Tips & Trik

Penyebab Kenapa Indosat Tidak Bisa Terima SMS yang Jarang Diketahui

1384
×

Penyebab Kenapa Indosat Tidak Bisa Terima SMS yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini

Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Penyebab kartu Indosat tidak bisa terima SMS memiliki alasan yang beragam. Meskipun begitu, Indosat masih menjadi salah satu provider yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Masalah provider ini biasanya adalah tidak dapat menerima SMS masuk.

Mungkin beberapa orang masih menganggap sepele dan mengabaikan hal tersebut. Padahal saat ini banyak aplikasi yang ada di smartphone, seperti: aplikasi chat dan sosial media yang mengharuskan melakukan verifikasi kode OTP saat mendaftar atau masuk. Berikut 5 penyebab kenapa indosat tidak bisa menerima SMS dan cara mengatasinya!

1. Gangguan Jaringan Pada Handphone

Saat melakukan registrasi di suatu aplikasi tiba-tiba kode verifikasi tidak bisa masuk karena terkendala jaringan pasti rasanya kesal sekali bukan? Namun jangan khawatir, berikut cara yang bisa dilakukan untuk memulihkannya.

Kendala jaringan pada provider, bisa diatasi dengan cara memastikan sebelum meminta kode OTP, pastikan handphone berada ditempat yang memiliki jaringan stabil. Selain itu, bisa juga dengan melakukan reset pada perangkat ponsel untuk memulihkan sinyal kembali.

2. Masa Aktif yang Sudah Habis

Penyebab kedua, mungkin nomor sudah tidak aktif karena masa aktif yang sudah habis. Untuk mengetahui tenggat waktu kartu sudah habis atau belum, lakukan pemeriksaan dengan menghubungi *123#, pilih menu ‘Status dan Info’, kemudian ‘Cek Status’.

Lalu akan muncul informasi terkait status masa aktif atau masa tenggang pada kartu indosat. Selain itu, bisa juga dengan menginstall aplikasi My IM3 di playstore untuk mempermudah akses penggunaan aplikasinya nanti.

3. Nomor SMSC Pusat Pesan Tidak Sesuai

Penyebab ketiga kartu Indosat tidak bisa menerima SMS adalah karena nomor SMSC yang tidak sesuai. Nomor SMSC (Short Message Service Center) atau nomor pusat bantuan operator seharusnya sudah terpasang otomatis ketika pemasangan kartu di awal. Lantas bagaimana cara mengecek nomor SMSC?

  • Ketik *#*#4636#*#*.
  • Pilih informasi telepon maupun device information.
  • Cari SMSC dan masukkan nomor SMSC indosat: +62816124/+62855000000.
  • Selanjutnya klik perbarui atau update
  • Refresh HP, kemudian cek apakah sudah bisa menerima sms atau belum.

Adapun hal yang harus diingat adalah beda provider akan beda pula nomor pusatnya. ni diperuntukkan Jika menggunakan kartu Indosat, berarti nomor SMSC-nya yakni +62816124 atau bisa juga +62855000000.

4. Kartu Terblokir

Penyebab indosat tidak bisa terima sms yang keempat karena terdapat pengaturan pemblokiran panggilan atau pesan singkat dalam perangkat smartphone. Hal ini sering tidak disadari oleh beberapa pengguna karena beberapa smartphone memiliki pengaturan default berbeda. Berikut cara mengatasinya:

Bisa periksa bagian setting (pengaturan) pada panggilan atau pesan singkat. Lalu pastikan semua sudah terbuka dan tidak terkunci. Klik izinkan akses pesan atau panggilan masuk dari nomor yang belum disimpan pada ponsel.

5. Memori Penyimpanan yang Penuh

Terakhir, penyebab kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima SMS adalah dikarenakan memori di ponsel penuh. Untuk mengetahuinya, bisa dengan mengecek sisa ruang penyimpanan, lalu hapus atau pindahkan file yang tidak perlu ke memori lain.

Selain itu, juga bisa melakukan clear cache (hapus cache) pada aplikasi-aplikasi yang tersimpan. Bisa juga dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang sudah tidak digunakan agar memori cukup lagi untuk menerima telepon dan pesan.

Itulah tadi 5 alasan kenapa kartu indosat tidak bisa terima SMS. Dari kelima alasan di atas, nomor SMSC yang tidak sesuai menjadi penyebab yang paling sering terjadi pada pengguna kartu indosat. Banyak alasan yang menjadi penyebab kartu indosat tidak bisa menerima SMS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *