuota khusus untuk akses YouTube juga bisa menjadi pilihan yang lebih efisien secara finansial.

5. Ponsel Terlalu Panas

Salah satu penyebab kenapa youtube lemot yakni ponsel yang terlalu lama digunakan. Hal ini tentu mempengaruhi kinerja beberapa aplikasi salah satunya  youtube.

Untuk  itu, agar bisa mengatasi hal ini sebaiknya lakukan restart pada ponsel. Kemudian selang beberapa saat baru digunakan kembali untuk menonton youtube.

Itulah  uraian terkait dengan penyebab dari kenapa youtube lemot yang perlu diketahui. Selain itu, dalam uraian ini juga telah diberikan penjelasan terkait dengan cara mengatasi dari tiap penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *