Tips & Trik

Kenapa Jaringan Smartfren Lemot dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

×

Kenapa Jaringan Smartfren Lemot dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebarkan artikel ini
kenapa jaringan smartfren lemot

Salah satu provider yang menyediakan jasa layanan kuota internet unlimited bagi para pelanggannya yaitu Smartfren. Namun tak jarang provider ini mengalami jaringan internet lemot atau lambat, ada beberapa alasan kenapa jaringan Smartfren lemot dan lambat.

Sangat menyebalkan bukan ketika koneksi internet melambat atau lemot ketika digunakan untuk melakukan aktivitas. Bagi yang belum mengetahui penyebab jaringan Smartfren lemot dan bagaimana cara mengatasinya simak beberapa informasi dibawah ini sebagai berikut:

1. Jaringan Sedang Bermasalah

Kenapa jaringan Smartfren lemot? Mungkin bagi pecinta kartu Smartfren masih bingung untuk mengatasi jaringan yang sedang mengalami lemot tersebut. Salah satu penyebabnya yaitu jaringan tersebut sedang mengalami masalah atau gangguan.

Hal tersebut bisa diatasi dengan cara mengaktifkan mode pesawat atau mode airplane yang terdapat pada smartphone pengguna. Kemudian tunggu beberapa menit jika sudah selesai silahkan pengguna untuk menonaktifkan mode pesawat tersebut.

Dengan metode ini jaringan yang terdapat pada smartphone akan secara otomatis terefresh sehingga jaringan menjadi normal. Jika cara tersebut tidak belum berhasil maka kemungkinan yang bermasalah adalah provider itu sendiri.

2. Jaringan Belum 4G Only

Selain dari masalah jaringan, Smartfren juga bisa menjadi lemot karena jaringan 4G pada smartphone kurang mendukung. Sebab pada saat jaringan 4G kurang bagus maka secara otomatis jaringan akan berubah menjadi 3G dengan begitu Smartfren lemot.

Untuk hal tersebut pengguna dapat mengatasinya dengan melakukan pengaturan jaringan agar tetap memakai 4G atau 4G Only. Nah bagi yang belum mengetahui langkah-langkahnya simak informasinya dibawah ini sebagai berikut:

  • Silahkan akses aplikasi pengaturan yang terdapat di smartphone.
  •  Selanjutnya pilih dan klik opsi Internet dan jaringan.
  • Kemudian pilihlah jaringan seluler.
  • Berikutnya pada bagian Tipe Jaringan Prioritas selanjutnya pengguna pilih 4G.

3. Paket Internet Mencapai FUP

Smartfren memiliki kebijakan penggunaan dalam batas wajar atau yang biasa disebut dengan Fair Usage Policy (FUP). Bagi pengguna harus mengetahui tentang hal ini jika menggunakan paket internet yang unlimited Smartfren.

Dengan begitu pengguna tak perlu panik lagi ketika mengalami masalah seperti ini yakni internet pada kartu Smartfren yang tiba-tiba lemot. Namun pengguna tak perlu khawatir, sebab pihak provider akan memberikan peringatan batas pemakaian melalui SMS.

Untuk mengatasi masalah koneksi internet pada Smartfren yang mengalami lemot disebabkan fup. Pengguna dapat melakukan pembelian paket booster atau melakukan pembelian paket internet Smartfren tambahan, maka kecepatan internet akan kembali normal.

4. APN Tidak Sesuai

Smartfren lemot juga bisa disebabkan oleh Access Point Name atau APN yang terdapat di smartphone tidak sesuai dengan APN Smartfren. Fungsi dari APN ini yaitu sebagai pengaturan yang bisa terhubung dengan penyedia internet atau ISP.

Oleh sebab hal ini sebelum menggunakan Smartfren pengguna harus melakukan penyesuaian SPN pada smartphone agar internet lancar. Bagi yang belum mengetahui caranya simak beberapa langkah dibawah ini sebagai berikut:

  • Silahkan akses pengaturan yang terdapat pada smartphon.
  •  Selanjutnya pilihlah jaringan kartu SIM yang terdapat pada menu Jaringan.
  •  Jika sudah selesai pilihlah Access Point Name (APN).
  •  Kemudian APN smartphone diubah dan sesuaikan dengan APN Smartfren.
  •  APN Smartfren ini memiliki banyak pilihan yang dapat pengguna akses salah satunya yaitu Smartfren4g.

Itulah beberapa penyebab jaringan provide Smartfren lemot dan beberapa solusi untuk mengatasinya. Sehingga pengguna tak perlu bingung lagi kenapa jaringan Smartfren lemot dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id