Tips & Trik

Cara Merubah Background Foto di Photoshop dan Mengatur Pencahayaan

×

Cara Merubah Background Foto di Photoshop dan Mengatur Pencahayaan

Sebarkan artikel ini
cara merubah background foto di photoshop

Sekarang, mengedit latar belakang foto menjadi lebih sederhana berkat keberadaan beragam aplikasi yang tersedia. Salah satu aplikasi yang paling terkenal adalah Adobe Photoshop. Perlu diketahui bahwa cara merubah background foto di photoshop cukup mudah, dengan syarat bahwa setiap langkahnya dijalankan dengan cermat.

Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak yang berbasis grafis raster (bitmap). Ini adalah alat yang digunakan untuk menciptakan dan memodifikasi gambar, serta untuk menyimpannya dalam berbagai format file.

Cara Ganti Background Foto di Photoshop

Perlu diketahui bahwa, cara merubah background foto di photoshop ini hanya memerlukan beberapa langkah yang harus dilakukan secara teliti. Hal ini dilakukan agar foto yang dihasilkan bagus. Untuk itu, simak beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi Photoshop di perangkat PC yang bisa dilakukan di laptop dan juga PC.
  • Langkah yang selanjutnya, silahkan pilih foto yang ingin digunakan dengan menekan tombol Ctrl+O. Selain itu juga bisa melalui menu File dan pilih opsi Open.
  • Kemudian bisa klik kanan pada layer foto.
  • Dan dilanjutkan dengan memilih opsi Layer from background.
  • Jika sudah muncul pop-up yang meminta untuk membuat Layer 0, pengguna bisa Klik opsi OK untuk bisa melanjutkan.
  • Gunakan fitur Magic Wand Tool dengan menekan huruf W pada keyboard. Mulailah menyeleksi bagian background yang ingin diganti dalam foto.
  • Tentukan warna latar belakang yang diinginkan untuk foto tersebut. Setelah menentukan warna, gunakan fitur Paint Bucket Tool dengan menekan tombol G pada keyboard.
  • Klik pada area background yang sudah diseleksi sebelumnya dengan Magic Wand Tool untuk mengubah warnanya sesuai dengan yang Anda pilih.
  • Terakhir, simpan hasil foto yang telah diedit dengan menekan CTRL+S. Selain itu juga bisa melalui menu File dan pilih opsi Save. Pastikan untuk menyimpan hasil editan foto dalam format .png atau .jpg agar dapat ditampilkan dengan baik di berbagai perangkat.

Cara Mengatur Pencahayaan di Photoshop

Jika ingin meningkatkan kualitas foto setelah mengganti latar belakang menggunakan Photoshop, ada teknik untuk mengatur pencahayaan yang dapat diterapkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka foto yang ingin disempurnakan di Photoshop.
  • Navigasikan ke menu Image > Adjustment.
  • Pilih salah satu opsi penyesuaian yang tersedia, seperti  Exposure, kemudian Brightness, Saturations, Levels, lalu Shadow / Highlights, atau HDR Toning.
  • Sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan dan preferensi estetika Anda.
  • Pastikan untuk menjaga keseimbangan antara pencahayaan yang tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi untuk menghasilkan tampilan foto yang optimal.

Dengan menerapkan teknik ini, Anda dapat meningkatkan hasil akhir foto yang telah dimodifikasi latar belakangnya. Teknik ini dapat membantu menciptakan hasil yang lebih menarik secara visual.

Kelebihan Menggunakan Photoshop Untuk  Edit Photo

Adobe Photoshop telah menjadi salah satu perangkat lunak pengeditan gambar yang paling populer karena sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Pertama, keberagaman format penyimpanan gambar memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dan berbagi konten.

Kedua, kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS untuk memperluas jangkauan penggunaannya. Selain itu, tersedia banyak model warna yang memungkinkan pengguna mencapai hasil akhir yang diinginkan, didukung oleh antarmuka intuitif dan fitur yang mudah digunakan, yang membuat proses pengeditan menjadi lebih efisien.

Hasil editing yang final melalui Adobe Photoshop dapat secara signifikan meningkatkan kualitas gambar, dengan berbagai opsi edit yang lengkap memberikan fleksibilitas dalam mengubah dan menyempurnakan gambar. Kemampuan untuk menambahkan berbagai efek secara kreatif juga meningkatkan daya tarik visual gambar.

Photoshop menonjol dalam operasionalnya, menjadikannya pilihan yang ideal bagi pengguna dari berbagai tingkat keahlian, dengan fungsionalitas yang luas memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit gambar sesuai kebutuhan mereka.

Itulah uraian terkait dengan cara merubah background foto di photoshop yang dapat dilakukan dengan mudah. Dalam uraian ini juga telah diberikan penjelasan terkait dengan cara mengatur pencahayaan ketika mengedit menggunakan aplikasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *