Tips & Trik

Kenapa Smartfren Unlimited Lemot? Ternyata Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

×

Kenapa Smartfren Unlimited Lemot? Ternyata Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
kenapa smartfren unlimited lemot

Smartfren, salah satu penyedia layanan yang berupa telekomunikasi di Indonesia, menawarkan paket kuota internet tanpa batas bagi pelanggannya. Meskipun demikian, terdapat tantangan terkait kecepatan akses internet dari Smartfren yang sering kali mengalami keterbatasan. Lantas kenapa smartfren unlimited lemot?

Kendati memiliki akses internet tanpa batas, pengguna seringkali menghadapi kendala koneksi yang lambat, yang dapat mengganggu pengalaman mereka dalam aktivitas seperti streaming video atau mendengarkan musik yang sering terputus-putus akibat buffering.

Gangguan tersebut juga mempengaruhi kelancaran aktivitas sehari-hari seperti pengiriman pesan melalui WhatsApp atau menjelajah internet.  Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab dari keterbatasan tersebut dan mengetahui cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya:

1. Paket Internet Mencapai FUP

Penyebab utama kenapa smartfren unlimited lemot adalah akibat dari batas penggunaan harian atau FUP (Fair Usage Policy). Setelah mencapai batas ini, kecepatan browsing akan mengalami penurunan signifikan.

Fenomena ini seringkali mengakibatkan pengguna paket Unlimited mengalami keterbatasan saat melakukan aktivitas seperti menjelajah internet atau menonton konten di YouTube. Besarnya FUP yang diberlakukan tergantung pada jenis paket Unlimited yang dipilih oleh pengguna.

Untuk mengatasi permasalahan koneksi lambat akibat FUP pada layanan Smartfren, salah satu solusi yang tentunya bisa dilakukan yakni dengan memperoleh paket tambahan ataupun paket booster. Dengan langkah ini, diharapkan kecepatan internet dapat kembali normal tanpa adanya pembatasan yang signifikan.

2. Jaringan yang Bermasalah

Jika sebelumnya mengalami kendala jaringan pada perangkat seluler Pengguna, yang menyebabkan koneksi internet dari penyedia Smartfren melambat, solusi yang dapat diterapkan adalah dengan melakukan aktivasi dan deaktivasi mode pesawat selama beberapa saat. Berikut langkahnya:

  • Akses notifikasi bar pada perangkat seluler Pengguna.
  • Tekan opsi Airplane Mode atau Mode Terbang.
  • Alternatifnya, buka menu Pengaturan perangkat Pengguna.
  • Aktifkan opsi Airplane Mode.
  • Biarkan perangkat dalam keadaan tersebut selama 1-2 menit.
  • Setelah itu, nonaktifkan Airplane Mode dan jaringan Pengguna seharusnya kembali normal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Pengguna dapat menyegarkan koneksi jaringan dari penyedia layanan Pengguna tanpa masalah plagiasi.

3. Pengaturan APN

Dalam konteks kinerja yang kurang optimal pada layanan Smartfren Unlimited, salah satu faktor yang berperan adalah konfigurasi APN yang tidak tepat.

APN, yang merupakan sebuah singkatan dari Access Point Name, berfungsi sebagai penghubung antara perangkat seluler dan jaringan internet yang digunakan. Kegagalan dalam penyesuaian APN dapat mengakibatkan koneksi yang lambat atau tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah-langkah berikut dapat diikuti oleh pengguna Smartfren:

  • Buka menu Pengaturan pada perangkat Pengguna.
  • Akses opsi Kartu SIM & Jaringan di dalam menu Jaringan.
  • Pilih menu yang berhubungan dengan pengaturan APN.
  • Ubah konfigurasi APN sesuai dengan yang disediakan oleh Smartfren.
  • Sebagai contoh, salah satu APN yang dapat digunakan adalah Smartfren4g.

Dengan melakukan penyesuaian ini, diharapkan kinerja koneksi internet dapat ditingkatkan tanpa mengalami kendala kecepatan atau keterbatasan yang tidak diinginkan.

4. Masa Berlaku Paket Habis

Penyebab terakhir yang dapat menyebabkan penurunan kualitas jaringan adalah ketika masa berlaku paket hampir habis atau sudah berakhir. Ini merupakan hal umum yang dialami oleh pengguna layanan provider. Biasanya, ketika paket data akan segera habis, kecepatan internet cenderung melambat secara signifikan.

Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk selalu memantau masa aktif paket Pengguna. Cara yang efektif adalah dengan memeriksa informasi tersebut melalui aplikasi MySmartfren atau dengan menekan *999# pada telepon Pengguna.

Janganlah menunggu hingga masa berlaku paket benar-benar habis jika Pengguna ingin terus menikmati kualitas layanan yang optimal dari Smartfren.

Itulah beberapa alasan kenapa smartfren unlimited lemot. Selain itu, dalam uraian ini juga telah diberikan terkait dengan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut berdasarkan penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *