Tips & Trik

Kenapa Play Store Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada? Dibawah Ini Cara Mengatasinya

×

Kenapa Play Store Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada? Dibawah Ini Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
kenapa play store tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada

Dalam era digital saat ini, Play Store menjadi bagian penting bagi pengguna Android untuk mengakses aplikasi dan konten digital. Namun, seringkali pengguna menghadapi masalah di mana Play Store tiba-tiba tidak dapat dibuka meskipun kuota internet masih tersedia. Oleh karena itu berikut akan dibahas kenapa play store tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada.

Ketika mengalami hal seperti ini mungkin muncul kekesalan. Bagi yang penasaran, maka bisa simak selengkapnya dibawah ini:

1. Periksa Jaringan Internet

Cara mengatasi kenapa play store tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada adalah dengan mengecek jaringan internet apakah bagus atau tidak. Jika Play Store terasa sulit diakses untuk mengunduh aplikasi, kemungkinan salah satunya adalah jaringan internet yang tidak cukup kuat.

Hal ini dapat mengakibatkan kegagalan Play Store dalam menampilkan data yang dibutuhkan. Apabila jaringan internet tidak stabil, solusinya adalah dengan mereset jaringan. Matikan data terlebih dahulu, aktifkan mode pesawat, dan biarkan selama 5 menit.

Kemudian, nonaktifkan mode pesawat dan tunggu 2 menit sebelum mengaktifkan kembali data. Jika cara tersebut belum berhasil, kemungkinan besar jaringan internet di lokasi Anda mengalami masalah stabilisasinya, entah karena adanya gangguan atau sinyal yang kurang stabil.

2. Matikan VPN / Proxy

Selain masalah jaringan yang lemah, penggunaan VPN atau Proxy yang diblokir oleh Play Store juga dapat menjadi penyebab tidak dapatnya Play Store untuk mengunduh aplikasi. Oleh karena itu, diperlukan untuk menonaktifkan pengaturan VPN dan Proxy agar Play Store dapat diakses kembali.

3. Periksa Tanggal Dan Waktu Perangkatmu

Penting untuk memastikan bahwa tanggal dan waktu pada perangkat Anda sudah disesuaikan dengan benar. Salah satu alasan mengapa Play Store mungkin tidak dapat diakses meskipun kuota tersedia adalah karena konfigurasi tanggal dan waktu perangkat yang belum sinkron.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyesuaikan tanggal dan waktu pada perangkat Android agar sesuai dengan waktu yang tepat. Pengguna juga dapat mengaktifkan opsi pengaturan waktu otomatis sesuai dengan jaringan operator pengguna dengan membuka menu Setelan/Pengaturan, memilih Pengaturan Tambahan, kemudian Tanggal dan Waktu, dan mengaktifkan opsi Atur Secara Otomatis.

4. Restart HP Android

Mengatasi hambatan akses Play Store dalam mengunduh aplikasi dapat dilakukan dengan cara memulai ulang peranti atau merestart perangkat Android tersebut. Tindakan merestart HP atau memulai ulang perangkat Android akan menyegarkan kembali kinerja perangkat.

Sehingga menjadi solusi untuk memperbaiki akses terhadap Play Store yang terhambat, kesulitan menginstal aplikasi di Play Store, ataupun mengatasi kendala dalam mengunduh dari Play Store meskipun memori masih tersedia.

5. Bersihkan Cache Dan Data Aplikasi Google Play Store

Akumulasi cache dan keberadaan data yang bermasalah dapat menjadi penyebab Play Store tidak dapat diakses sama sekali. Karena itu, seringkali pengguna Android mengalami kesulitan membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Samsung, Oppo, Xiaomi, dan lainnya. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghapus data aplikasi Google Play Store, sehingga semua pengaturan dan data Play Store dapat dikembalikan ke keadaan semula.

Cara melakukannya adalah:

  • Dengan membuka menu Setelan/Pengaturan,
  • kemudian memilih Manajemen Aplikasi dan dilanjutkan dengan memilih Daftar Aplikasi.
  • Selanjutnya, temukan aplikasi Google Play Store,
  • lalu pilih Penggunaan Penyimpanan dan selanjutnya
  • tekan opsi Hapus Data dan Hapus Cache.

6. Bersihkan Cache Dan Data Aplikasi Google Play Service

Menghapus data Layanan Google Play juga dapat menjadi solusi saat Layanan Google Play mengalami masalah yang menghambat akses ke Play Store. Misalnya, munculnya notifikasi Sayangnya Layanan Google Play telah berhenti saat hendak mengunduh aplikasi baru. Oleh karena itu, langkah yang harus diambil adalah menghapus data aplikasi Layanan Google Play atau Google Play Service untuk mengatasi kendala dalam membuka Play Store.

Itulah penjelasan mengenai kenapa play store tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, terdapat enam cara yang dapat diterapkan agar play store dapat dibuka kembali dengan kuota internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *