Tips & Trik

Simak Cara Top Up e Money di Shopee, Tak perlu Repot!

×

Simak Cara Top Up e Money di Shopee, Tak perlu Repot!

Sebarkan artikel ini

Cara Top Up e Money di Shopee yang Perlu Diketahui

cara top up e money di shopee

Kini tidak perlu repot untuk mengisi e-Money, cara top up e Money di Shopee pun mudah cukup melalui ponsel saja. Di era digital, e-Money sangat dibutuhkan untuk beberapa pembayaran seperti kartu tol dan transportasi KRL. Dan, dapat digunakan untuk pembayaran lain.

Cara Top Up e Money di Shopee

Untuk bisa top up di Shopee memiliki persyaratan yakni saldo maksimal pada kartu e-Money sejumlah dua juta rupiah, dan minimal sepuluh ribu. Top up melalui Shopee dikenakan biaya administrasi sejumlah Rp. 1.500 saja. Untuk itu, berikut beberapa langkahnya:

  • Pastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet, buka aplikasi Shopee dan akan muncul halaman utama pada Shopee.
  • Pilih menu item ‘Pulsa, Tagihan dan Hiburan’. Tunggu hingga tampil menu baru lagi.
  • Kemudian pilih menu item ‘Uang Elektronik’, dan akan muncul halaman kolom yang perlu diisi.
  • Isi dengan 16 digit angka kartu e-Money atau dengan NFC kemudian pilih ‘Update’.
  • Setelah itu, pilih jenis kartu e-Money lalu tempelkan kartu pada bagian belakang ponsel. Setelah terbaca silahkan pilih ‘Top Up’.
  • Masih ada opsi lagi yang perlu dipilih, pilih besaran nominal yang diinginkan untuk top up kemudian pilih ‘Lanjut’.
  • Akan muncul halaman baru, kemudian pilih metode pembayaran. Pembayaran bisa melalui transfer bank, ShopeePay, atau melalui pembayaran lainnya.
  • Selesaikan terlebih dahulu pembayaran. Bila sudah, tunggu proses transaksinya sampai berhasil, jika berhasil pilih ‘Update Saldo’.
  • Terakhir, tempelkan kembali kartu e-Money pada belakang ponsel dan jangan dilepas bila saldo belum bertambah.

Cara Mengatasi Kendala Top Up e-Money di Shopee

Bila ingin mengisi saldo e-Money melalui ponsel tanpa NFC langkahnya sama seperti yang menggunakan NFC. Tetapi setelah proses pengisian berhasil saldo di update lewat ATM Mandiri, mesin EDC atau di minimarket terdekat. Tentu dalam bertransaksi terdapat kendala, beberapanya yakni:

1. Transaksi Berhasil Tapi Saldo Tidak Bertambah

Bila transaksi dinyatakan berhasil tetapi di cek saldonya tidak bertambah, pastikan kembali transaksinya benar-benar berhasil. Serta pastikan kembali kartu sudah di update saldonya. Bila tidak bisa update saldo lewat Shopee, maka bisa menggunakan aplikasi yang lainnya seperti Tokopedia, LinkAja, dan lainnya.

Hal terakhir yang bisa dilakukan bila tidak dapat update saldo maka cetak riwayat transaksi kartu e-Money via ATM. Kemudian, cetak riwayat tersebut sertakan untuk bukti saat melapor pada customer service Shopee. Hal itu digunakan untuk dapat ditindak lanjuti.

2. Top Up Gagal Tetapi Saldo Berkurang

Saldo tetap berkurang padahal transaksi gagal tentu hal yang sangat menjengkelkan dan sudah banyak pengguna yang mengalaminya. Seharusnya uang digunakan untuk top up di tempat lain, tetapi harus tersedot. Terkadang hal itu disebabkan karena belum melakukan update balance saldo e-Money.

Pengguna terkadang terlalu terburu-buru ingin segera menggunakan kartu e-Money setelah diisi, tanpa melihat lagi saldo kartunya sudah di update belum. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya saldo padahal top upnya gagal.

3. Saldo Tidak Segera Terisi

Tertunda atau tidak segera terisinya saldo dari e-Money dapat dikarenakan server Shopee yang error atau dalam perbaikan. Setelah melakukan transaksi biasanya dalam waktu 24 jam di hari kerja. Dan saldo akan terisi otomatis setelah kartu e-Money di update.

Bila setelah update ternyata saldo tidak juga terisi, maka bisa kendala tersebut dapat diajukan ke customer service Shopee. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam pelaporan kendala perlu dicantumkan bukti transaksi yang didapat melalui ATM. Kemudian, tunggu balasan tindak lanjutnya.

Demikian penjelasan dari cara top up e Money di Shopee yang bisa dijadikan bacaan untuk mengetahui cara bertransaksi online. Tentu dengan aplikasi tersebut terdapat keunggulan, kekurangan serta kendala yang dapat dilihat sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai alat top up.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *