Tips & Trik

Inilah Ciri Ciri CCTV Perekam Suara dan Informasi Lainnya

157
×

Inilah Ciri Ciri CCTV Perekam Suara dan Informasi Lainnya

Sebarkan artikel ini

Ciri Ciri CCTV Perekam Suara yanng Perlu Diketahui

Di era yang semakin modern rupanya CCTV menjadi kebutuhan untuk meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar. Biasanya CCTV ini mempunyai fitur perekam suara dengan sistem mumpuni. Ciri ciri CCTV perekam suara ini dapat dilihat dari mic dan modelnya yang sedikit berbeda.

Tidak hanya itu, pengguna dapat melihat lewat sistem yang digunakan seperti IP atau Analog CCTV. Tentunya hal tersebut dapat menjadi acuan sebelum membeli. Berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri dan informasi lainnya dari CCTV perekam suara:

Apakah CCTV Dilengkapi dengan Perekam Suara?

Pada umumnya CCTV model terbaru telah dilengkapi dengan sistem keamanan dan perekam suara. Sedangkan, model lama biasanya tidak memiliki fitur audio sehingga perlu perangkat microphone tambahan. Tentunya kualitas audio yang dihasilkan berbeda tergantung jenis kamera yang digunakan.

Sebagai perbandingan, CCTV yang lebih modern mempunyai perekam suara bawaan dengan sistem audio satu atau dua arah. Sistem audio dua arah ini memungkinkan CCTV merekam aktivitas dari kejauhan.

Selain itu, tipe audio yang digunakan pada kamera biasanya menentukan video dan suara diambil dan disimpan. Kebanyakan kamera pengintai akan dilengkapi input jack untuk microphone eksternal. Jadi, pengguna bisa menambahkan mic ke kamera sebagai alternatif.

Sebenarnya ciri ciri CCTV perekam suara dapat dilihat dari segi model serta adanya mic di bagian tertentu. Tentunya didukung dengan teknologi dan cara kerja audio yang berbeda. Inilah ciri-ciri dan penjelasannya yang dapat diketahui.

Ciri-Ciri Secara Umum

Apabila dilihat secara umum, CCTV dengan perekam suara memiliki tampilan berbeda. Terdapat mic di yang tertanam pada bagian tertentu di kamera. Berikut ini penjelasan selengkapnya antara lain:

  • Memiliki Tampilan Berbeda. CCTV keluaran terbaru biasanya mempunyai fitur untuk mendeteksi suara dengan kualitas bagus. Tampilan CCTV perekam suara ini dilengkapi dengan lampu infra merah yang diletakkan di dekat mic.
  • Mempunyai Microphone. Untuk dapat merekam suara, maka microphone perlu ditambahkan di bagian tertentu pada perangkat CCTV. Hal ini ditandai dengan lubang kecil tanpa lampu yang diletakkan di pinggir kamera. Ciri ini memang paling mudah untuk dilihat sebagai pembeda.

Ciri Berdasarkan Sistem

CCTV perekam suara biasanya didukung sistem canggih yang memungkinkan pengguna memeriksa hasil rekaman dengan mudah. Inilah ciri-ciri berdasarkan sistem yang perlu diketahui:

1. Analog CCTV

Jenis CCTV ini umumnya akan mengirim audio yang terekam ke DVR. Merekam suara dengan metode ini akan memungkinkan DVR menerima langsung sinyal transmisi analog. Nantinya pengguna bisa memeriksa data melalui DVR.

Setelah itu, tugas DVR menangani proses lain serta mendigitalkan transmisi analog. Hal inilah yang akan memudahkan pengguna memutar rekaman video dengan audio.

2. IP CCTV

Pada dasarnya IP CCTV dilengkapi dengan sistem audio bawaan. Audio input yang dimiliki langsung diarahkan ke IP camera. Nantinya kamera akan mengontrol bagaimana suara terekam dan hasilnya bisa dimainkan ulang.

Metode ini juga memungkinkan mic atau sinyal transmisi untuk mendigitalkan data audio. Lalu, kamera akan bertanggung jawab untuk mengirim transmisi audio kembali ke NVR. Selain itu, pengguna dapat mengakses data melalui perangkat digital seperti ponsel, desktop, laptop hingga tablet.

Demikian pembahasan mengenai ciri ciri CCTV perekam suara yang perlu diketahui. Pengguna bisa memilih jenis CCTV berdasarkan model dan fitur yang ada di dalamnya. Selain itu, kini sudah banyak brand yang menghadirkan sejumlah keunggulan, sehingga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *