Tips & Trik

Ketahui 3 Cara Merubah Suara Video Menjadi Teks di Android Lengkap Dengan Penjelasannya

26
×

Ketahui 3 Cara Merubah Suara Video Menjadi Teks di Android Lengkap Dengan Penjelasannya

Sebarkan artikel ini

Berbagai Cara Merubah Suara Video Menjadi Teks di Android yang Mudah

Ingin mengetahui cara untuk mencatat seluruh teks pada video? Daripada perlu menonton video berkali-kali, teks tinggal diubah atau ditranskrip dari video dengan menggunakan situs atau fitur. Cara merubah suara video menjadi teks di Android juga terbilang cukup mudah.

Terkadang, mencatat seluruh tulisan yang ada pada video akan membutuhkan waktu yang lama. Hal tersebut karena pencatat akan mengulang-ulang video untuk mengecek ulang tulisan, khususnya bahasa Inggris. Untuk menghemat waktu, teks video dapat ditranskrip dengan menggunakan berbagai cara sebagai berikut:

1. Dengan Menggunakan Situs Anthiago

Cara merubah suara video menjadi teks di Android yang pertama adalah Anthiago. Situs ini dikenal dapat mengubah suara pada video menjadi teks, yang kemudian dapat disalin secara gratis. Sayangnya, video yang dapat diubah hanya video YouTube. Untuk menggunakannya, begini langkah-langkahnya:

  • Mula-mula, kunjungi situs Anthiago melalui browser smartphone. Untuk lebih cepat, gunakan tautan berikut: https://anthiago.com/transkrip/.
  • Setelah halaman Anthiago dimuat, buka tab baru dan kunjungi situs YouTube. Temukan video yang ingin diubah menjadi teks, dan salin tautan video tersebut.
  • Kembali ke halaman Anthiago, pilih bahasa yang sesuai dengan video YouTube tersebut, lalu tempelkan tautan video ke kolom yang diberikan.
  • Ketuk tombol Transkrip, dan tunggu hingga Anthiago memproses transkrip video YouTube. Proses akan gagal jika video tidak memiliki takarir atau subtitle.
  • Setelah proses transkripsi selesai, teks dari video akan muncul. Tekan opsi Copy untuk menyalin teks ke catatan atau aplikasi Notes

2. Dengan Menggunakan Situs VEED.io

Selain Anthiago, VEED.io juga dapat digunakan sebagai salah satu cara merubah suara video menjadi teks di Android. Situs ini memiliki fitur gratis yang dapat mentranskrip audio dan video bahkan selain YouTube. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan situs yang menarik ini:

  • Langkah awal, kunjungi situs VEED.io melalui browser smartphone. Agar lebih cepat, silahkan untuk menggunakan tautan berikut: https://www.veed.io/tools/transcription.
  • Pada halaman utama, pilih opsi Choose Files. Tunggu beberapa saat hingga halaman selanjutnya dimuat.
  • Berikutnya, pilih opsi Upload Files jika ingin mengubah suara video di Galeri menjadi teks. Untuk video YouTube, tempelkan tautan video di bawahnya.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih opsi Auto Transcribe, lalu pilih bahasa yang sesuai dengan kata-kata yang diucapkan dari video tersebut.
  • Ketuk Start, dan tunggu hingga VEED.io selesai mengubah suara video menjadi teks.
  • Pada halaman Subtitle, tinggal pilih opsi Options, lalu pilih Download untuk mengunduh file berupa teks dari hasil transkrip.
  • Terakhir, VEED.io akan memberikan opsi format file teks yang diinginkan. Pilih format .txt untuk file berisi teks.

Perlu diperhatikan jika situs ini memiliki batasan tertentu apabila ingin menggunakan layanan transkrip secara gratis. Untuk paket gratis, VEED.io hanya dapat mengubah suara video dengan total maksimal durasi 30 menit per bulan.

3. Dengan Fitur Microphone Pada Keyboard Android

Apabila sedang tidak ada jaringan internet, cara merubah suara video menjadi teks di Android yang terakhir adalah dengan fitur microphone. Cara ini akan membutuhkan perangkat lain yang memutar video, agar suaranya dapat direkam dan diubah menjadi teks. Begini langkah-langkah menggunakannya:

  • Mula-mula, buka Notes atau fitur catatan serupa pada smartphone.
  • Pada catatan, klik bagian tertentu sehingga keyboard Android akan muncul.
  • Untuk menggunakan fitur microphone, tinggal klik opsi ikon berbentuk microphone di keyboard.
  • Gunakan perangkat lain untuk memutar video yang ingin diubah menjadi teks, lalu dekatkan pada smartphone dengan microphone
  • Secara otomatis, teks akan muncul pada catatan tersebut. Pilih Simpan atau Save.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara merubah suara video menjadi teks di Android. Dengan fitur transkrip tersebut, penggunanya dapat membaca teks tanpa perlu mengulang video kembali. Secara tidak langsung, kuota yang akan diperlukan untuk menonton video dapat dihemat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *