Tips & Trik

Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali Di Android? Cek Penyebab Dan Cara Mengatasinya

×

Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali Di Android? Cek Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini

Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali Di Android? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di android

Menghapus atau membersihkan beberapa file yang tidak penting perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan memori android agar tidak terlalu penuh. Namun ketika sudah menghapusnya, file tersebut malah kembali lagi. Lalu kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di android? Mari simak penjelasannya!

Bagi beberapa orang hal ini tentu saja sangat menjengkelkan. Sebab file-file yang ingin dihapus untuk menambah ruang penyimpanan malah muncul kembali. Namun jangan khawatir karena masalah seperti ini sangat mudah untuk diatasi. Namun sebelum mengatasinya akan lebih baik jika pengguna paham penyebabnya.

Penyebab File Yang Sudah Dihapus Di Android Muncul Kembali

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan file tidak mau dihapus atau setelah dihapus malah muncul kembali. Hal ini perlu dipahami pengguna android yang mengalami masalah serupa agar dapat dengan mudah mengatasinya. Berikut merupakan hal yang menyebabkan file yang sudah dihapus muncul kembali:

1. Kartu Memori Terkunci

Penyebab pertama kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di Android yaitu karena memory card terkunci atau pengguna tidak sengaja mengaturnya ke mode read only. Hal ini mengakibatkan file tidak bisa diapa-apakan bahkan tidak bisa dihapus. Agar bisa dihapus pengguna harus mengatur ulang memori card ke mode normal.

2. Serangan Virus Malware

Penyebab kedua yaitu adanya serangan virus malware yang memblokir memory card. Virus jenis malware ini sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan memory card rusak. Jika terserang virus malware biasanya file tidak bisa dihapus meskipun melalui file manager.

3. Sinkronisasi Cloud di Android Aktif

Semua android memiliki fitur sinkronisasi cloud. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika ada file penting yang tidak sengaja terhapus agar dengan mudah dapat dikembalikan. Maka jika sinkronisasi cloud ini aktif maka file yang sudah dihapus bisa muncul kembali.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan file yang sudah dihapus muncul kembali. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Nah untuk mengatasi simak penjelasan di bawah ini:

Cara Menghapus File Yang Muncul Kembali

Setelah memahami beberapa faktor yang menyebabkan file yang sudah dihapus muncul kembali. Maka selanjutnya pengguna harus memahami bagaimana cara menghapusnya agar tidak muncul kembali. Berikut ini cara menghapusnya:

1. Membuka Kunci Kartu Memori

Jika penyebab kembalinya karena memory card yang terkunci, maka cara mengatasinya yaitu dengan membuka kuncinya. Berikut ini cara membuka memory card yang terkunci:

  • Pertama-tama silahkan lepas dahulu memory card dari perangkat.
  • Kemudian lihatlah apakah ada tanda kunci di memory card atau tidak.
  • Jika ada tanda kunci silahkan matikan mode kunci tersebut agar file bisa terhapus permanen.

2. Menghapus Sampah Cache

Cara selanjutnya yaitu dengan menghapus sampah cache yang tersimpan pada aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat. Seperti cache file manager, browser, dan lain sebagainya. Cara menghapus cache nya sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu silahkan buka menu pengaturan perangkat.
  • Selanjutnya silahkan buka menu “Manajemen Aplikasi”.
  • Kemudian silahkan pilih aplikasi dan klik “Hapus Cache”.

3. Menonaktifkan Sinkronisasi Cloud

Jika sinkronisasi cloud di perangkat aktif, maka tentu saja file yang sudah dihapus dapat kembali lagi. Untuk mencegah file kembali lagi, maka pengguna harus menonaktifkan sinkronisasi cloud terlebih dahulu sebelum menghapus file. Berikut ini caranya:

  • Pertama silahkan menonaktifkan sinkronisasi cloud ada di perangkat.
  • Selanjutnya silahkan hapus file yang ingin dihapus.
  • Kemudian silahkan masuk ke layanan cloud dan cari file yang ingin dihapus.
  • Jika file yang ingin dihapus sudah ketemu, silahkan hapus file pada penyimpanan cloud.
  • Dengan begitu maka file yang sudah dihapus tidak akan kembali lagi.

Nah demikianlah penjelasan mengenai penyebab kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di android, serta cara mengatasinya dengan sangat mudah. Dengan begitu pengguna android tidak perlu khawatir memori penyimpanan akan penuh dan tidak bisa menambah ruang penyimpanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *