Tips & Trik

Kamera Laptop Asus Tidak Berfungsi? Jangan Kuatir, Inilah 4 Cara Mengatasinya!

167
×

Kamera Laptop Asus Tidak Berfungsi? Jangan Kuatir, Inilah 4 Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini

Kamera Laptop Asus Tidak Berfungsi, Inilah Cara Mengatasinya

Kamera merupakan perangkat penting yang sudah terintegrasi dan terpasang pada layar laptop. Seperti perangkat elektronik lain pada umumnya, terkadang kamera dapat rusak atau mengalami masalah. Hal ini terjadi pada semua merk laptop, tidak terkecuali merk Asus. Sehingga menyebabkan  kamera laptop Asus tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Adapun penyebab kamera laptop Asus tidak berfungsi biasanya karena: versi driver atau windows yang kurang update, ada hotkey yang tidak sengaja tertekan, atau memang perangkat terkait yang memang rusak. Namun pengguna tidak perlu kuatir, berikut adalah solusi untuk permasalahan tersebut:

1. Periksa Kondisi Hotkey F10

Jika kamera laptop Asus tidak berfungsi, langkah pertama yang dilakukan sebaiknya memeriksa terlebih dulu status tombol Hotkey F10 pada laptop. Khusus pada laptop merk Asus, ada gambar kamera pada tombol F10 tersebut. Tombol ini berfungsi sebagai shortcut untuk mengaktifkan kamera.

Saat kamera tiba-tiba tidak berfungsi, ada kemungkinan tombol hotkey ini tidak sengaja tertekan dan otomatis mematikannya. Sehingga untuk mengaktifkannya kembali, pengguna dapat menekan tombol [fn] dan tombol [F10] secara bersamaan.

Periksa kondisi layar, apakah sudah ada tulisan ‘Camera on’ atau belum. Jika sudah, maka masalah telah teratasi. Namun jika belum, silahkan coba cara lainnya.

2. Periksa Kondisi Driver Kamera

Hal kedua yang harus pengguna periksa adalah kondisi driver Asus pada laptop. Seringkali, masalah kamera laptop yang tidak dapat bekerja tiba-tiba disebabkan karena adanya aktivitas terbaru pengguna. Salah satunya yaitu setelah terjadi pembaruan ulang sistem Windows pada laptop.

Beberapa perangkat kamera ada yang memiliki driver terpisah, ada juga yang sudah terintegrasi. Inilah yang harus dipastikan oleh pengguna. Cara melakukan pengecekan driver yaitu dengan langkah sebagai berikut:

  • Pada menu Start pilih ‘Device-Manager’, kemudian pilih ‘Camera’ dan klik.
  • Setelah muncul nama perangkat pengguna, lalu klik kanan. Jika kamera belum aktif, maka muncul pilihan ‘Enable Device’, segera klik kanan pada pilihan tersebut. Namun jika kamera sudah aktif maka tidak muncul pilihan apapun.

Apabila driver telah terpasang namun kamera tetap tidak dapat menyala, pengguna dapat melakukan langkah berikut untuk memastikan driver bermasalah atau tidak:

  • Pada menu Start pilih ‘Device-Manager’.
  • Cari pilihan ‘Camera’ lalu klik kiri sehingga muncul nama perangkat pengguna, kemudian klik kanan pilih ‘Uninstall device’.
  • Pada menu ‘Action’ selanjutnya klik ‘Scan for hardware changes’. Setelah ini sistem akan menginstal driver kamera secara otomatis.
  • Restart laptop, kemudian buka aplikasi kamera untuk mengecek apakah kamera sudah berfungsi atau belum.

3. Periksa Kondisi Windows

Faktor lain yang menyebabkan kamera tidak dapat berfungsi yaitu karena versi Windows yang belum update. Pengguna dapat mengatur supaya pembaruan Windows berjalan secara otomatis.

Setelah proses update selesai, secara otomatis laptop melakukan restart. Kemudian pengguna dapat mengecek kembali status kameranya.

4. Memberi Izin Aplikasi

Cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi yang terakhir yaitu dengan mengatur ulang privasi perangkat. Maka pengguna dapat melakukan langkah berikut:

  • Pada menu Start di tampilan Desktop, pilih ‘Settings’.
  • Pilih ‘Privacy’, kemudian pilih ‘Camera’.
  • Aktifkan pilihan akses untuk aplikasi kamera, lalu pilih ‘Allow Apps to Access Your Camera’.
  • Kemudian klik pilihan ‘Camera’, untuk memberikan izin akses pada aplikasi tersebut.

Demikian 4 cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi yang direkomendasikan untuk para pengguna. Jika keempat cara diatas tidak berhasil mengatasi permasalahan kamera, pengguna dapat membawa perangkat ke tempat service laptop Asus terdekat. Atau cara lainnya yaitu dengan menggunakan perangkat eksternal kamera tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *