Tips & Trik

Kenapa Efek IG Tidak Bisa Memuat Efek? Simak Penjelasannya!

8
×

Kenapa Efek IG Tidak Bisa Memuat Efek? Simak Penjelasannya!

Sebarkan artikel ini

Inilah Alasan Kenapa Efek IG Tidak Bisa Memuat Efek yang Perlu Diketahui

Filter Instagram merupakan salah satu fitur yang sedang populer saat ini. Namun, seperti diketahui bahwa tidak jarang filter Instagram tidak berfungsi. Padahal, pengguna IG merasa sudah mengupgrade Instagramnya. Lantas, kenapa efek IG tidak bisa memuat efek? Adakah cara untuk mengatasinya?

Beberapa faktor yang menjadi penyebab filter Instagram tidak berfungsi bisa jadi karena Instagram yang digunakan adalah versi lama. Selain itu, koneksi internet yang tidak stabil pun bisa menjadi alasan permasalahan ini.

Menghadapi persoalan tersebut, pengguna Instagram sebaiknya memahami betul bagaimana cara mengatasinya. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara yang dapat dicoba agar efek Instagram dapat berfungsi kembali. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Melakukan Force Stop Instagram

Cara pertama agar efek Instagram dapat kembali digunakan adalah dengan melakukan force stop atau istilah lainnya memaksa berhenti aplikasi Instagram. Cara ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk me-refresh atau menyegarkan ulang Instagram yang sedang bermasalah supaya dapat normal seperti semula. 

Bagi yang penasaran dan ingin mengetahui penyebabnya melalui force stop instagram cara ini bisa di simak.  Langkah-langkah untuk melakukan force stop Instagram adalah seperti di bawah ini:

  • Buka pengaturan pada smartphone.
  • Pilih menu aplikasi.
  • Cari kemudian pilih aplikasi Instagram.
  • Klik atau ketuk pilihan paksa berhenti.
  • Konfirmasi kembali dengan mengetuk ulang pilihan paksa berhenti.
  • Setelah melakukan force stop Instagram, coba buka Instagram seperti biasa untuk selanjutnya mencoba menggunakan efek Instagram yang hendak digunakan.

2. Menghapus Cache Instagram

Saat sedang berselancar di internet, cache merupakan hal yang erat kaitannya dengan apa yang sedang ditelusuri. Termasuk saat berusaha membereskan masalah yang terjadi saat di internet, cache juga satu dari beberapa yang menjadi perhatian.

Dalam aplikasi Instagram, cara kedua untuk menyelesaikan persoalan yaitu efek Instagram yang tidak dapat digunakan, bisa dengan menghapus cache. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan pada smartphone.
  • Pilih menu aplikasi Instagram.
  • Ketuk kolom penyimpanan.
  • Ketuk kolom hapus memori.

Setelah menghapus cache, coba masuk kembali ke aplikasi Instagram dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Pilih efek yang ingin digunakan dan perhatikan perbedaannya apakah masih belum dapat digunakan atau justru cara ini telah berhasil.

3. Mencoba Masuk Ulang Instagram dengan Log Out Terlebih Dahulu

Cara ketiga yang dapat dilakukan saat menemukan kendala kenapa efek IG tidak bisa memuat efek adalah dengan logout aplikasi Instagram. Cara ini sudah banyak digunakan untuk membantu mengatasi masalah efek yang tidak bisa muncul.

Langkahnya sangat mudah. Cukup buka tab Profil, ketuk More Option, ketuk Pengaturan dan ketuk Logout.

4. Menggunakan Provider yang Berbeda

Koneksi internet merupakan hal yang berpengaruh terhadap aplikasi apa pun. Bayangkan saja ketika sedang mengakses aplikasi online namun ada kendala pada koneksi yang digunakan. Mengesalkan, bukan? Ketika koneksi buruk, efek Instagram pun jelas tidak akan muncul. Cobalah untuk menggunakan provider yang berbeda.

5. Menghapus dan Menginstall Kembali Instagram

Cara terakhir yang diharapkan berhasil adalah dengan menghapus aplikasi Instagram pada smartphone, kemudian menginstalnya kembali. Jika keempat cara di atas tidak membantu permasalahan, cobalah dengan cara ini. Tidak sedikit pula yang memilih untuk menghapus kemudian menginstall kembali Instagram saat mengalami error.

Demikianlah 5 cara yang dapat menjadi solusi dari permasalahan kenapa efek IG tidak bisa memuat efek. Semoga dapat membantu para pengguna Instagram khususnya bagi yang aktif di media sosial jenis ini. 

Gunakan Instagram seperlunya dan jangan sampai membuang-buang waktu di media sosial guna agar tidak sering mengalami error. Dengan adanya informasi ini dapat membantu pengguna jika terkena masalah efek ig tidak bisa memuat efek. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *