Perangkat lunak Excell adalah aspek yang penting untuk dikuasai karena penggunaannya dalam dunia kerja yang sangat banyak. Cara penggunaan rumus Excel untuk tiap rumusnya berbeda sehingga harus dipelajari dengan serius.

Dalam mempelajari praktik untuk tiap rumus Excel memerlukan kesabaran dan ketekunan agar cepat dimengerti dan tidak mudah lupa. Berikut ini adalah cara penggunaan untuk beberapa rumus dalam perangkat lunak Excel antara lain:

Cara Gunakan Rumus COUNTIF

Dalam perangkat lunak Microsoft Excel terdapat rumus Excel yang dinamakan rumus COUNTIF. Rumus ini memiliki fungsi yang penggunaannya banyak digunakan untuk kepentingan statistik. Berikut adalah cara penggunaan rumus Excel Countif antara lain:

  • Langkah awal, Persiapkan data yang akan dijumlahkan.
  • Setelah itu, ketik kode “=COUNTIF(“ di sebuah cell yang kosong.
  • Untuk menjumlahkan data dengan rentang range tertentu, maka kode yang diketik menjadi “=COUNTIF(C4:C8”.
  • Setelah itu, masukkanlah nilai dari data yang akan dijumlahkan datanya. Untuk memberi batas antara range data dengan nilai data maka berikanlah tanda titik koma. Contoh penulisan rumusnya adalah “=COUNTIF(C4:C8;2)”
  • Jika masih baru mencoba maka sebaiknya siapkan beberapa buah data acak untuk melihat apakah sudah mengerti dan bisa langsung berhasil dalam praktiknya atau belum.

Cara Gunakan Rumus Kombinasi

Rumus kombinasi ini merupakan rumus gabungan dari beberapa rumus dasar yang digunakan secara sekaligus. Dengan menggunakan rumus kombinasi, pekerjaan bisa lebih cepat selesai. Berikut adalah langkah penggunaan rumus kombinasi antara lain:

  • Untuk memakai rumus kombinasi ini dalam Excel tentunya pengguna Excel harus sudah mengetahui beberapa rumus dasar dari Excel.
  • Rumus dasar yang sudah diketahui tersebut kemudian bisa dikombinasikan dan menghasilkan rumus kombinasi.
  • Dalam membuat kombinasi rumus pada suatu data, maka ketikkan rumus-rumus dasar yang digunakan untuk selembar data tersebut pada satu cell.
  • Untuk penggunaan rumus yang berikutnya, lakukanlah dengan menggandakan rumus kombinasi yang telah dituliskan tadi.
  • Menggandakan rumus Excel bisa dilakukan dengan memilih cell rumus utama, setelah itu menariknya ke arah sudut pada bagian kanan bawah.
  • Rumus kombinasi ini akan lebih mudah digunakan jika telah memahami rumus dasar penjumlahan hingga pembagian pada Excel.

Penggunaan Rumus SUM

Dalam penggunaan software Microsoft Excel, ada juga rumus yang cukup banyak digunakan yakni rumus SUM. Rumus ini berfungsi untuk penjumlahan yang ada dalam pengolahan suatu data. Berikut ini adalah cara penggunaan rumus SUM antara lain:

  • Pilih data yang akan dijumlahkan.
  • Pada data yang akan dijumlahkan ketikkan rumus “=SUM(“
  • Setelah itu, ketikkan juga rentang Cell yang menjadi batas data yang dijumlahkan.
  • Masukkan rentang Cell yang dipilih ke rumus SUM dan jangan lupa untuk memberikan tanda : di tengah kedua rentang.

Penggunaan Rumus IF

Dalam penggunaan Microsoft Excel ternyata juga ada rumus khusus yang diperuntukkan bagi kepentingan perhitungan logika yang lebih biasa dikenal dengan rumus IF. Berikut cara penggunaan rumus IF antara lain:

  • Pilih data yang akan dinilai kebenarannya atau dikelompokkan menurut suatu kriteria tertentu.
  • Salah satu contoh penggunaan IF adalah ketika akan menentukan siswa lulus ujian atau tidak.
  • Dalam penggunaannya, rumus IF diketikkan dengan “=IF(Logika;”TRUE”;FALSE).
  • Ketika akan digunakan untuk menentukan kelulusan siswa, rumus ini akan bekerja dengan membandingkan nilai siswa dengan nilai rata-rata seluruh siswa. Jika nilai siswa lebih besar dari nilai rata-rata, maka siswa tersebut lulus dan akan mendapatkan status “LULUS”.

Demikian penjelasan tentang contoh dari cara penggunaan rumus Excel yang memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan untuk banyak hal. Dengan memiliki ilmu dan penggunaan yang benar dari rumus Excel membuat tumbuhnya kemampuan menggunakan Excel.