Tips & Trik

Inilah Ciri Ciri WA Kena Sadap yang Harus Kamu Sadari

9
×

Inilah Ciri Ciri WA Kena Sadap yang Harus Kamu Sadari

Sebarkan artikel ini
Ciri Ciri WA Kena Sadap

WhatsApp menjadi aplikasi chat yang masih nomor satu digunakan oleh semua penggunanya. Bahkan jika dilihat dari pengunduhnya di Play Store dan App Store, WA paling teratas pemakainya. Sebagai salah satu pengguna, tentu Anda harus waspada dan mengetahui apa saja ciri ciri WA kena sadap. Kenapa demikian?

Banyak sekali alasan kenapa sejumlah oknum melakukan penyadapan kepada pengguna WA lain. Padahal kegiatan penyadapan ini termasuk illegal dan melanggar hukum. Supaya lebih berhati-hati dalam memakai WA, berikut ini beberapa informasi mengenai ciri-ciri WA pribadi Anda sedang disadap.

Ciri Ciri WA Kena Sadap dan Langkah Mengantisipasinya

Untuk lebih mudah dalam menjaga keamanan pemakaian WhatsApp, tentunya Anda sebagai pengguna harus lebih waspada dari penyadapan WA. Beberapa ciri ciri WA kena sadap antara lain:

Selalu Online

Ciri pertama adalah notifikasi WA selalu online padahal Anda sedang tidak membukanya memakai perangkat apapun. Notifikasi online menandakan jika WA memang sedang dibuka, sedangkan Anda sendiri tidak sedang memakainya. Hal ini pantas sekali dicurigai dan mintalah teman untuk melihat notif online itu supaya bisa memastikannya.

Jika ingin mengamankannya, silahkan matikan koneksi internet. Kemudian lihat ke menu pengaturan dan cek semua menu akun untuk memastikan apakah ada aktifitas mencurigakan dari akun WA milik Anda.

Pesan Selalu Terbaca

Kemudian ciri selanjutnya adalah pesan yang masuk selalu terbaca. Hal ini pantas dicurigai padahal Anda belum pernah membuka pesan masuk itu. Pembajak atau penyadap biasanya akan selalu mudah dalam mengakses pesan masuk ke WA target, dan hal ini bisa dipastikan dari hal tersebut.

Akun Keluar Sendiri

Kemudian ciri berikutnya adalah akun WA milik Anda keluar dengan sendirinya. Hal ini bisa menjadi pertanda jika aktifitas WA di HP milik Anda memang sedang digunakan pihak lain. Koneksi akun yang tersambung tidak akan terpengaruh apapun asalkan tidak dibuka pada device lainnya.

Perubahan Pengaturan Akun

Ciri selanjutnya adalah adanya perubahan pada pengaturan akun di WA milik Anda. Secara tidak langusng pemakai WA selalu mengingat apas aja yang di setting. Jika dalam beberapa waktu pengaturan itu berbeda atau berubah bisa dipastikan ada peretas yang masuk dan melakukan perubahan pada akun milik Anda.

Kiriman OTP

OTP atau One Time Password merupakan peberitahuan yang masuk berupa kode verifikasi ke pemakai. Hal ini digunakan untuk menyetujui apakah akun tersebut memang milik pengguna dan pengakses nomer yang didaftarkan pada aplikasi WA. Jika ada kiriman itu ke nomer WA Anda bisa dipastikan jika ada pihak lain yang mencoba masuk dan mengaksesnya.

Beberapa hal diatas bisa menjadi ciri-ciri jika WA milik Anda memang sedang disadap pihak lain. Supaya mudah dalam mengantisipasinya, beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Silahkan hapus dan install kembali aplikasi WA di HP Anda. Apalagi jika ada pesan OTP masuk, jangan lama menunggu langsung hapus saja apk dan download kembali untuk memakainya lebih aman.
  • Non aktifkan WA jika memang sudah banyak digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum. Dengan mengganti nomer WA baru tentu pihak penyadap akan kesulitan dalam mengambil data pribadi Anda untuk kedepannya.

Penutup

Nah itulah beberapa ciri ciri WA kena sadap dan solusi terbaik dalam mengatasinya. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, silahkan berhati-hati dalam memakai aplikasi WA dan selalu cek HP milik Anda lebih rutin. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *