Tips & Trik

Cara Pasang Router Wifi Dengan Mudah

9
×

Cara Pasang Router Wifi Dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Pasang Router Wifi Tanpa Ribet

Cara pasang router wifi bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Sebagai konsumen penggunaan layanan internet tentu pernah mengalami koneksi internet lemot. Hal itu disebabkan oleh jangkauan koneksi internet yang kurang luas. Untuk memperluas jaringan pelanggan Wifi bisa menggunakan perangkat yang sudah tersedia.

Perangkat untuk memperluas jangkauan internet dinamakan Router Wifi. Cara memasangnya juga mudah dilakukan. Dalam memasang router juga bisa jika tidak menggunakan kabel. Di bawah ini beberapa langkah yang bisa diikuti ketika ingin memasang router wifi:

1. Mengaktifkan serta menghubungkan Modem Dengan Router

Langkah pertama dalam memasang router yaitu dengan mengaktifkan serta menghubungkan modem ke router tersebut. Caranya yaitu dengan mencolokan kabel ke stopkontak. Setelah kabel tercolok maka tekan tombol daya sampai posisi ON.

Pengguna wifi bisa menyambungkan modem dengan kabel ethernet. Beberapa tipe modem telah didukung Uplink atau WAN. Ketika menghubungkan kabel, pastikan kabel tidak longgar dan dicolokan dengan kuat.

2. Menyambungkan Router Ke Komputer

Cara pasang router wifi yang kedua yaitu dengan menghubungkan router ke komputer. Cara menghubungkannya dengan kabel jaringan. Apabila memakai wifi dari router untuk penginstalan awal tidak disarankan.

Hal tersebut dikarenakan pengaturan wifi belum atau tidak dikonfigurasi secara baik. Instalasi pada router dengan menggunakan kabel bertujuan agar terhindar dari koneksi jaringan yang buruk saat instalasi. Jika koneksi tidak stabil maka penginstalan akan terhambat.

3. Membuka Menu Log In Dan Router

Setelah router dan komputer terhubung maka bukalah web browser. Selanjutnya masukan alamat router agar bisa masuk ke admin. Login router dapat dilakukan dengan masuk ke web yang sudah ditentukan . jika tidak bisa login atau gagal disarankan untuk Mengecek buku panduan yang ada pada router.

Apabila telah masuk ke menu admin pengguna aka diminta memasukan username dan kata Sandi. Ketika melakukan pembelian router biasanya terdapat username dan password bawaan yaitu Admin dan password. Username dan password tersebut harus segera diganti untuk menghindari orang usil yang ingin merusak jaringan.

4. Memasukan Informasi Dan Data Tentang Koneksi Internet

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan ketika memasang router yaitu memasukkan informasi dan data tentang koneksi internet. Setelah memasukan informasi kemudian konfigurasi router sesuai dengan provider atau jaringan yang dipakai.

Contohnya jika memakai DSL internet, maka yang perlu dimasukan yaitu pengaturan PPPoE username serta kata Sandi pada router. Hal tersebut dilakukan juga apabila memakai alamat IP. Langkah ini sangat penting untuk menentukan koneksi jaringan yang ada.

5. Mengupdate Alamat Mac Router

Terdapat beberapa provider mengotentikasi pelanggannya menggunakan alamat MAC. Jika provider yang digunakan menggunakan alamat MAC maka pengguna bisa mengupdate nya melalui menu admin pada router. Cara mengupdate nya sangat mudah.

Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang terdapat di buku panduan. Di buku panduan tersebut sudah lengkap caranya. Disamping lengkap caranya juga mudah untuk dipahami.

6. Mengubah Nama Jaringan Atau SSID

Ketika membeli router maka nama yang ada adalah nama bawaan atau nama default yang sesuai dengan produsennya. Untuk menjaga keamanan, pengguna bisa mengubah atau mengganti nama SSID-nya.

Apabila sudah diganti, pengguna bisa memverifikasi ulang sambungan jaringan lokal antara router dan Komputer. Pengguna juga harus memastikan jika komputer bisa menerima data atau informasi tentang alamat IP dari router dengan baik. Jangan lupa mengecek komputer apakah sudah terhubung ke internet atau belum.

Nah itulah beberapa cara pasang router wifi dengan mudah. Koneksi internet lancar memang dipengaruhi oleh pemasangan router yang benar. Router sendiri memang dibuat dengan tujuan untuk memperlancar jaringan internet yang terdapat didalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *