Tips & Trik

Cara Pakai Google Translate dengan Kamera HP, Tidak Usah Membawa Kamus Lagi

34
×

Cara Pakai Google Translate dengan Kamera HP, Tidak Usah Membawa Kamus Lagi

Sebarkan artikel ini

Cara Pakai Google Translate dengan Kamera HP

Cara Pakai Google Translate dengan Kamera HP

Bahasa alat komunikasi utama ketika berhubungan dengan orang lain. Bagi orang yang belum fasih berbahasa Inggris ketika pergi ke luar negeri tidak perlu khawatir ternyata kamera smartphone dapat digunakan sebagai penerjemah yang akurat. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara pakai google translate dengan kamera HP dengan penjelasan di bawah.

Cara Pakai Google Translate dengan Kamera HP

Beberapa waktu yang lalu Google Translate memang sudah banyak dikenal orang untuk dijadikan alat penerjemah bahasa. Namun pemakaiannya masih sebatas diketikkan kemudian diterjemahkan sehingga membutuhkan waktu lama.

Berkembangnya teknologi akhirnya memudahkan kita, karena Google Translate sekarang hanya membutuhkan HP smartphone untuk melakukan tugasnya tanpa harus mengetik lagi.

Seiring perkembangan jaman yang kian canggih, smartphone merupakan kebutuhan pendukung yang utama karena banyaknya fungsi tambahan yang dimilikinya. Salah satunya adalah bisa menjadi kamus saku untuk menerjemahkan bahasa Inggris. Adapun cara pakai google translate dengan kamera HP adalah sebagai berikut :

1. Menginstall aplikasi Google Translate

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Google Translae di App Store ataupun Google Play. Pastikan proses intalasinya sudah benar dan terlihat lambang aplikasi.

2. Pilihlah bahasa apa yang akan ditranslate

Pilih bahasa utama kamu dan bahasa kamu dan bahasa yang akan diterjemahkan, misalnya saja Indonesian dan English. Kemudian aktifkan pilihan Translate offline, hal ini bermanfaat agar ketika kamu tidak mempunyai kuota internet, kamu masih bisa menterjemahkan bahasa yang sudah dipilih. Jangan lupa untuk selalu klik tombol “Done” dan perangkat sudah tersiksa.

3. Aktifkan Google Translate dengan kamera

Untuk mengaktifkannya, klik tombol yang berbentuk kamera tepat berada di kiri bawah text box agar dapat mengaktifkan Google Translate camera mode. Apabila aplikasi meminta izin akses kamera, maka jangan lupa untuk mengklik tombol Allow. Maka mode Google Translare kamera akan terbuka secara otomatis.

4. Arahkan kamera pada bahasa yang tulisan yang ingin ditranslate

Kemudian kamu bisa mengarahkan kameramu ke tulisan yang ingin ditranslate. Seperti pada papan informasi, tata cara besar, dan lain-lain. Terjemahan bahasa yang dilakukan oleh Google Translate ini memang dilakukan secara real time sehingga tulisan akan langsung muncul di layar  smartphone.

5. Mematikan fitur kamera setelah digunakan

Selesai menggunakan fitur kamera atau tidak ingin menggunakan Google Translate secara real time, kamu bisa menonaktifkan fitur ini. Caranya dengan menekan tombol berbentuk mata hijau yang terletak di kanan bawah layar sehingga fitur otomatis mati.

Kamu tetap bisa menerjemahkan bahasa dengan foto tulisan atau papan informasi. Kemudian secara otomatis Google Translate akan menerjemahkannya untuk kamu.

Penutup

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara pakai Google Translate dengan kamera HP yang bisa kamu praktekkan ketika bepergian atau liburan ke luar negeri. Semoga artikel ini berguna untukmu dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *