Tips & Trik

3 Cara Screenshot Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Screenshot dan Penyebabnya

×

3 Cara Screenshot Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Screenshot dan Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
cara screenshot aplikasi yang tidak bisa di screenshot

Mendapatkan tangkapan layar yang diinginkan dari smartphone kini dapat dilakukan dengan metode screenshot. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa aplikasi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan tangkapan layar. Bagaimana cara screenshot aplikasi yang tidak bisa di screenshot?

Biasanya, ketika usaha untuk mengambil tangkapan layar gagal, akan muncul pesan yang menyatakan Tidak dapat menyimpan gambar karena sistem keamanan. Namun, pengguna masih memiliki opsi untuk mengambil tangkapan layar dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau mempergunakan aplikasi tambahan.

Cara Screenshot Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Screenshot

Metode ini umumnya mengharuskan penggunaan aplikasi dari pihak ketiga. Dengan kata lain, menggunakan sebuah aplikasi tambahan yang diinstal di perangkat pintar. Pendekatan ini tak hanya berlaku untuk perangkat berbasis Android, tetapi juga dapat dilakukan pada perangkat berbasis iOS. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Aplikasi DU Recorder

Seringkali, beberapa aplikasi tidak memungkinkan untuk discreenshot atau diambil tangkapan layarnya menggunakan metode apa pun. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan fitur yang tersedia dalam aplikasi Du Recorder. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal DU Recorder pada smartphone Android pengguna. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut.
  • Aktifkan fitur tangkapan layar terlebih dahulu. Setelah berhasil diaktifkan, user akan melihat icon kamera muncul di sudut kiri layar.
  • Terakhir, cukup tekan icon kamera tersebut untuk mengambil tangkapan layar dari aplikasi Android yang diinginkan. Hasil tangkapan layar akan otomatis disimpan di galeri ponsel pengguna.

2. Menggunakan AZ Screen Recorder

Beberapa aplikasi tambahan berguna untuk melakukan tangkapan layar pada aplikasi yang tidak dapat ditangkap layar, seperti Mobile Banking. AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi yang dapat merekam semua aktivitas layar smartphone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi AZ Screen Recorder melalui Play Store. Setelah berhasil, buka aplikasi yang hendak ditangkap layarnya.
  • Pilih bagian yang hendak ditangkap layar, lalu ketuk ikon AZ Screen Recorder. Setelah itu, ketuk tombol Rekam untuk memulai proses perekaman layar. Tunggu hingga video rekaman mencapai minimal 5 detik sebelum menekan tombol Stop untuk mengakhiri perekaman.
  • Setelah berhenti, video rekaman akan muncul. Putar video tersebut untuk memastikan hasilnya.
  • Setelah itu, lakukan tangkapan layar menggunakan metode yang sesuai dengan perangkat. Pastikan untuk menyimpan hasil tangkapan layar sesuai keinginan.

3. Berpindah Dari Aplikasi ke Web Browser

Untuk mencegah pengguna dari mengambil tangkapan layar, banyak aplikasi telah melakukan upaya maksimal. Hal ini dimaklumi sepenuhnya karena perlindungan data sensitif menjadi prioritas utama. Jika ingin tetap melakukan tangkapan layar, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah membuka peramban internet. Setelah itu, akses versi web aplikasi yang tidak bisa di screenshot tadi.
  • Setelah masuk ke web tersebut, cukup ambil tangkapan layar atau screenshot.
  • Metode ini merupakan cara yang sangat efektif tanpa memerlukan bantuan pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Namun perlu diingat bahwa mungkin tidak semua aplikasi memiliki versi webnya.

Penyebab Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Screenshot

Terdapat beberapa alasan mengapa tangkapan layar atau screenshot tidak dapat dilakukan di perangkat Android, selain pembatasan yang diberlakukan oleh aplikasi. Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan hal ini antara lain:

  • Kebijakan yang telah ditetapkan oleh pengembangnya.
  • Penggunaan aplikasi dibatasi oleh sistem.
  • Menjaga privasi pengguna.

Nah itulah uraian dan penjelasan cara screenshot aplikasi yang tidak bisa di screenshot serta penyebabnya. Jadi bisa dipahami dulu penyebabnya dan bisa selanjutnya bisa dicoba caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *