Tips & Trik

Kenapa Jaringan Tri Lemot Padahal 4G? Ini Alasannya dan Cara Mengatasinya!

12
×

Kenapa Jaringan Tri Lemot Padahal 4G? Ini Alasannya dan Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini

Kenapa Jaringan Tri Lemot? Inilah Jawabannya

Kenapa jaringan Tri lemot? Banyak warganet yang mengeluhkan internet Tri akhir-akhir ini lemot melalui media sosial Twitter. Padahal jaringan yang digunakan 4G, bahkan status paket internet masih aktif, namun masih saja mengalami kendala jaringan seperti loading parah. 

Internet sudah menjadi nyawa bagi generasi masa kini. Pada era modern, hampir semua kegiatan membutuhkan koneksi internet. Rasanya akan sangat sulit apabila disaat genting, koneksi internet malah tidak stabil dan lemot. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat koneksi internet tri lemot:

1. Disebabkan Faktor Cuaca

Di Indonesia sendiri, jaringan internet sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca. Pada saat hujan, jaringan yang dihasilkan oleh menara seluler akan terhalang titik-titik air sehingga akan lambat daripada biasanya. 

Gelombang  elektromagnetik yang bergerak dari ponsel menuju menara seluler  terganggu karena adanya hamburan gelombang radio. Kekuatan sinyal ini dipengaruhi oleh banyaknya volume serta jumlah tetesan air yang menyerap gelombang radio lalu mengubahnya menjadi panas. Itulah kenapa kecepatan internet menjadi tidak stabil saat turun hujan.

2. Penggunaan Internet Terlalu Over

Salah satu alasan kenapa jaringan Tri lemot adalah jaringan terlalu sibuk (congestion). Kapasitas jaringan internet dibagikan kepada pengguna yang menggunakan menara seluler yang sama (area yang sama) dalam waktu bersamaan. Semakin banyak pengguna jaringan yang sama, maka semakin banyak jaringan internet yang terbagi.

Congestion terjadi karena jumlah pengakses lebih tinggi daripada kapasitas Base Transceiver Station (BTS) yang menjangkau area tersebut. Jika terjadi seperti ini, solusi yang dapat dilakukan yaitu berpindah ke lokasi lain, merefresh data (nyalakan mode pesawat), atau menunggu hingga jumlah pengguna berkurang.

3. Operator Sedang Maintenance

Biasanya, kenapa jaringan Tri lemot atau lelet juga disebabkan karena provider sedang ada perbaikan atau maintenance. Bisa juga maintenance berasal dari aplikasi atau situs yang sedang dikunjungi.  Apabila hal ini terjadi, hal dapat dilakukan ialah menunggu dengan sabar sampai jaringan kembali normal.

Biasanya, untuk menunggu jaringan kembali normal, pengguna kartu Tri bisa menghubungi CS melalui sosial media yang ada. Tanyakan dengan jelas dan tunggu respon dari CS. Disarankan, selama masa menunggu sebaiknya mengalihkan jaringan ke mode pesawat.

4. Sistem Operasi Smartphone Tidak Mendukung

Untuk hal ini, ada kalanya pengguna kurang awas terhadap ponsel yang dimiliki. Bisa saja keterlambatan load internet datang dari smartphone yang digunakan terkait sistem operasi. Cobalah untuk merefresh sinyal dengan menggunakan mode pesawat. Lalu nyalakan kembali seperti biasa.

Jika setelah merefresh jaringan masih jelek, coba setting APN pada ponsel. APN merupakan poin penting agar bisa menyambungkan perangkat android dengan jaringan internet. Setting APN dapat dilakukan dengan masuk pada bagian pengaturan. Adapun caranya:

  • Pada iOS: Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Jaringan Seluler.
  • Pada Android: Pengaturan > Jaringan Lain > Jaringan Seluler > Access Point Name.
  • Isikan data berikut pada APN: Username : 3data > Password : 3data.
  • Kemudian restart ponsel untuk merefresh pengaturannya.

5. Lokasi Tidak Menjangkau Jaringan

Pastikan lokasi atau area dimana pengguna berada sudah tercover jaringan Tri. Biasanya jika memasuki area pedalaman, koneksi internet akan menjadi buruk. Ini karena sinyal terhalang pepohonan sekitar, selain itu titik lokasi terlalu jauh dari menara seluler sehingga kestabilan jaringan akan berkurang dan menjadi jelek.

Nah, sekarang sudah tahu kan alasan kenapa jaringan Tri lemot dan tidak stabil? Demikian penjelasan tentang mengapa jaringan Tri menjadi lemot serta beberapa cara mengatasinya. Bila sudah melakukan cara di atas namun tidak ada perubahan, silakan hubungi Tri Care melalui akun sosial medianya atau pada 3care.tri.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *