Tips & Trik

Inilah Penyebab Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full Dan Cara Mengatasinya!

19
×

Inilah Penyebab Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full Dan Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini

Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full? Simak Dibawah Ini!

Tak jarang para pengguna setia WiFi sering bertanya-tanya kenapa wifi lemot padahal sinyal full. Tentu hal tersebut sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, apalagi sekarang ini kegiatan tidak lepas dari internet. Permasalahan tersebut umum terjadi pada lingkungan yang banyak pengguna menggunakan WiFi.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika WiFi tiba-tiba lemot tapi sinyal full, bisa dari provider WiFi sedang terjadi trouble. Selain itu, router WiFi yang terhalang sesuatu atau tidak diletakkan pada tempat yang benar dapat menjadi penyebabnya. Lalu bagaimanakah penyebab sebenarnya?

Penyebab WiFi Lemot Padahal Full Sinyal

Sebenarnya kenapa wifi lemot padahal sinyal full? Dan penyebab itu sendiri pun bisa beragam, bisa dari media WiFi yang dipakai, modemnya, bahkan terdapat masalah pada provider WiFi. Penyebab tersebut dapat dianalisis dan dilihat dari manakah asalnya, seperti berikut ini:

1. Jaringan Operator/Provider Terdapat Gangguan

Memang, alat yang digunakan untuk memancarkan WiFi dapat menjadi penyebab dari lemotnya sinyal. Akan tetapi tidak dipungkiri juga bila penyebab tersebut berasal dari provider WiFi yang tengah mengalami gangguan. Jika lemot atau tiba-tiba lag, mungkin saja ISP sedang mengalami maintenance.

Keadaan tersebut biasanya akan segera berakhir dengan segera, sehingga tidak perlu melakukan apapun cukup menunggu hingga proses maintenance selesai. Bila hal tersebut terus terjadi bahkan terlalu sering, pastikan kualitas internet atau laporkan pada customer service agar segera diperbaiki.

2. Sedang Mengalami Kelebihan Pengguna

Pada beberapa kasus terlalu banyak pengguna bisa menjadi permasalahan lemahnya sinyal WiFi. Karena pada beberapa perangkat WiFi terdapat ketentuan maksimal pemakai, maka dari itu jika sudah lebih akan lemot. Banyaknya pemakai bisa menghabiskan bandwidth sehingga kekuatan koneksi WiFi melemah.

3. Kualitas Dari Jaringan Lokal yang Buruk

Biasanya hal ini akan terjadi jika WiFi yang dipakai oleh pengguna adalah hasil sebaran dari jaringan ISP pengguna lain. Ketika berusaha menyebarkan internet dari ISP dengan menggunakan alat yang seadanya. Hal tersebut bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal.

Walaupun ISP yang digunakan merupakan ISP yang kualitasnya bagus, tapi saat pemasangan menggunakan alat seadanya untuk membuat jaringan. Maka hasilnya pun tidak akan bagus, mungkin saat dipakai dua orang akan lancar, tapi lebih dari itu akan melemah.

Cara Mengatasi Internet Lemot Padahal Sinyal Full

Setelah mengetahui penyebabnya, kemudian pengguna bisa mengatasi permasalahan yang terjadi. Namun, sebelum itu cek lagi kualitas jaringan dan kekuatan sinyal internet pada WiFi. Kemudian bagaimanakah cara mengatasinya? Lebih lanjut lagi simak berikut ini!

1. Atur Frekuensi Koneksi Router

Frekuensi channel router WiFi bisa menjadi penyebab kenapa wifi lemot padahal sinyal full. Hal ini dapat terjadi karena channel router bersinggungan dengan milik orang. Kemudian bagaimana cara mengatasinya agar tidak bersinggungan?

Caranya dengan masuk pada pengaturan router sebagaimana telah tertulis pada buku panduan router WiFi. Pengguna bisa mengubah frekuensinya pada channel 1, 6, atau pada channel 11.

2. Periksalah Perangkat Sistem

Selain itu, perangkat yang digunakan untuk mengakses internet yang mengalami masalah bisa menjadi penyebabnya juga. Seperti memori internal yang full sehingga tidak dapat memproses secara maksimal, atau windows sedang mengupdate perangkat lunak, bahkan sedang menyinkronkan data pada laptop.

3. Melakukan Restart Pada Router

Restart router bisa menjadi alternatif lain dalam mengatasi koneksi WiFi yang melemah. Yang perlu dilakukan dalam merestart router adalah dengan menekan tombol power pada router. Kemudian setelah dimatikan tunggu hingga 10-20 detik baru bisa dinyalakan.

4. Periksa Antena dan Atur Posisi Router

Router akan bekerja secara maksimal jika ditempatkan pada tempat yang terbuka dan tidak boleh ditaruh di bawah. Posisi antena router juga berpengaruh, pastikan antena berada pada posisi tegak lurus. Jika terdapat 2 antena maka posisikan salah satunya pada posisi menyamping.

Demikian informasi mengenai penyebab kenapa wifi lemot padahal sinyal full serta cara mengatasinya. Perhatikan kembali posisi router, kekuatan sinyal, dan ketersediaan perangkat dalam menerima sinyal. Jika tidak juga teratasi segera hubungi call service agar cepat teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *