Tips & Trik

Cara Setting Router Lewat HP, Ini Penjelasannya

15
×

Cara Setting Router Lewat HP, Ini Penjelasannya

Sebarkan artikel ini

Langkah Cara Setting Router Lewat HP yang Mudah Diikuti

Pemasangan dan setting router harus sesuai agar tidak berpengaruh pada sinyal. Para pengguna bisa melakukan setting pada router ini hanya dengan hp yang dimiliki. Untuk tata cara setting router lewat hp bisa dilakukan lewat aplikasi maupun tidak.

Menyetting Router Menggunakan Google

Setting router lewat hp bisa menggunakan Google. Terdapat beberapa langkah-langkah untuk settings router lewat Google. Yuk simak bagaimana langkah menyetingnya yaitu :

1. Memahami Tata Cara Setting Router

Cara setting router lewat hp bisa dilakukan jika sudah tahu bagaimana caranya, maka pastikan sudah paham caranya. Harus tahu juga apa saja yang perlu disiapkan seperti router aktif dan Google. Hubungkan WiFi yang ingin di setting dengan ponsel.

Menghubungkan WiFi dengan ponsel bisa lewat pengaturan. Dengan cara mencari nama WiFi lalu klik hubungkan dan tunggu sampai WiFi benar-benar terhubung.

2. Mengatur Nama Jaringan

Lakukan pengaturan nama jaringan di pengaturan wifi dengan mengklik lanjut setelah configure hotspot. Berbeda dengan iPhone dapat mengatur nama jaringan lewat personal hotspot. Tuliskan nama jaringan sesuai dengan keinginan. Nonaktifkan juga bluetooth agar proses mengatur nama jaringan lancar.

3. Menyetting Router

Pergi ke Google/Chrome/Browser untuk melakukan setting router khusus ponsel. Ketikkan alamat internet protokol lalu masuk. Baru atur ulang username, password, penggunaan WiFi dan lain-lain. WiFi kembali bisa digunakan lagi. 

Menyetting Router Melalui Aplikasi

Tidak hanya melalui google, setting router bisa dilakukan melalui aplikasi TP-Link. Mari ketahui bagaimana langkah cara menyeting router lewat aplikasi TP-Link yaitu :

1. Mendownload Aplikasi TP Link

Sebelum menyetting menggunakan TP-Link maka harus mengunduhnya terlebih dahulu di play store. Kemudian pasang aplikasi setelah hasil unduhan selesai. Hanya saja jika menggunakan aplikasi ini, jenis router harus TP-Link juga. Hidupkan router jika router sudah TP-Link.

2. Menyambungkan WiFi Ke Router TP-Link

Sambungkan WiFi dengan router TP-Link lewat aplikasi pengaturan di ponsel. Tekan pengaturan WiFi lalu cari nama jaringan yang akan dihubungkan. Lakukan refresh jika nama jaringan yang dicari belum muncul. Sambungkan WiFi dengan ponsel agar router dapat diatur melalui aplikasi TP-Link.

3. Buka Aplikasi TP-Link

Cari router yang biasanya ada di menu local device lalu buat kata sandi baru. Buka quick setup lalu ubah network name dan password baru klik next. Simpan semua pengaturan agar semua tersimpan sesuai dengan pengaturan yang sudah diatur. Selanjutnya WiFi sudah bisa digunakan secara normal karena sudah diatur.

Username & Password Untuk Masuk Router

Web UI 192.168.0.1 adalah web yang digunakan untuk masuk saat melakukan setting router. Pada beberapa jenis router, untuk masuk biasanya disediakan akses di belakang perangkat router. Pengguna dapat login melalui username dan password yang ditetapkan jika tidak diberi akses dari perangkat routernya.

IP address yang bisa dipakai 192.168.0.1 tapi beberapa router IP addressnya tidak sama. Oleh karena itu cari tahu ip address lewat google, buku petunjuk router maupun di bagian tubuh router. Pemakai dapat masuk untuk mengatur router dengan password dan username admin yang ditulis dengan huruf kecil semua.

Itulah cara setting router lewat hp yang bisa dilakukan lewat aplikasi maupun Google. Pelajari terlebih dahulu cara mengaturnya agar saat menyetting tidak ada kesalahan. Segera hubungi pihak tempat pemasang WiFi jika sudah mencoba router tetap tidak bisa diatur. Letakkan router di tempat yang aman agar tahan jangka panjang dan tidak mudah rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *