Tips & Trik

Begini Cara Reset Modem Indihome yang Bisa Dilakukan Sendiri

12
×

Begini Cara Reset Modem Indihome yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebarkan artikel ini

Inilah Cara Reset Modem Indihome yang Mudah

Indihome menjadi layanan ISP atau Internet Service Provider yang hingga sekarang masih menjadi primadona di Indonesia. Namun terkadang terdapat beberapa masalah yang dialami oleh pengguna Indihome dan mengharuskannya melakukan cara reset modem Indihome agar jaringannya bisa normal kembali.

Cara Melakukan Reset Modem Indihome Sendiri

Koneksi internet yang tiba – tiba hilang menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami pengguna Indihome. Untuk itu, para pengguna Indihome wajib tahu cara melakukan reset modem Indihome supaya dapat mengatasi sendiri permasalahan seperti ini. Berikut beberapa caranya:

1. Gunakan Tombol Power

Cara reset modem Indihome yang paling mudah yaitu dengan menggunakan tombol power yang terletak di bagian belakang router. Reset modem dengan acara ini terbilang cukup sederhana, bahkan sering disarankan oleh petugas dari Indihome sendiri. Berikut langkah – langkahnya:

  • Cari tombol power dahulu.
  • Setelah itu, tekan tombol power sampai modem dalam keadaan mati.
  • Jika modem sudah dalam keadaan mati, langsung lepaskan tombol power.
  • Selanjutnya, tekan kembali tombol power hingga modem kembali menyala lagi.
  • Ulangi langkah ini jika modem masih belum stabil jaringannya.

2. Tekan Tombol Kecil di Modem

Terdapat beberapa tombol pada modem Indihome yang bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah. Salah satunya, tombol kecil yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan reset modem. Cara ini terbilang cukup ampuh dan tidak kalah mudah untuk dilakukan dari cara sebelumnya. Berikut langkahnya:

  • Siapkan benda kecil yang memiliki ujung runcing seperti jarum atau tusuk gigi.
  • Carilah tombol kecil pada modem yang umumnya terletak di bagian belakang dekat dengan tombol power.
  • Tekan tombol kecil tersebut 3 sampai 5 detik menggunakan benda kecil yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga modem mati dan menyala kembali.

3. Melalui IP Address

Pengguna Indihome juga bisa melakukan tindakan reset pada modem melalui IP Address. Dimana, IP Address setiap pengguna bisa di cek terlebih dahulu di website resmi Indihome. Langkah – langkah yang harus dilakukan juga sangat mudah.

  • Buka aplikasi browser dan kunjungi website resmi Indihome.
  • Setelah itu, masukkan username serta password default Wifi milik pengguna.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Administrator di bagian bilah samping dan klik opsi System Management.
  • Klik tombol Reboot.
  • Setelah itu, modem akan otomatis melakukan reset sesuai perintah.

Fungsi Reset Modem Indihome

Reset modem pada router Indihome tidak disarankan dilakukan jika tidak terdapat masalah pada modem yang sedang digunakan. Ini karena reset termasuk tindakan serius yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai macam hal. Dengan melakukan reset, maka semua pengaturan akan kembali default.

Beberapa alasan yang mendasari seseorang melakukan reset modem yang pertama yaitu karena pengguna ingin menghapus seluruh konfigurasi yang telah dibuat. Alasan yang kedua yaitu pengguna modem lupa kata sandi, padahal sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya tetapi masih tidak bisa.

Selain itu, alasan lainnya juga dapat berupa kualitas jaringan internet dari modem yang tiba – tiba hilang dan tidak stabil. Padahal belum melebihi batas pemakaian atau FUP internet yang sebelumnya telah ditetapkan. Sehingga, cara yang bisa dicoba yaitu melakukan reset.

Itu dia cara reset modem Indihome dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Apabila sudah mencoba semua cara tersebut, tetapi masalah belum juga bisa teratasi. Maka, cara satu – satunya yang harus dilakukan adalah segera menghubungi petugas Indihome.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *