Tips & Trik

Cara Setting Kamera HP Agar Bagus Tanpa Bantuan Aplikasi Tambahan

8
×

Cara Setting Kamera HP Agar Bagus Tanpa Bantuan Aplikasi Tambahan

Sebarkan artikel ini

Cara Setting Kamera HP Agar Bagus, Dan Wajib Dicoba

Dewasa ini tak perlu menggunakan kamera yang bagus untuk membuat konten foto ataupun video karena HP pun bisa melakukannya. Melakukan cara setting kamera HP agar bagus pun bisa sekali dilakukan agar kualitasnya menjadi lebih bagus. Begini caranya:

1. Exposure Triangle

Rumus triangle ini yaitu perlu kerjasama yang baik antara shutter speed, aperture, dan ISO supaya bisa menghasilkan gambar yang terbaik. Ketiga komponen tersebut harus bisa seimbang supaya gambarnya tidak monoton atau kualitasnya biasa saja.

Kunci ini tentu tidak banyak diketahui oleh orang awam karena hanya para ahli saja yang sudah mengetahuinya. Pengaturan ini dipercaya mampu membuat hasil gambar yang ditangkap kualitasnya setara dengan kamera DSLR.

2. White Balance

Fitur ini bisa ditemukan pada kamera bawaan pada setiap HP sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi lain. Cara kerjanya yaitu dengan menyesuaikan cahaya putih sehingga kedudukannya mampu menggeser warna lainnya. fotografer pun bisa lebih kreatif ketika membidik sasarannya.

cara setting kamera HP agar bagus ini bisa diatur ketika melakukan pemotretan di luar ruangan supaya bisa mendapatkan foto langit yang lebih cerah. Tak akan rugi jika memanfaatkan fitur ini karena terbukti efektif mampu membuat gambar terlihat lebih jernih dan memukau.

Kemampuan yang perlu diasah selanjutnya yaitu dengan memilih angle yang tepat ketika mengambil fotonya sehingga gambarnya terlihat lebih proporsional. Skill ini membutuhkan pengalaman yang banyak sehingga perlu dibiasakan terlebih dahulu.

3. Shooting RAW

Melakukan pengaturan setting RAW bisa dilakukan ketika HP yang dimiliki memang mendukung untuk melakukan pengaturannya. Tak perlu khawatir karena HP yang canggih saat ini sudah mendukung adanya pengaturan RAW sehingga tak akan membuat sedih.

Kelemahan dari pengaturan ini yaitu ukuran file menjadi lebih besar. Namun, hal tersebut bukanlah masalah yang besar karena hasilnya pun akan jauh lebih bagus meskipun tidak dilakukan pengeditan terlebih dahulu.

Apabila fotografer ingin melakukan editing pada gambar ini pun akan terlihat lebih bagus karena gambar aslinya saja sudah bagu. Ketika format fotonya diubah ke bentuk JPEG, memang akan mengkompres kualitasnya, namun tidak akan membuatnya pecah ketika di upload ke media sosial.

4. Exposure Compensation

Pengguna HP yang sering melihat tanda plus dan minus ketika masuk ke aplikasi kamera, maka itu adalah pengaturan mengenai kontrol exposure compensation. Setiap ponsel pintar tentu memiliki fitur ini pada aplikasi kameranya sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatur cahayanya.

Tentunya setiap kamera akan bekerja keras untuk mengukur dan menentukan cahaya yang tepat ketika akan melakukan bidikan. Namun, pada kondisi tertentu terkadang kamera tidak bisa menjalankan perannya secara maksimal sehingga perlu dilakukan pengaturannya secara manual terlebih dahulu.

5. Aperture

Kamera yang ada pada HP biasanya dilengkapi dengan diafragma yang digunakan untuk menangkap cahaya melalui sensornya. Adanya Aperture ini bisa digunakan untuk mengatur seberapa lebar dari lubang yang akan dilalui oleh cahaya ini sehingga sangat bermanfaat.

Aperture mampu meningkatkan eksposur apabila ukurannya lebih lebar. Fungsinya juga bisa membuat latar belakangnya tidak blur sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Fotografer yang ingin tetap fokus pada fotonya, bisa menggunakan aperture lebih sempit namun harus mengganti eksposurenya.

Itulah cara setting kamera HP agar bagus yang mungkin dicoba tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Fitur yang ada pada kamera bawaan HP pun bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengaturan kameranya supaya lebih bagus lagi dalam menangkap setiap momennya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *